S3 Manajemen Pendidikan

KURIKULUM PRODI S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN

Struktur kurikulum S3 Prodi Manajemen Pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa S3 Program Studi Manajemen Pendidikan sebanyak  55-56 sks. Terdiri atas: (1)  kelompok matakuliah pascasarjana (MKPS): 11 SKS, (2) kelompok matakuliah Prodi 14 SKS, dan (3) kelompok matakuliah pembimbingan disertasi : 30  SKS. Struktur kurikulum S3 Prodi Manajemen Pendidikan sebagaimana pada Tabel berikut.

Tabel 1. Struktur Kurikulum S3 Prodi Manajemen Pendidikan

MATAKULIAH

SKS

Semester

1

2

3

4

1. MATAKULIAH PASCASARJANA  (Pilih 11 SKS)

11

 

 

 

 

MKPS 901  Filsafat Ilmu *)

2/2

X

MKPS 902 Filsafat Pendidikan *)

2/2

X

MKPS 903  Wawasan Pendidikan

2/2

x

MKPS 904  Psikologi Pendidikan Lanjut **)

3/3

X

MKPS 905  Disain Penelitian dan Analisis Data

4/4

X

 

 

 

 

 

 

2. MATAKULIAH PRODI  (14 SKS)

14

 

 

 

 

DMPD 751 Seminar/Kajian & Analisis Penelitian

4/4

X

DMPD752  Teori & Model dalam Bidang Studi MPD

2/2

X

DMPD753Studi Kebijakan Pendidikan

2/2

X

DMPD754  Studi Mandiri I: Manajemen  Penyelenggaraan Satuan PAUD dan Pendidikan Dasar

2/2

X

DMPD755  Studi Mandiri II: Manajemen Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Menengah

2/2

X

DMPD756  Studi Mandiri III: Manajemen Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Tinggi

2/2

X

Jumlah

25

 

 

 

 

MATAKULIAH  PERMBIMBINGAN  DISERTASI (30 SKS)

30

 

 

 

 

MDIS 990 Disertasi  ***)

28

X

MDIS 991 Kualifikasi Lisan/Seminar Usulan Disertasi

2

X

Jumlah

55

12

13

 –

30

Keterangan:

*) Matakuliah pascasarjana diambil/ditempuh oleh mahasiswa program doktor berdasarkan latar belakang keilmuannya. Mahasiswa dengan latar belakang kependidikan Teknologi Pembelajaran, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Psikologi Pendidikan, dan Bimbingan Konseling menempuh matakuliah Filsafat Ilmu (MKPS901). Mahasiswa program doktor dengan latar belakang selain itu menempuh matakuliah Filsafat Pendidikan (MKPS902).

 **) Matakuliah Psikologi Pendidikan Lanjut (MKPS904) wajib ditempuh oleh mahasiswa program doktor dari Program Studi Teknologi Pembelajaran, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Psikologi Pendidikan, dan Bimbingan Konseling.

***) Ujian Disertasi Paling Cepat Semester ke-6.

 

Matrikulasi Program Doktor Bagi Mahasiswa Non-Linieritas

Mahasiswa S3 Prodi Manajemen Pendidikan non linieritas, atau yang S1 dan S2-nya bukan berasal dari program studi manajemen pendidikan/administrasi pendidikan, wajib menempuh sejumlah matakuliah matrikulasi. Struktur kurikulum  matakuliah matrikulasi sebagaimana pada Tabel berikut.

Tabel 2. Struktur Kurikulum dan Matakuliah Matrikulasi Mahasiswa Non Liniertitas

STRUKTUR KURIKULUM DAN MATAKULIAH MATRIKULASI

SKS/js

Semester

1

2

3

4

A. MATAKULIAH PASCASARJANA: 2 SKS

2

 

 

 

 

MKPS 801 Landasan Pendidikan

2/2

x

 

 

 

 

 

 

B. MATAKULIAH PRODI( WAJIB): 6 SKS

6

 

 

 

 

 MMPD520 Manajemen dan Akreditasi Sistem Persekolahan

2/2

x

      MMPD521 Perilaku Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan

2/2

x

 MMPD523 Model Pembinaan dan Supervisi Pembelajaran

2/2

x

 

 

 

 

 

 

C. MATAKULIAH PRODI (PILIHAN) (Pilih 2 SKS)

2

 

 

 

 

MMPD533 Manajemen Perguruan Tinggi

2/2++

X

 

MMPD534 Manajemen Stratejik dalam Pendidikan

2/2++

X

 

MMPD535 Manajemen Pembiayaan Pendidikan

2/2++

X

 

MMPD 522 Manajemen Pembaharuan Kurikulum

2/2++

 

 

 

 

MMPD 524Problematik SDM dalam Manajemen Pendidikan

2/2++

 

 

 

 

MMPD 527Hubungan Pemberdayaan Masyarakat dalam

Pendidikan

2/2++

 

 

 

 

MMPD 528 Asesmen Kebutuhan & Perencanaan Pendidikan

2/2++

 

 

 

 

MMPD551 Etika Profesi Kependidikan

2/2++

X

 

Jumlah sks

10

6

4

 

 

Keterangan:
Non Linieritas Kependidikan: MKPS, Matakuliah Prodi Wajib dan Pilihan
Non Linieritas Manajemen Pendidikan: Matakuliah Prodi Wajib dan Pilihan

 

DISKRIPSI MATAKULIAH PRODI S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN

MKPS 901  Filsafat Ilmu (2 sks/2js)

            Melakukan kajian tentang hakekat ilmu, berbagai paham dan mazhab keilmuan baik yang bersumber dari positisme maupun post positivisme, aliran rasionalisme, empirisme, dan konvergensi di antara keduanya. Struktur ilmu, epistimologi, dan aksiologi ilmu. Hubungan ilmu dengan moral, hubungan ilmu dengan  kebudayaan, hubungan ilmu dengan teknologi; sistem berpikir keilmuan; metodologi keilmuan; dan cabang-cabang serta ranting-ranting ilmu; yang mengerucut pada keilmuan manajemen pendidikan.

 

MKPS 902 Filsafat Pendidikan (2 sks/2js)

            Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan otologi, epistemologi, dan etika, dalam rangka membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembang­an ilmu. Pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran; dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidup­an bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.

 

MKPS 903  Wawasan Pendidikan (2 sks/2js)

Mengkaji masalah-masalah pendidikan yang mendasar dengan menggunakan wawas­an makro termasuk issu pendidikan kejuruan dan penyiapan tenaga kerja yang dihadapi negara/bangsa Indonesia serta kaitannya dengan pilihan dan keputusan kebijakan. Pokok-pokok yang diketengahkan antara lain: pengertian tentang masalah; issu dan kebijakan pendidikan; issu penting dalam pendidikan kejuruan dan kebijakan penanggulangannya (pendidikan dan pembangunan; pendidikan dan persekolahan; upaya-upaya perbaikan pendidikan).Lihat

 

MKPS 904  Psikologi Pendidikan Lanjut (3sks/3js)

Lihat Dsekripsi MKPS S3 BK

 

MKPS 905  Disain Penelitian dan Analisis Data (4sks/4js)

Mempelajari modus serta alternatif pola penelitian dalam bidang pendidikan kualitatif, kuantitatif atau pola lain. Mata kuliah ini mempe­lajari teknik-teknik pengolahan data, teknik analisis statistik atau teknik analisis data kualitatif. Dinatarnya membahas analisis varian regresi ganda, dan log liniear model. Analisis data kualitatif meliputi analisis bersama pengumpulan data, analisis data di tempat, dan analisis data di luar tempat penelitian. Analisis data menggunakan MINITAB, SPSS/ PC+, dan/atau GLIM (Generalised Linier Inter­active Modelling).

 

            Sebagai kelanjutan dari metodlogi penelitian, baik yang berpendekatan kuantitatif maupun kualitatif, maka disain dan penelitian dan analisis data lebih  difokuskan pada berbagai disain penelitian, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif beserta dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Disain penelitian kuantitatif  deskriptif, korelasional, causal comparative, eksperimental, historis, pengembangan banyak dikaji dalam matakuliah ini. Disain penelitian kualitatif seperti gounded, naturalistik, etnografi, etnometodologi, fenomenologi, juga dikaji dalam matakuliah ini. Demikian juga berbagai jenis teknik analisis data kunatitatif dan kualitatif, juga dikaji oleh peserta matakuliah ini.

 

DMPD 751 Seminar/Kajian & Analisis Penelitian (4 sks/4js)

            Melakukan kajian yang bersifat critical review terhadap laporan hasil penelitian, disertasi, artikel jurnal penelitian baik internasional maupun  nasional terakreditasi. Critical review tersebut meliputi aspek kelebihan dan kekuranganya baik yang terkait dengan konten bidang studi maupun yang terkait dengan aspek metodologinya. Dari pengalaman melakukan kajian tersebut ditindaklanjuti dengan menyusun proposal disertasi yang kemudian ditindaklanjuti dengan meyeminarkan di forum kelas.

 

DMPD752  Teori & Model dalam Bidang Studi MPD(2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai teori organisasi, dengan pene­kananpada manusia dan kerjasamanya dalam situasi organisasi pendidikan. Aneka model seperti: model mesin, model sosial homeostatik, model holistik, model kontingensi, dibahasdan diperlihatkan keterkaitannya dalam satu kontinum filosofik manajemen yang mewarnai konsep manusia tentang dirinya dalam oganisasi dangan konsekuensi tuntutan perandantanggung jawab.

 

DMPD753Studi Kebijakan Pendidikan (2 sks/2js)

Mengkaji dan menganalisis masalah-masalah pendidikan yang mendasar yang merupakan isu yang dihadapi negara-bangsa Indonesia serta kaitannya danganpilihan dari keputusan/kebijakan. Pokok-pokok yang dikembangkan antara lain: pengertianmasalah, isu, dan kebijakan pendidikan; isu penting dalam pendidikan dan kebijakan penanggulangannya (pendidikan dan pembangunan; pendidikan di persekolahandan upaya-upaya perbaikan pendidikan).

 

DMPD 754  Studi Mandiri I: Manajemen  Penyelenggaraan Satuan PAUD dan  Pendidikan Dasar (2 sks/2js)

 

Mengkaji dan menganalisis sistem penyelenggaraanPAUD dan pendidikan dasar (SD dan SMP atau yang sederajat), dengan fokus pada fungsi sekolah, peran administrator dan guru ber­dasarkan struktur yang ada dalam rangka perbaikan dan operasi program pendidikan, serta meninjau secara kritis berbagai kemungkinan desain penyelenggaraansekolah un­tuk mewujudkan lingkungan dan iklim pembelajaran yang sesuai bagi murid pada jenjang pendidikan tersebut.

 

DMPD 755  Studi Mandiri II: Manajemen Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Menengah(3 sks/3 js)

 

Melakukan kajiandan analisis terhadap sistem penyelenggaraan pendidikan me­nengah, khususnya yang menyangkut struktur organisasinya, peran kepemimpinan dan staf pengajar serta petugas lainnya dalam rangka mengakomodasi kebutuhan pendidikan akademik dan profesional pada jenjang ini, termasuk berbagai model penyelenggaraanbaik makro maupun mikro untuk menampung kebutuhan anak sebagai remaja dan adole­sen yang sedang menyongsong dunia kerja atau studi lanjut di perguruan tinggi.

 

DMPD 756  Studi Mandiri III: Manajemen Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Tinggi(3 js/3 sks)

Mengkaji dan menganalisis berbagai pokok bahasantentangmanajemen perguruan tinggi, khususnya yang berkaitandengan asesmenkebutuhan perencanaan, sistem gov­ernansi, pengembangan staf, peraturan akademik, otonomi pengelolaan, budaya organisasi, kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik, pengembangan instruksional, ad­ministrator di perguruan tinggi, kemahasiswaan, pengembangan penelitiandan pengabdian kepada masyarakat. Disusun sebagai sebuah program terbimbing dengan laporanmahasiswa yang disampaikan dalam temu tutorial dan seminar.

 

MDIS 991 Kualifikasi Lisan/ Seminar Usulan Disertasi (2 SKS/2 JS)

            Mahasiswa menfinalisasi proposal disertasi yang sudah mendapatkan masukan dari berbagai forum perkuliahan kajian penelitian dan analisis data, mempertanggungjawabkan hasil penulisan proposal disertasi di hadapan kolega sejawat, dosen pembimbing dan penguji. Selanjutnya, merevisi proposal yang telah mendapatkan masukan tersebut sehingga siap dipergunakan sebagai panduan dalam melakukan penelitian empiorik lapangan.

 

MDIS 990  Disertasi (28 sks/28 Js)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah yang terkait dengan masalah dalam bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk disertasi di bawah bimbingan pembimbing atau para pembimbing disertasi. Karya ilmiah tersebut berbentuk hasil suatu penelitian atau hasil suatu kegiatan proyek yang mengha­silkan suatu produk tertentu dalam bidang manajemen pendidikan dan pengajaran seperti: manajemen kurikulum, pengajaran, instrumen evaluasi, pengelolaannya, bidang manajemen pendidikan lain seperti personalia, kesiswaan, keuangan, humas, sapras, budaya sekolah, mutu pendidikan, dsb. Termasuk dalam kegiatan penu­lisan disertasi adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yang diharapkan dihadiri oleh semua dosen pembim­bing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa ju­rusan/program studi serta mahasiswa program studi lain yang berminat. Proposal disertasi diuji kualifikasinya melalui tim penguji kualifikasi proposal disertasi yang dihadiri dan diuji pula oleh para pembimbing.