KURIKULUM
Kurikulum program pendidikan akademik Doktor Pendidikan Ekonomi disusun berdasarkan visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan yang diharapkan. Postur kurikulum yang dipandang cocok adalah kurikulum yang memberi peluang kepada mahasiswa calon Doktor Pendidikan Ekonomi untuk memperoleh seperangkat pengetahuan dan keahlian yang dipersyaratkan sebagai pemikir, perekayasa, dan pengembang pendidikan ekonomi, serta seperangkat pengalaman yang relevan dan memadai untuk menerap-gunakan dan menerap-kembangkan (utilizing and employing) hasil pemikiran dan perekayasaan itu ke dalam berbagai setting pendidikan (formal, nonformal, dan/atau informal). Postur yang dimaksud dioperasionalkan ke dalam struktur, distribusi sajian, dan deskripsi matakuliah sebagai berikut.
Tabel 2. Struktur Kurikulum Program Doktor (S3)
(a) Input Sebidang
Sandi dan Nama Matakuliah |
Sks/Js |
Semester |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
||||
A. |
Matakuliah Dasar Keilmuan & Pendidikan (4sks) |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
DIP901 |
Filsafat Ilmu |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
2. |
DIP902 |
Wawasan Pendidikan |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
|
|
Jumlah Sks |
4 |
4 |
– |
– |
– |
– |
– |
B. |
Matakuliah Keahlian (16 sks) |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
PEK910 |
Problematika Pendidikan Ekonomi |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
2. |
PEK911 |
Analisis Kurikulum Pendidikan Ekonomi |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
3. |
PEK912 |
Analisis & Evaluasi Rancangan Pembelajaran Ekonomi |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
4. |
PEK913 |
Pengembangan Pendidikan Ekonomi Inovatif |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
5. |
PEK914 |
Analisis Ekonomi Mikro Indonesia |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
6. |
PEK915 |
Analisis Ekonomi Makro Indonesia |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
7. |
PEK916 |
Analisis Kebijakan Pembangunan Ekonomi Indonesia |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
8. |
PEK917 |
Analisis Ekonomi Kerakyatan |
2/3 |
– |
– |
2 |
– |
– |
– |
|
|
Jumlah Sks |
16 |
8 |
6 |
2 |
– |
– |
– |
C. |
Matakuliah Disertasi (26 sks) |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
DIS980 |
Seminar Kajian Hasil Penelitian Pembelajaran Ekonomi |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
2. |
DIS981 |
Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif |
3/3 |
– |
– |
3 |
– |
– |
– |
2. |
DIS982 |
Desain Penelitian Pengembangan |
3/3 |
– |
– |
3 |
– |
– |
– |
4. |
DIS983 |
Analisis & Penulisan Artikel Jurnal |
3/3 |
– |
– |
– |
3 |
– |
– |
5. |
DIS989 |
Seminar Usulan Penelitian Disertasi |
3/3 |
– |
– |
– |
3 |
– |
– |
6. |
DIS990 |
Bimbingan Penelitian, Penulisan & Ujian Disertasi |
12/- |
– |
– |
– |
– |
12 |
|
|
|
Jumlah Sks |
26 |
– |
2 |
6 |
6 |
12 |
|
|
|
Total Sks Input Sebidang |
46 |
12 |
8 |
8 |
6 |
12 |
(b) Intput Tidak Sebidang (Matrikulasi)
Sandi dan Nama Matakuliah |
Sks/Js |
Semester |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
||||
A. |
Matakuliah Dasar Keilmuan & Pendidikan (4sks) |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
DIP901 |
Filsafat Ilmu |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
2. |
DIP902 |
Wawasan Pendidikan |
2/3 |
2 |
– |
– |
– |
– |
– |
|
|
Jumlah Sks |
4 |
4 |
– |
– |
– |
– |
– |
B. |
Matakuliah Keahlian (16 sks) |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
PEK910 |
Problematika Pendidikan Ekonomi |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
2. |
PEK911 |
Analisis Kurikulum Pendidikan Ekonomi |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
3. |
PEK912 |
Analisis & Evaluasi Rancangan Pembelajaran Ekonomi |
2/3 |
– |
– |
2 |
– |
– |
– |
4. |
PEK913 |
Pengembangan Pendidikan Ekonomi Inovatif |
2/3 |
– |
– |
2 |
– |
– |
– |
5. |
PEK914 |
Analisis Ekonomi Mikro Indonesia |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
6. |
PEK915 |
Analisis Ekonomi Makro Indonesia |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
7. |
PEK916 |
Analisis Kebijakan Pembangunan Ekonomi Indonesia |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
8. |
PEK917 |
Analisis Ekonomi Kerakyatan |
2/3 |
– |
2 |
– |
– |
– |
– |
|
|
Jumlah Sks |
16 |
– |
12 |
4 |
– |
– |
– |
C. |
Matakuliah Disertasi (26 sks) |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
DIS980 |
Seminar Kajian Hasil Penelitian Pembelajaran Ekonomi |
2/3 |
– |
– |
2 |
– |
– |
– |
2. |
DIS981 |
Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif |
3/3 |
– |
– |
3 |
– |
– |
– |
2. |
DIS982 |
Desain Penelitian Pengembangan |
3/3 |
– |
– |
– |
3 |
– |
– |
4. |
DIS983 |
Analisis & Penulisan Artikel Jurnal |
3/3 |
– |
– |
– |
3 |
– |
– |
5. |
DIS989 |
Seminar Usulan Penelitian Disertasi |
3/3 |
– |
– |
– |
3 |
– |
– |
6. |
DIS990 |
Bimbingan Penelitian, Penulisan & Ujian Disertasi |
12/- |
– |
– |
– |
– |
12 |
|
|
|
Jumlah Sks |
26 |
– |
– |
5 |
9 |
12 |
|
D. |
Matakuliah Matrikulasi (12 sks) – Input Tidak Sebidang |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
PEK901 |
Fundamental Ekonomi |
3/3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
– |
2. |
PEK902 |
Teori Ekonomi Mikro & Makro |
3/3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
– |
3. |
PEK903 |
Teori Pembangunan Ekonomi |
3/3 |
3 |
|
– |
– |
– |
– |
4. |
PEK904 |
Teori Penelitian Kependidikan |
3/3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
– |
|
|
Jumlah Sks Matrikulasi |
12 |
12 |
|
– |
– |
– |
|
|
|
Total Sks Input Tidak Sebidang |
58 |
16 |
12 |
9 |
9 |
12 |
DESKRIPSI MATAKULIAH PROGRAM DOKTOR (S3)
DIP901 Filsafat Ilmu (2 sks/3 js)
Mengkaji secara kritis dan konstruktif berbagai aliran filsafat di dalam mencari, menemukan, menguji, dan menerap-kembangkan ilmu pengetahuan (termasuk seni dan teknologi) dalam konteks pendidikan dan pembelajaran.
DIP902 Wawasan Pendidikan (2 sks/3 js)
Mengkaji secara kritis dan konstruktif perspektif pendidikan ditinjau dari latar filsafat pendidikan, teori, dan aplikasinya dalam berbagai setting pendidikan (formal, nonformal, dan informal), kelembagaan (institusional), dan implementasinya.
PEK910 Problematika Pendidikan Ekonomi (2 sks/3 js)
Kajian pendidikan ekonomi dalam perspektif ekonomi sebagai ilmu/bidang studi (economics), ekonomi sebagai praktik (economy/economic), ekonomi sebagai kebijakan (economic policy), dan ekonomi sebagai matapelajaran/matakuliah (subject matter/course). Dari perspektif ini kemudian dianalisis secara kritis dan konstruktif problematika dan implikasi praktis maupun politisnya apabila dikaitkan dengan tujuan, isi, dan pembelajaran ekonomi pada setting persekolahan (pendidikan dasar dan menengah), perkuliahan (pendidikan tinggi), dan pendidikan serta latihan dalam setting nonformal/informal.
Hasil akhir kajian kritis dan konstruktif dikemas oleh mahasiswa secara individual berisi seperangkat identifikasi dan sintesis problematika dan rekomendasi yang dianggap penting (urgen) untuk segera dicarikan alternatif solusinya melalui serangkaian kajian akademik atau penelitian ilmiah. Identifikasi dan rekomendasi ini akan menjadi latar belakang utama yang mendasari (rasional) rencana usulan penelitian untuk Disertasi.
(Catatan: problematika pendidikan ekonomi tidak dipersepsi sempit hanya ada atau berlaku pada pendidikan “ilmu ekonomi (yang mainstream dan nonmainstream)”, namun lebih luas, termasuk terapannya dalam dunia bisnis, industri, dan di komunitas yang sedang membangun ekonominya).
PEK911 Analisis Kurikulum Pendidikan Ekonomi (2 sks/3 js)
Analisis kritis dan konstruktif secara spesifik tentang potensi pengembangan kurikulum pendidikan ekonomi (di SMA/SMK dan PT) berdasarkan identifikasi, analisis, sintesis, dan rekomendasi yang dihasilkan pada matakuliah PEK910 (Problematika Pendidikan Ekonomi).
Hasil akhir analisis dikemas mahasiswa secara individual yang berisi seperangkat identifikasi aspek kurikulum pendidikan ekonomi yang potensial layak dikembangkan secara efektif dan konstruktif (dibandingkan dengan situasi dan kondisi eksisting saat ini), dan rancangan implementasinya di SMA/SMK/PT dikaitkan dengan kajian pada matakuliah PEK912 (Analisis & Evaluasi Rancangan Pembelajaran Ekonomi).
PEK912 Analisis & Evaluasi Rancangan Pembelajaran Ekonomi (2 sks/3 js)
Analisis kritis dan konstruktif secara spesifik tentang rancangan pembelajaran ekonomi (di SMA/SMK dan PT) sebagai tindak lanjut dari hasil kajian pada matakuliah PEK911 (Analisis Kurikulum Pendidikan Ekonomi).
Hasil akhir analisis dikemas mahasiswa secara individual berupa rancangan pembelajaran untuk 1 (satu) pokok bahasan ekonomi (SMA/SMK/PT) yang menampakkan secara operasional proses dan hasil belajar dan evaluasi proses serta hasilnya.
PEK913 Pengembangan Pendidikan Ekonomi Inovatif (2 sks/3 js)
Kajian kritis dan konstruktif implementasi dari hasil kajian pada matakuliah PEK (910, 911, dan 912) yang diformulasikan ke dalam pendekatan, strategi, metode, dan teknik yang inovatif dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran ekonomi.
Hasil akhir kajian berupa rancangan pendidikan/pembelajaran ekonomi yang inovatif untuk SMA/SMK atau PT dengan penekanan pada unsur inovatif pada tiga aspek/ unsur/komponen: (a) racikan substansi materi/bahan ajar, (b) pilihan metode dan teknik pembelajaran/pendidikannya, dan (c) pilihan media, alat, serta setting pembelajarannya/pendidikannya.
PEK914 Analisis Ekonomi Mikro Indonesia (2 sks/3 js)
Pendalaman substansi materi ekonomi mikro lanjut (advance microeconomics) untuk menganalisis kondisi dan perilaku ekonomi mikro yang dinamis (dynamic microeconomics).
PEK915 Analisis Ekonomi Makro Indonesia (2 sks/3 js)
Pendalaman substansi materi ekonomi makro lanjut (advance macroeconomics) untuk menganalisis kondisi dan perilaku ekonomi makro yang dinamis (dynamic macroeconomics).
PEK916 Analisis Ekonomi Indonesia (2 sks/3 js)
Analisis kritis situasi dan kondisi perekonomian Indonesia dari perspektif kebijakan (moneter, fiskal, dan pembangunan ekonomi), dan implikasi logis serta dampaknya bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran ekonomi di Indonesia.
Hasil akhir analisis berupa sintesa peta kondisi eksisting perekonomian Indonesia, dan implikasi teoretis maupun dampak praktisnya bagi perkembangan pendidikan/ pembelajaran ekonomi di Indonesia.
PEK917 Analisis Ekonomi Kerakyatan (2 sks/3 js)
Analisis kritis dan konstruktif wacana ekonomi kerakyatan sebagai manifestasi dari Pancasila dan UUD 1945. Analisis kritis bersifat dialektika antara harapan yang diamanatkan dalam UUD 1945 dengan kenyataan praktik pendidikan/pembelajaran ekonomi saat ini.
Hasil akhir analisis berupa seperangkat identifikasi dan rekomendasi yang dipandang penting (urgen) bagi pengembangan pendidikan ekonomi yang berkarakter nasional.
DIS980 Seminar Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Ekonomi (2 sks/3 js)
Kajian kritis dan konstruktif hasil-hasil penelitian pembelajaran ekonomi di lingkungan sekolah, masyarakat, dan perguruan tinggi yang telah dipublikasikan dalam berbagai format, misalnya: artikel dalam jurnal ilmiah, laporan hasil penelitian, kertas kerja (working/discussion papers), makalah dalam seminar/konferensi/ simposium.
Tema atau topik yang dikaji disesuaikan dengan tema atau topik yang sudah didiskusikan dalam matakuliah PEK 910, 911, 912, dan 913.
DIS981 Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (3 sks/3 js)
Analisis kritis dan konstruktif paradigma dan pendekatan yang menjadi landasan/acuan kerangka berpikir/konseptual dan kerangka kerja operasional dalam mendesain penelitian kuantitatif dan kualitatif.
DIS982 Desain Penelitian Pengembangan (3 sks/3 js)
Analisis kritis dan konstruktif paradigma dan pendekatan yang menjadi landasan/acuan kerangka berpikir/konseptual dan kerangka kerja operasional dalam mendesain penelitian pengembangan (development research).
DIS983 Analisis & Penulisan Artikel Jurnal (3 sks/3 js)
Analisis kritis dan konstruktif karakteristik artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, dan praktik penulisan draf artikel untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.
DIS989 Seminar Usulan Penelitian Disertasi (3 sks/ 3 js)
Kajian kritis dan konstruktif Draf Awal Usulan (Proposal) Penelitian untuk Disertasi tiap mahasiswa (individual) yang bertolak dari hasil seminar pada DIS980, 981, 982, dan 983.
DIS990 Bimbingan Penelitian, Penulisan & Ujian Disertasi (12 sks/2 semester)
Bimbingan akademik dan operasionalisasi tindak lanjut hasil seminar pada matakuliah DIS980 (Seminar Kajian Hasil Penelitian Pembelajaran Ekonomi) dan DIS989 (Seminar Usulan Penelitian Disertasi) di bawah arahan Pembimbing/Promotor.
PEK901 Ekonomi Fundamental (3 sks/3 js)
Pendalaman konsep-konsep dan prinsip-prinsip fundamental dalam ekonomi (sebagai ilmu dan terapan) yang diperlukan untuk analisis kritis dan konstruktif lebih lanjut dalam teori ekonomi mikro, makro, dan pembangunan ekonomi.
PEK902 Teori Ekonomi Mikro & Makro (3 sks/3 js)
Pendalaman konsep dan prinsip ekonomi fundamental dalam konteks teori ekonomi mikro dan makro.
PEK903 Teori Pembangunan Ekonomi (3 sks/3 js)
Pendalaman konsep dan prinsip ekonomi fundamental dalam konteks teori pembangunan ekonomi.
PEK904 Teori Penelitian Kependidikan (3 sks/3 js)
Pendalaman konsep, prinsip, dan paradigma penelitian dalam konteks kependidikan (educational research).