S3 Bimbingan dan Konseling

STRUKTUR KURIKULUM

Dalam usaha untuk membentuk kompetensi-kompetensi yang telah dikemukakan, dirancang kurikulum sebagai terlihat pada tabel 1.

Berdasarkan Kepmendiknas No.212/U/1999, tanggal 6 September 1999, sajian terdiri dari:

  1. Program perkuliahan, penelusuran dan interaksi akademik yang meliputi seminar (S), pertemuan profesional (M), penelitian (R), studi kepustakaan (P), kegiatan laboratorik (B), maupun lapangan (L), sebanyak 12-22
  2. Disertasi sebanyak 28 sks.

Tabel 1. Kurikulum Program Doktor (S3) BK

s3-1

Keterangan:
(M)        : mencakup kuliah dan atau tutorial S/M/R   : Pilih yang sesuai
BS           : Bidang Studi
*             : Program Studi (PS) pilih salah satu, mahasiswa dapat mengambil dua-duanya.
**           : Untuk PS rumpun Pendidikan dan yang membutuhkan.
*)            : Untuk PS rumpun non-Pendidikan dan yang membutuhkan, bisa mengikuti kuliah di program studi lain
*))          : 60 sks bagi mahasiswa yang latar S2-nya tidak sebidang atau non- kependidikan

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

DIP601 Filsafat llmu (2 Sks/2 Js)

Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan ontologi, epistemologi, dan etika. Pengalaman belajar filsafat ilmu bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembangan ilmu. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran, dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.

DIP602 Filsafat Pendidikan (2 sks/2js)

Membahas isu-isi filosofis dalam pendidikan untuk memformulasi dan menjustifikasi secara teoritis program pendidikan. Ikut juga dibahas berbagai dimensi kenyataan, dimensi modalitas, individualitas, temporali- tas, dan dimensi kausalitas untuk memperkaya wawasan keilmuan pen- didikan serta membantu pemahaman akan konsep demokrasi, kebebasan akademik/intelektual, ekuilitas, ekuitas, pengalaman, kontrol sosial, serta ber- bagai pendekatan pedagogis dalam rangka penyusunan program pendidikan yang berterima secara filosofis.

DIP611 Psikologi Pendidikan Lanjut (3 sks/3js)

Membahas konsep-konsep dan prinsip-prinsip pokok beberapa paradigma dan/atau aliran dan/atau teori psikologi seperti behaviorisme, kognitivisme, humanisme, dll. Serta kemungkinan-kemungkinan penerapan- nya dalam pendidikan, seperti dalam proses belajar-mengajar, bimbingan dan konseling, manajemen pendidikan dan kegiatan pendidikan lainnya. Tekanan diberikan pada pengenalan dan pemahaman prinsip-prinsip fundamental suatu kerangka teoritik serta kemampuan menerapkan prinsip- prinsip tersebut dalam pemecahan masalah dalam konteks pendidikan dan pengajaran dalam arti yang luas.

DIP603 Desain Penelitian dan Analisis Data (4 sk/4js)

Mempelajari beberapa modus serta alternatif pola penelitian dalam bidang pendidikan seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, pengembangan atau pola lain. Pada saat mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memilih satu masalah penelitian yang kemudian dikembangkan menjadi rancangan penelitian awal untuk disertasinya. Matakuliah ini juga mempelajari teknik-teknik pengolahan data penelitian yang relevan dengan kebutuhan penulisan disertasi mahasiswa. Mahasiswa mempelajari dan berlatih mengentri data serta menggunakan teknik statistik lanjut untuk keperluan penulisan disertasi, meliputi uji asumsi analisis parametrik, uji reliabilitas instrumen, uji validitas instrumen dengan analisis faktor eksploratori dan konfirmatori, analisis multivariat seperti regresi ganda, analisis jalur, manova dan permodelan (structural equation modeling), dan beberapa teknik non-parametrik yang dibutuhkan. Perkuliahan menggunakan paket program computer SPSS. Mahasiswa dapat memperdalam teknik analisis statistik lanjut atau teknik analisis data kualitatif sesuai kebutuhan.

DIP604 Metodologi Penelitian Kualitatif (3 sks/3 js)

Menyadari adanya sejumlah kemudahan pelaksanaan penelitian kualitatif untuk penulisan karya ilmiah (akademik); menguasai arti, karak- teristik & prinsipnya, prosedur & tahap umum, jenis umum serta beberapa jenis & tipe khusus penelitian kualitatif. Berdasarkan penguasaan itu, diharapkan mahasiswa kompeten menyusun proposal disertasi dengan penelitian kualitatif; di dalamnya mahasiswa terampil memilih jenis dan tipe riset kualitatif dengan pertimbangan tepat secara ideal dan riel- praktis, terampil memilih teknik dan melaksanakan pengumpulan data khas tipe riset pilihan, mahir ‘menyatukan diri’ dengan ‘teknik’ pengum- pulan data, terampil menganalisis secara interpretif, memaparkan hasil, menyusun laporan dan menunjukkan keterpercayaan (atau ‘validitas’) prosedur dan hasil-hasil penelitian. Mahasiswa diharapkan mengembang- kan sikap yang kondusif terhadap penelitian kualitatif yaitu menghargai daya atau power yang ada pada ‘pandangan emik’ (emic view), dengan cara respek terhadap pemikiran subjektif para subjek terteliti, akrab dan hangat menjalin hubungan sosial, jujur, terpercaya, dan peduli terhadap subjek terteliti ~ sebagaimana kondisi-kondisi fasilitatifnya terhadap konseli; juga mengembangkan sikap menghargai serta mengembangkan kompetensi memakai hasil-hasil penelitian kualitatif untuk keperluan studi dan aktivitas profesional bimbingan konseling. Perkuliahan diakhiri dengan hasil tugas penyusunan proposal penelitian kualitatif yang bisa menjadi calon penelitian dalam bentuk disertasi.

DIP621 Wawasan Pendidikan (3 sk/3 js)

Mengkaji masalah-masalah pendidikan yang mendasar dengan menggunakan wawasan makro termasuk yang merupakan issu yang dihadapi negara/bangsa Indonesia dan berbagai negara yang dipandang perlu untuk dikaji, serta kaitannya dengan pilihan dan keputusan kebijakan khususnya di Indonesia. Pokok-pokok yang dikaji antara lain masalah dan issu pendidikan, tujuan, sistem dan kebijakan pendidikan termasuk upaya-upaya perbaikan pendidikan serta pembangunan di Indonesia dan dibandingkan pada berbagai negara.

BIM622 Psikologi Konseling Lanjut (3 sks/3 js)

Bahasan berpusat pada paradigma dan/atau teori-teori dan pende- katan psikologi konseling yang berkembang, dan temuan penelitian dan perkembangan teknologinya. Kuliah meliputi isu-isu/paradigmatis/teoritis psikologi konseling, problematika dan strategi penelitian psikologi konse- ling, dan aplikasi temuan penelitian psikologi konseling dalam latar pendidikan/sekolah.

BIM631 Teori dan Model dalam Bimbingan dan Konseling (3sks/3 js)

Merupakan kajian lanjut tentang berbagai teori dan model konse- ling, demikianpun model pengembangan sistem bimbingan sekolah. Kegiatan perkuliahan mencakup penyajian satu pokok kajian yang diambil oleh mahasiswa dari jurnal untuk dibahas di kelas tentang segi- segi  teori,  model,  dan  pengembangan.  Pengalaman  belajar  bertujuan mahasiswa memahami landasan teori pelaksanaan layanan bantuan kemanusiaan, khususnya pada latar sekolah/pendidikan, dan memiliki kemampuan mengembangkan teori umumnya, dan khususnya teori yang ia kembangkan tentang bimbingan dan konseling. Kemampuan tersebut dapat membantu mahasiswa dalam melakukan kajian teori bagi disertasi- nya.

BIM632 Studi Mandiri I: Bimbingan dan Konseling Sekolah (4 sks/4 js)

Mengkaji secara kritis isu dan masalah teoritik maupun praktik penyelenggaraan bimbingan sekolah dan upaya-upaya bantuan untuk kesejahteraan siswa lainnya. Bahasan dan kajian dalam format seminar atau tutorial terpusat pada satu pokok kekhususan/keahlian tertentu di bidang bimbingan atau konseling yang ditentukan bersama dosen dan mahasiswa, termasuk tugas-tugas bacaan topikal yang terkait, sesuai dengan minat dan rencana penyelesaian studi. Mahasiswa diharapkan memiliki minat kajian mendalam atas satu atau beberapa aliran/paradigma atau satu keluarga ancangan bantuan tertentu sebagai pusat perhatian kajian spesialisasinya di bidang atau terkait dengan bimbingan dan konseling. Pada akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa telah mendes- kripsikan suatu permasalahan dengan dukungan teoritik dan temuan penelitian yang relevan, yang diminatinya untuk diteliti lebih lanjut men- jadi disertasi utamanya bab 1 (pendahuluan) dan bab 2 (kajian/tinjauan pustaka).

BIM633 Studi Mandiri II: Bimbingan dan Konseling Sekolah (4sks/4js)

Merupakan kelanjutan dan peningkatan dari, dan dengan format yang kira-kira sama dengan Matakuliah BIM733, berisi pemantapan kajian kritis-mendalam atas isu dan masalah teoritik dan praktik bim- bingan/layanan bantuan kemanusiaan, sesuai minat penelitian mahasiswa, dari sudut satu atau beberapa aliran/paradigma atau satu keluarga ancangan bantuan tertentu sebagai pusat perhatian kajian spesialisasinya di bidang atau terkait dengan bimbingan dan konseling. Kajian lebih diarahkan langsung berhubungan dengan penulisan disertasi. Pada akhir kuliah/studi mandiri ini dihasilkan pemantapan atas bahan-bahan penyu- sunan disertasi, utamanya bab 1 (pendahuluan) dan bab 2 (kajian/ tinjauan pustaka).

BIM634 Studi Mandiri III: Bimbingan dan Konseling (3 sks/3 js)

Merupakan matakuliah lanjutan atau pemantapan studi mandiri I dan II yang dimaksudkan sebagai wadah kegiatan belajar  mahasiswa untuk secara mandiri, di bawah bimbingan dosen, melakukan kajian mendalam atas satu atau beberapa aliran atau satu keluarga ancangan bantuan tertentu sebagai pusat perhatian kajian spesialisasinya di bidang atau terkait dengan bimbingan dan konseling. Pokok kajian diambil mahasiswa sesuai dengan minatnya, melalui konsultasi dengan dosen atas persetujuannya. Pengalaman belajar mencakup kajian segi-segi masalah, kajian paradigmatik teoritik dan temuan penelitian yang mendukung, kerangka pikir penelitian, metode penelitian, dan dimungkinkan pula pengembangan instrumen yang diperlukan, yang berkaitan dengan minat mahasiswa dalam penelitian disertasi di bidang bimbingan dan konseling. Mahasiswa menggarap proyek perencanaan penelitian yang keluaranya adalah dihasilkannya suatu proposal disertasi yang siap dikaji dan diuji lanjut dalam suatu seminar proposal, atau bahkan dilaksanakan di lapangan (bab 1, bab 2 dan bab 3).

DIS650 Seminar: Kajian dan Analisis Penelitian (BS) (4 sks)

Mengkaji dan mengulas secara kritis-mendalam terhadap teori, model, dan metodologi penelitian dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan minat penelitian mahasiswa di bidang atau terkait dengan bimbingan dan konseling. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas proposal untuk disajikan dalam seminar kelas. Peserta diharapkan memahami teori-teori dan hasil-hasil penelitian secara subs- tantive, dan dapat menggunakannya sebagai dukungan bagi disertasinya. Hasil akhir yang diharapkan dari seminar ini adalah mantapnya minat spesialisasi yang diteliti dan metodologi penelitian untuk penulisan disertasi masing-masing mahasiswa sesuai dengan bidang kajiannya, yang dituliskan dalam bentuk proposal sebagai calon disertasi. Penilaiannya adalah Lulus (L) atau Tidak Lulus (TL).

DIS651 Seminar: Usulan Penelitian (BS) (4 sks)

Peserta perkuliahan menyeminarkan usulan penelitian untuk penu- lisan disertasi sesuai dengan minat penelitiannya di bidang bimbingan dan konseling. Melalui seminar ini, usulan penelitian mahasiswa semakin disempurnakan dan dimantapkan. Hasil akhir dari seminar ini adalah usulan penelitian yang disetujui oleh promotor yang merupakan prasyarat untuk mengikuti ujian kualifikasi. Penilaiannya adalah Lulus (L) atau Tidak Lulus (TL).

DIS652 Disertasi (28)