S3 Pendidikan Bahasa Indonesia

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum Program Studi S3Pendidikan Bahasa Indone­sia terdiri atas: (1) Matakuliah Landasan Keilmuan dan Pendidikan: 7 sks; (2) Matakuliah Spesialisasi Bidang Studi: 15 sks; (3) Disertasi: 28 sks.

 

Tabel 1. Struktur Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia S3

No

Sandi

Matakuliah

sks

Js

Semester

1

2

3

4

I

MATAKULIAH UMUM (MKU)

 

 

 

 

 

 

1

MPKS 801

Landasan Pendidikan

2

2

2

 

 

 

2

MPKS 802

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

2

 2

 

 

 

3.

MPKS 803

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

2

2

2

   

4.

MPKS 804

Metodologi Penelitian Pengembangan*)

2

2

 

2

   

5.

MPKS 805

Metodologi Penelitian Tindakan *)

2

2

 

2

   

6.

MPKS806

Statistika Inferensial*)

     

2

   

 

TOTAL MKU

6

6

6

2

0

0

II

MATAKULIAH KEAHLIAN (MKK)

 

 

 

 

 

 

7.

PIND801

Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

2

2

 

2

   

8.

PIND802

Linguistik Terapan

2

2

2

 

 

 

9.

PIND803

Pragmatik

2

2

 

2

 

 

10.

PIND804

Sosiolinguistik Lanjut

2

2

2

 

 

 

11.

PIND805

Psikolinguistik Lanjut

2

2

2

 

 

 

12,

PIND806

Isu Mutakhir Sastra Indonesia

2

2

2

 

 

 

13.

PIND807

Pengembangan Bahan Ajar

2

3

2

 

 

 

14.

PIND808

Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra

2

3

 

2

 

 

15.

PIND809

Asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

2

3

 

2

 

 

16.

PIND810

Penulisan Artikel Ilmiah

       

2

 

17.

PIND811

Pengembangan Media Pembelajaran *)

2

3

 

2

 

 

18.

PIND812

Studi Wacana *)

2

2

 

2

 

 

19.

PIND813

Sastra untuk Pendidikan*)

2

2

 

 

 

20.

PIND814

Krtik Sastra Mutakhir*)

2

2

 

2

   

 

TOTAL MKK

20

 

10

10

2

0

III

MATAKULIAH PENGALAMAN LAPANGAN

 

 

 

 

 

 

21.

MKPL880

PPL

4

 

 

4

 

IV

MATA KULIAH KELOMPOK TESIS

 

 

 

 

 

 

22.

MTES890

Seminar Proposal Tesis

2

 

 

2

 

23.

MTES891

Tesis**)

6

 

 

 

 6

 

TOTAL MPB

8

 

0

0

2

6

 

JUMLAH  SKS

40

 

14

12

8

6

Keterangan:
*)   Minimal memilih satu matakuliah
**) Mahaiswa dapat menempuh ujian kelayakan apabila telah melaksanakan seminar hasil penelitian

 

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKPS901 Filsafat Ilmu (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan mengembangkan wawasan komprehnsif dan kritis dalam mengkaji pelbagai kecenderungan filsafat kontemporer yang bercorak logosentrisme dan mementingkan bahasa dalam kajiannya. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) pengantar filsafat bahasa (pengertian, objek, metode, dan manfaat), (2) hakikat bahasa, (3) kebenaran dan makna, (4) hubungan bahasa dan filsafat, (5) bahasa dalam filsafat analitik, (6) bahasa dalam struktural­isme, (7) bahasa dalam fenomenologi, (8) bahasa dalam eksistensialisme, (9) bahasa dalam pragmatisme, (10) bahasa dalam posmodernisme.

 

MKPS903 Wawasan Pendidikan Bidang Studi (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan mengembangkan wawasan yang komprehensif dan kritis tentang hakikat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang sejati. Pendidikan yang sejati bertujuan memperoleh keluaran (output) yang berkualitas secara spritual, intelektual, dan emosional, sehingga mempunyai moralitas yang tinggi untuk eksis dalam kehidupan ini. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) hakikat manusia dan persoalan pendidikan, (2) aspek ontologi pendidikan (pengembangan kecerdasan spiritual), (3) aspek epistemologi pendidikan (pembentukan kecerdasan intelektual, (4) aspek aksiologi pendidikan (pembentukan kecerdasan emosional), (5) kaitan birokrasi dan pendidikan, (6) kaitan politik dan pendidikan, (7) pendidik­an multikultural dalam konteks Indonesia, dan (8) pendidikan terpadu.

 

MKPS905 Desain Penelitian dan Analisis Data (4 sks/4 js)

Matakuliah ini mengembangkan wawasan komprehensif dan kritis tentang desain dalam penelitian pengajaran bahasa dan sastra, serta teknik-teknik pengolahan data penelitian yang relevan dengan bidang studi pendidikan bahasa. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) desain kuantitatif dan kualitatif, (2) analisis data kualitatif, (3) pengolahan data kualitatif dengan komputer, (4) analisis ranah, taksonomi, komponen, tema budaya, (5) analisis interaksi, (6) analisis dalam situs, (7) analisis lintas situs, (8) korelasi, plot, & t-test, (9) recording dan computing, (10) Anova & Anacova, dan (11) regresi ganda.

 

PIND901 Studi Wacana Kritis (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan memberikan bekal keilmuan yang komprehensif dan kritis tentang teori, prinsip, dan praktik studi wacana kritis, khususnya wacana bahasa Indonesia. Dalam pandangan wacana kritis, tidak ada teks yang dihasilkan oleh penghasil teks yang netral dari kepentingan politik. Wacana adalah konstruksi sosial dan hasil dari kondisi-kondisi sosial-historis dan politis. Tidak ada wacana yang vakum secara sosial. Wacana adalah kreasi sosial yang merefleksikan kepentingan kelompok-kelompok sosial tertentu. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) prinsip-prinsip studi wacana kritis, (2) aliran kritis yang mendasari studi wacana kritis (sosiologi kritis aliran Frankfurt, linguistik fungsional-sistemik Halliday, linguistik kritis Fowler), (3) wacana sebagai praktik sosial, (4) wacana dan kekuasaan, (5) wacana, akal sehat, dan ideologi, (6) praktik analisis wacana kritis: deskripsi, interpretasi, dan eksplanasi, (7) tempat ideologi dalam bahasa (kosakata, gramatika, dan struktur teks), (8) wacana dalam perubahan sosial, dan (9) studi wacana kritis dan emansipasi sosial.

 

PIND902 Aliran Linguistik (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini mengembangkan wawasan komprensif dan kritis tentang aliran-aliran ilmu bahasa yang ada mulai teori klasik sampai dengan teori mutakhir. Setelah mengetahui pelbagai pendekatan studi bahasa, mahasiswa diharapkan memahami bermacam-macam teori ilmu bahasa serta sadar bahwa sebuah fenomena, seperti bahasa, dapat dipelajari dari berbagai segi sehingga dapat menyadari bahwa ilmu pengetahuan itu tidak bersifat dogmatis. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) teori klasik atau tradisional, (2) strukturalisme atau deskriptivisme, (3) transformasi-generatif, beserta cabang-cabangnya, (4) fungsionalisme, beserta cabang-cabangnya, dan (5) kritikalisme.

 

PIND903 Aliran Sastra (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan mengembangkan wawasan komprehensif dan kritis tentang aliran-aliran susastra yang ada mulai aliran klasik sampai dengan aliran mutakhir masa kini. Setelah mengeta­hui dan memahami berbagai aliran susastra, mahasiswa diharapkan memahami keanekaragaman aliran susastra Indonesia dan mampu menelaah aliran-aliran susastra Indonesia. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) aliran naturalisme, (2) realisme sampai dengan realisme magis, dan (3) pascastrukturalisme.

 

PIND905 Pembelajaran Bahasa Inovatif (3 sks/3 js)

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir komprehensif dan kritis dalam mengkaji hasil telaah terhadap referensi, artikel yang termuat di dalam jurnal, dan hasil-hasil penelitian dalam bidang bahasa dan pembelajarannya agar mahasiswa mampu merumuskan dan menyajikan suatu masalah akademik dalam bidang tersebut dalam rancangan penelitian tingkat lanjut secara jelas, sistematis, runtut dan logis, serta mampu menanggapi dan menggunakan tanggapan yang diperoleh untuk meningkatkan mutu pemikiran dan penulisannya. Topik-topik yang dikaji dalam matakuliah ini menyesuaikan dengan topik yang dipilih mahasis­wa.

 

PIND906 Pembelajaran Sastra Inovatif (3 sks/3 js)

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir komprehensif dan kritis dalam mengkaji hasil telaah terhadap referensi, artikel yang termuat di dalam jurnal, dan hasil-hasil penelitian dalam bidang sastra dan pembelajarannya agar mahasiswa mampu merumuskan dan menyajikan suatu masalah akademik dalam bidang tersebut dalam rancangan penelitian tingkat lanjut secara jelas, sistematis, runtut dan logis, serta mampu menanggapi dan menggunakan tanggapan yang diperoleh untuk meningkatkan mutu pemikiran dan penulisannya. Topik-topik yang dikaji dalam matakuliah ini menyesuaikan dengan topik yang dipilih mahasis­wa.

 

PIND907 Kajian Hasil Penelitian (2 sks/2 js)

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan wawasan secara komprehensif dan kritis tentang penelitian yang relevan dengan disertasi yang akan ditulisnya. Mahasiswa menyajikan hasil telaah terhadap artikel yang termuat di dalam jurnal  nasional terakrediatasi (minimal 10 artikel), jurnal internasional terindeks—sesuai ketentuan Kementerian Ristek dan Dikti– (minimal 30 artikel),  dan sejumlah hasil penelitian dalam bidang bahasa/sastra dan pembelajaran bahasa/sastra (minimal 10 judul penelitian), agar mahasiswa mampu menanggapi dan menggunakan tanggapan yang diperoleh untuk meningkatkan mutu pemikiran dan penulisannya. Topik-topik yang dikaji dalam matakuliah ini menyesuaikan dengan topik yang dipilih mahasis­wa.

 

PIND908 Publikasi Hasil Penelitian (2sks/2 js)

Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan kemampuan menulis artikel ilmiah untuk kepentingan penerbitan jurnal internasional. Mahasiswa menyajikan gagasan ilmiah yang dalam diskusi kelas untuk mendapatkan masukan-masukan dari dosen dan sejawat dan selanjutnya mengirimkan ke redaksi jurnal internasional terindekd (sesuai ketentuan Kementerian Ristek dan Dikti). Hal-hal  penting yang perlu dikaji mahasiswa adalah gaya selingkung dari jurnal yang akan dipilih untuk menerbitkan artikelnya, penggunaan Bahasa Inggris ragam ilmiah, manajemen pembiayaan. Topik yang dipilihsesuai dengan penelitian/disertasi yang ditulis mahasiswa.

 

PIND909 Kajian Mutakhir Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2 sks/3 js)

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyajikan hasil telaah terhadap kebijakan pemerintah dan praktik pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan selanjutnya dikompariskan dengan kebijakan pemerintah dan praktik pendidikan pembelajaran bahasa dan sastra mancanegara (Asia, Australia, Eropa, dan Amerika, Afrika). Kajian mencakup bidang  kurikulum, buku pelajaran, media, dan evaluasi.

 

PIND910 Pembelajaran BI Lintas Kurikulum (2 sks/3 js)

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyajikan hasil kajian empirik dan telaah pustaka/dokumen terhadap kebijakan pemerintah dan praktik pembelajaran BI lintas kurikulum,  ragam bahasa bidang kelimuan, strategi pembelajaran BI lintas kurikulum (problem based learing, project based leaning, discovery—inquiry), sumber dan media pembelajaran BI lintas kurikulum, dan evaluasipembelajaran BI lintas kurikulum.

 

PIND911 Pembinaan dan Pengembangan BI (2 sks/3 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kehairan dan kekritisan dalam menelaah kebijakan dan praktik pembinaan dan pengembangan BI di bidang pendidikan, politik, sosial,  media massa, administrasi dan hukum,  ekonomi/bisnis, dsb. Berdasarkan hasil telaah tersebut, mahasiswa mengajukan rancangan pembinaan dan pengembangan BI secara komprehensif.

 

PIND912 Pembelajaran BI Lintas Budaya (2 sks/3 js)

Matakuliah ini mengajak mahasiswa menjelajah dan menganalisis bidang kajian yang multidisiplin atau posdisiplin yang mengaburkan batas-batas antara dirinya sendiri dengan subjek-subjek lainnya. Kajian budaya (cultural studies) adalah sebentuk teori yang dimunculkan oleh para pemikir yang memandang produksi pengetahuan teoretis sebagai sebuah praktik politik. Pengetahuan tidak pernah menjadi fenomena yang netral dan objektif, tetapi lebih merupakan sebuah persoalan posisionali­tas, kekinian-kenantian (nowness-laterness), kedisinian-kedisanaan (hereness-thereness), persoalan tempat darimana seseorang berbicara, kepada siapa, dan untuk tujuan apa. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) relasi antara kebudayaan dan kekuasaan, (2) seluruh praktik, institusi, dan sistem klasifikasi yang tertanam dalam nilai-nilai partikular, kepercayaan, kompetensi, kebiasaan hidup, dan bentuk-bentuk perilaku yang biasa dari sebuah populasi, (3) pelbagai kaitan antara bentuk-bentuk kekuasaan gender, ras, kelas, kolonialisme, dan sebagainya dengan pengembangan cara-cara berpikir tentang kebuda­yaan dan kekuasaan yang bisa digunakan oleh agen-agen dalam mengejar perubahan, dan (4) pelbagai kaitan antara wacana di luar dunia akademis dan gerakan-gerakan sosial dan politik, para pekerja di lembaga-lembaga kebudayaan, dan manajemen kebudayaan.

 

PIND913 Pragmatik Lanjut (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuanmengembangkan wawasan komprehensif dan kritis praktik penggunaan bahasa dan menyajikan gagasan akademik dalam bidang tersebut pada tingkat lanjut secara jelas, sistematis, runtut dan logis. Topik-topik yang dikaji dalam matakuliah ini mencakup: (1) konsep dan prinsip dalam kajian pragmatik, (2) bidang-bidang kajian dalam pragmatik, (3) implementasi kajian pragmatik dalam bidang komunikasi sosial pada domain pendidikan dan pembelajaran.

 

BID615 Seminar Kesusasteraan dan Pembelajarannya (3 sks/4 js)

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyajikan buah pikiran, hasil telaah, dan rencana atau hasil penelitian dalam bidang sastra dan pembelajaran sastra agar mahasiswa mampu merumuskan dan menyajikan suatu masalah akademik dalam bidang tersebut pada tingkat lanjut secara jelas, sistematis, runtut dan logis, serta mampu menanggapi dan menggunakan tanggapan yang diperoleh untuk meningkatkan mutu pemikiran dan penulisannya. Topik-topik yang dikaji dalam matakuliah ini menyesuaikan dengan topik yang dipilih mahasis­wa.

 

 

PIND913 Seminar usulan Disertasi (2 sks/2 js)

Matakuliah ini berbasis kegiatan menyeminarkan usulan penelitian untuk disertasi yang sudah disusun lengkap, yang berisi bagian pendahuluan, bagian kajian pustaka, bagian metodologi penelitian, dan instrument penelitian. Kegiatan seminar mengeksplorasi secara kritis ketajaman dan ketepatan keempat komponen usulan disertasi. Pada komponen Pendahuluan, seminar diarahkan untuk membahas secara mendalam bagian latar belakang penelitian untuk mengetahui hadirnya kesenjangan defacto dan dejure pada topik yang diangkat ke dalam disertasi, kebaruan topik, serta penelitian sejenis yang pernah dilakukan oleh peneliti lain. Pada komponen kajian pustaka, seminar diarahkan pada ketepatan, kecukupan, dan kebaruan referensi terkait judul usulan disertasi. Pada komponen metodologi penelitian, seminar diarahkan pada pemilihan dan penetapan metode penelitian yang tepat sesuai dengan topik penelitian disertasi mahasiswa. Telaah terhadap komponen instrument menekankan pada linearitas pemikiran antara tujuan/fokus, landasan teori, data, dan analisis data.

 

PIND916 Disertasi (28 sks/–js)

Matakuliah ini berisi bimbingan penulisan disertasi oleh pembim­bing I, II, dan III.