S2 Teknologi Pembelajaran

STRUKTUR KURIKULUM PRODI S2 TEP

SANDI DAN NAMA MATAKULIAH

Sks/Js

Semester

1

2

3

4

A. Matakuliah Umum (MKU) (4 sks)

 

 

 

 

 

MKU800 Metodologi Penelitian Kuantitatif+)

2/2

X

MKU801 Metodologi Penelitian Kualitatif+)

2/2

X

MKU802 Statistik (Deskriptif dan Inferensial)

2/2

X

Jumlah

4

 

 

 

 

B. Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) (4 sks)

 

 

 

 

 

MKDK810 Landasan Pendidikan **

2/2

X

MKDK811 Landasan Pembelajaran **

2/2

X

MKDK812 Isu dan Trend dalam TEP

2/2

X

Jumlah

4

 

 

 

 

C. Mata Kuliah Keahlian (MKK) (24 sks)

 

 

 

 

 

TEP821Teknologi Pembelajaran ***)

2/2

X

TEP822 Psikologi Pembelajaran *)

2/2

X

TEP830 Perencanaan & Pengembangan Kurikulum

2/2

X

TEP831 Model-model Pembelajaran

2/3

X

TEP832 Kapita Selekta TEP **

2/2

 

X

 

 

TEP840 Media Pembelajaran: Desain dan Produksi

3/3

X

TEP841 Desain Pembelajaran: Teori & Terapan

3/3

X

TEP842 Evaluasi Hasil dan Pelaksanaan Pembelajaran

2/2

X

TEP843 Desain Pesan Pembelajaran

2/2

X

TEP860 Studi Mandiri BS

2/2

X

PBM870 Pengembangan Bahan Ajar

2/3

X

PPL880 Praktek Pengalaman Lapangan

2/4

X

Jumlah

24

 

 

 

 

D. Tesis (6 sks)

 

 

 

TES891 Seminar Usulan

0/2

 

 

X

 

TES890 Tesis

6/6

 

 

X

X

Jumlah

6

 

 

 

 

Jumlah Seluruh

38

14

15

2

6

Keterangan:

+             = Dipilih salah satu

++           = MK Matrikulasi

*             = Dapat dipilih oleh Program Studi lain

**           = MK Pilihan

***        = Wajib diambil oleh mahasiswa dari Program Studi yang tidak linier.

(X)          = Dapat diselesaikan semester itu (jika tidak ada semester sebelumnya).

 

Struktur Matakuliah Prapasca

Matakuliah Matrikulasi

SKS/JS

1

2

3

4

MTR Landasan Teoritik Konseptual TEP

8++

MTR Landasan Historis TEP

8++

 

 

 

 

MTR Landasan Implementasi TEP

8++

MTR Landasan Profesional TEP

8++

MTR Penulisan Tesis

8++

 

 

 

 

MTR Penulisan Karya Ilmiah

8++

 

 

 

 

Jumlah

48

 

 

 

 

 

COURSE DESCRIPTION MASTER PROGRAM

 

MKU800 Metodologi Penelitian Kuantitatif (2 sks/2 js)

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas antara lain meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

MKU800 Quantitative Research Methodology (2 credit hours)

This course is designed  to provide student to understand and impement Penelitian

Mahasiswa mampu melakukan eksplorasi, evaluasi, sintesis, dan menerapkan metode-metode penemuan untuk meningkatkan belajar dan mengembangkan unjuk kerja.the principles and procedures of scientific research as an introduction of thesis writing. It is emphasized on quantitative research. The topics are as follows: the nature of scientifi research, types of research, selecting and formulating research problems, literature, hypothesis, variables and measurement scales, reliability and validity, research design, population and samples, data analysis and research report. Research proposal is as final project is required for thesis.

 

MKU801 Metodologi Penelitian Kualitatif (2 sks/2js)

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan. Beberapa topik yang dibahas antara lain: landasan teoritik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

MKU801 Qualitative Research Methodology (2 credit hours)

This course is expected to provide students tounderstand and employ principles and procedures of conducting qualitative research and its implementation in educational setting. Some topics discussed are as follows: theoretical and emperical foundation, research design, data, field work, data analysis and research report. Research proposal is as final project is required for thesis.

 

MKU802 Statistik Inferensial (2 sks/2 js)

Prasyarat: MTR402 atau persetujuan pengajar.

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada laporan-laporan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik a.l. nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistik nonpara­metrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Lab. Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

 

MKU802 Inferential Statistics (2 credit hours)

This course is expected to provide students to understand and imply analysis techniques used in research design, especially in educational setting. Topics discussed are as follows: interpretating population parameter,testing the difference of two means, proportion and correlation, analysis of varians and simple covarian, regression and nonparametric statistics. Course requires students to accomplish exercises by using available package of certain program ( especially, Statistical Package for Sosial Science).

 

MKDK810 Landasan Pendidikan (2 sks/2 js)

Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis.

 

MKD810 Education Foundation (2 credit hours)

This course is expected to provide students to understand education as a complex system and it relationship with other components of system, such as social, political, cultural system, and so forth. In understanding it, educational problems studied by implementing foundation: phylosopical, historical, sociaological, psychological, political, and economical foundation. Related topics discussed during the semester by groups. The students or discussants share and give critic on paper presented at class seminar. Participation within which students articulate their opinion, view, as well as suggestion. Becoming independent students are expected whether they are doing or writing composition or paper. The students select one of the chapters of required reading as a final paper,

 

MKDK811 Landasan Pembelajaran (2 sks/2 js)

Membahas beberapa pandangan, pendekatan dan proses perenca­naan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal. Topik­topik yang dibahas meliputi: pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pebelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran.

 

Prasyarat: MKDK Landasan Pendidikan.

 

MKDK811 Theoretical and Conceptual Base of Instruction (2 credit hours)

This course is expected toprovide students to discuss some perspectives, approaches, and processes of design, development, and implementation in formal, nonformal and informal instructional setting. The topics discussed are as follows: some perspectives of learning, learning and instructional theories, taxonomy of instructional objectives, learner’s characteristics, instructional strategies and methods, instructional content organization, and instructional system evaluation.

 

MKDK812 Isu and Tren dalam TEP (2 credit hours)

Mengembangkan pemahaman mahasiswa dan wawasannya tentang pendidikan yang luas, baik situasi “normal” maupun situasi problematik dengan membahas masalah umum pendidikan dan masalah khusus pengajaran. Kuliah tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematik teoretis dan praktik lapangan (di sekolah). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecenderungan dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah dan berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasa­lahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.

 

MKDK812 Issues and Trends in Instructional Technology (2 credit hours)

This course is expected to provide students toexamine the changes in the past, present or today, and the future have happened in our teaching process due to design, process, and evaluation especially related to media and technology. The course is to acquaint instructional technologists, teachers and administrators with critical challenges posed as a result of the increasing infusion of technology into the school and training environments. The session also examines the trends views of learning and instruction, i.e. behaviorism, cognitivism, constructivism, situated learning theory, and so forth. Besides, the trends and issues are in terms of instructional technology, in various setting, and new direction in instructional design and technology Students will exchange ideas about issues and trends with others through reports and leading discussions. Final project must be submitted at the end of course session.

 

TEP820 Teknologi Pembelajaran (2 sks/2 js)

Mengkaji secara rinci dan mendalam kawasan Teknologi Pendi­dikan. Kajian ditekankan pada tiga perspektif Teknologi Pendidikan, yaitu teknologi pendidikan sebagai konstruk teoritik, bidang garapan, dan profesi. Kajian mata kuliah ini juga mencakup domain TEP; desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi. Selain itu, kajian juga terkait dengan isu-isu kekinian dalam bidang Teknologi Pendidikan.

 

 

TEP820 Educational Technology (2 credit hours)

This course is expected to provide students to understand educational/instructional technology and also the history of educational/instructional technology, domains of Instructional education/technology in detail. The study is emphasized on three perspectives of educational technology, in the case technology as theoretical construct, the realm of study and profession.The fields of study involves five domains of IT; design, development, utilization, management and evaluation. In addition, the interrelated and currents issues are studied.

 

TEP822 Psikologi Pembelajaran (2 sks/2 js)

Mengkaji konsep-konsep dan fenomena psikologis dalam pengajaran. Analisis dilakukan terhadap persoalan-persoalan psikologis guru dalam proses belajar-mengajar dan asumsi-asumsinya tentang perilaku siswa dan guru dalam proses tersebut.

 

TEP822 Instructional Psychology (2 credit hours)

This course is expected to provide students to understand concepts and psychological phenomena in instruction. Analysis is conducted to teacher’s psychological problems in teaching leaning process and their asumptions upon students’ and teachers’ behavior in the teaching process.

 

TEP830 Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum (2 sks/2 js)

Mengkaji landasan teoritik-konseptual kurikulum (masa yang lampau dan dewasa ini), terutama ditinjau dari segi rancangan, pengem­bangan, implementasi dan penilaiannya; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; dan inovasi dan kebijakan terkait dengan pengembangan kurikulum.

 

TEP830 Curriculum Design and Development (2 credit hours)

This course is expected to provide students to discuss theoretical and conceptual foundation of curriculum ( past and present), especially viewed from design, development, implemen­tation, management, and evaluation; faoundation and principles of curriculum development; and innovation and policy in relationship with curriculum development.

 

TEP831 Model-model Pembelajaran (2 sks/3 js)

Mengkaji berbagai teknik yang digunakan dalam pembelajaran yang dimaksudkan untuk menumbuhkan berbagai kemampuan melaksa­nakan PBM. Kajian setiap teknik disertai dengan pembahasan tentang landasan teoretik dan konseptualnya. Mahasiswa diharapkan mendapat­kan pengalaman secara langsung dalam melaksanakan model-model pembelajaran paling tidak satu teknik yang cocok untuk bidang studi yang ditekuninya. Laporan tentang pengalaman belajar unik ini ditulis dalam sebuah makalah yang mengungkap analisis kritis evaluatif tentang teknik tersebut serta kemungkinan penerapannya.

 

TEP831 Models of Teaching (2/3 credit hours)

This course is expected to provide student to learn several models of teaching. Four cluster models of teaching as recommendated in Joyce and Weils Book becomes a focus of course. Students select one of the topics to be discussed in class seminar to understand both theoretical and conceptual understanding. The students are also encouraged to explore the models in appropriate setting. Portfolio is also required to complete class discussion. The students are asked critically and analytically embodied in a paper as final project.

 

TEP832 Kapita Selekta Teknologi Pembelajaran (2 sks/2 js)

Mengkaji berbagai konsep, model, teori baru dalam bidang teknologi pembelajaran, baik yang sudah memiliki dukungan empirik maupun yang belum seperti: neuroscience, quantum learning, quantum teaching, learning revolution, music for learning. Konsep model, atau teori tersebut bisa bersumber dari sebuah buku teks, atau bab dari sebuah buku teks, atau artikel sebuah jurnal, atau gagasan asli dosen pembina atau mahasiswa peserta mata kuliah yang belum diterbitkan. Pembaharuan-pembaharuan tersebut secara substansial dikaji secara komprehensif, dan implementasi serta dampaknya dipelajari secara terintegrasi untuk mengungkap kekuatan dan kelemahannya dalam konteks kekinian dan keindonesiaan. Setiap mahasiswa memilih sebuah konsep, atau model, atau teori untuk dibahas secara kritis dalam forum seminar kelas. Makalah akhir setelah mendapat masukan dari seminar kelas mendapat porsi penting dalam mengevaluasi mata kuliah ini.

 

TEP832 Selected Materials in Instructional Technology (2/2 credit hours)

This course is expected to provide students to examine several concepts, models, and theories in the field of instructional technology, both emperical and non emperical base, for instance: neiroscience, quantum learning, quantum teaching, learning revolution, music for learning. The concept of models or theories are derived from textbook, journal, or ideas. Innovation is substantially studied comprehensive way, implementation and the impact are learnt in an integration to reveal the strong and weakness in the Indonesian current context. Each of the students select one of the concepts, or models, or the theories to be reviewed critically in class seminar. Paper, as final project, has input from the seminar getting crucial portion in evaluating the course.

 

TEP840 Media dan Teknologi Pembelajaran: Desain dan Produksi (3 sks/3 js)

Membahas media dan teknologi yang umum dipergunakan dalam proses pembelajaran, karakteristik dan prinsip pemanfaatan, dan berlatih memproduksi media/teknologi pembelajaran berbasis audio-video, atau digital sesuai dengan teknik-teknik dasar yang telah dipelajari, multimedia interaktif, atau media/teknologi berbasis komputer.

 

TEP840 Instructional Media and Technology ( 3credit/ hours)

This course is expected to provide students to examine instructional media and technology commonly used in instructional process, characteristics and principles of utilization, design and produce instructional media and technology; printed media, visual dimension, audio-video, or digital media suitable for basic techniques, design interactive multimedia, computer-based technology and integrating media and technology in the classroom.

 

TEP841 Desain Pembelajaran: Teori dan Terapan (3 sks/3 js)

Membahas dasar-dasar dan prosedur praktis penyusunan desain pembelajaran, identifikasi beberapa model pengembangan dan langkah-langkah pemanfaatannya yang semuanya dikaitkan dengan proses teknologi pembelajaran. Dalam usaha menerapkan prosedur tersebut sebuah topik akan dirancang dan dikembangkan secara lengkap dan akan dinilai sebagai salah satu hasil dari kegiatan kuliah ini.

 

TEP841 Instructional Design: Theory and Practice (3 credit hours)

This course is expected to provide students to examine basics and practical procedures in designing instruction, identify several instructional models and steps of utilization that all related to process of instructional technology. In the implementation of procedures, a certain topic is designed and developed comprehensively and valued or appraised as one of the results of course activity.

 

TEP842 Evaluasi Program dan Pelaksanaan Pembelajaran (2 sks/2 js)

Mempelajari strategi/teknik pengukuran terhadap program-program dan praktik pembelajaran yang diperlukan dalam rangka menentukan tingkat keberhasilan dan sebagai umpan balik untuk penyusunan program pembelajaran. Pengukuran di sini tidak hanya dimaksudkan untuk mengetahui prestasi belajar para siswa (learner), tetapi tekanannya diberikan terhadap keefektifan program yang disusun. Perkuliahan akan mengarah kepada peran dari komponen-komponen pengukuran dan bagaimana menyusun suatu laporan yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan/revisi program-program pembelajaran serta praktik lapangan.

 

TEP842 Program Evaluation and Instructional Implementation (2 credit hours)

This course is expected to provide students to examine strategy or technique of measurement with which programs and instructional practices needed in determining the quality of achievement and as feedback for organizing instructional program. Measurement is not only directed to know learner’s achievement, but also emphasized on the effectiveness of the program. Course will focus on the roles of the measurement components and how design a report used to improve or revise instructional programs as well as the practice.

 

TEP843 Desain Pesan Pembelajaran(2 sks/2 js)

Mengkaji berbagai factor yang berpengaruh pada proses dan hasil perancangan pesan pembelajaran, baik yang bersumber dari perancang pesan, saluran penyampaian pesan, dan penerima pesan. Berbagai Teknik dan model perancangan pesan, baik pesan verbal maupun pesan non-verbal (bahasa tubuh) juga menjadi kajian penting mata kuliah ini. Berbagai kajian tersebut diperkaya dengan penggalian landasan teoretik dan konseptual tentang kemengapaan dari sebuah rancangan pesan. Setiap mahasiswa pada akhir mengikuti matakuliah ini diharapkan menampilkan karya rancangan pesan pembelajaran yang dipilih sesuai dengan bidang studi yang ditekuninya.

 

TEP843 Instructional Message Design (2 credit hours)

This course is expected to provide students toexamine several factors effecting the process and result of designing instructional message, deriving from message design, message delivery, and message reciever. Course also contains techniques and models of designing message both verban and nonverbal message (gestural). The topics are also enriched through digging theoretical and conceptual foundation of “the why” of a certain message design. Each student, at the end of joining the course, is expected to address an instructional message design selected suitable to the field.

 

TEP860 Studi Mandiri Bidang Studi (2 sks/2 js)

Menanamkan sikap ilmiah mandiri, yang dikembangkan dengan program yang dirancang oleh mahasiswa sendiri untuk memperdalam suatu topik dalam bidang studinya. Untuk menunjang kegiatan studi mandiri ini, dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai perenca­naan umum: tujuan, materi, sumber belajar, evaluasi periodik dan akhir.

 

TEP860 Independent Study (2 credit hours)

This course is expected to provide students toimpart scientific attitude of self directed learning developed through the program designed by student(s) for refining a certain topic in his/her subject. Lecturer provides consultation service on the general planning: purposes, materials, learning resources, periodical evaluation and result.

 

PBM870 Pengembangan Bahan Ajar (2 sks/3 js)

Melatih mahasiswa menerapkan prinsip-prinsip perancangan dan pengembangan pengajaran dalam bidang studinya masing-masing. Penekanan diberikan pada penggunaan konsep-konsep, prinsip-prinsip dan prosedur-prosedur dalam pengembangan bahan pegangan pengajar dan buku pegangan pembelajar. Pada akhir kuliah, mahasiswa diharapkan dapat membuat seperangkat bahan pengajaran dalam bidang studinya untuk pembelajar tentang jenjang S1.

 

PBM870 Instructional Package Development (2/3 credit hours)

This course is expected to provide students to imply instructional principles and instructional development in their subject areas. Course emphasizes on the use of concepts, principles and procedures in developing teacher’s materials and manual. At the end of the session, student is expected to develop a set of instructional materials in their field of subject matter as teaching materials in S1 program.

 

PPL880 Praktik Pengalaman Lapangan (2 sks/4js)

Menghubungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pendidikan dalam pelbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Hasil praktik mahasiswa berupa sebuah produk yang berupa media dan teknologi pembelajaran yang memiliki keunggulan. Pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan dan/atau kelompok.

 

PPL880 Internship Program (2 credit/4 hours)

This course is directed to provide students toimplement theory and practice through hand on experience guided and appraised by advisors. Students plan, execute and evaluate educational programs in any setting of institution and/or society. Student yields a product of media and instructional  technology. At the end of the practice period, students are required to make a report individually and/or group.

 

TES890 Penyusunan Tesis (6 sks)

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan yang sesuai dengan bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan dan pengajaran seperti: kurikulum, bahan pengajaran, instrumen evaluasi, dsb. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa jurusan.

 

TES890 Thesis Writing (6 credit hours)

This course is designed to provide students to work individually in planning and doing a scientific writing in terms of educational problems or educational technology problems according to student’s specialty as well as writing report in the form of thesis under the guide of at least two advisors. The scientific composition can be a result of research or a certain project, i.e curriculum, instructional materials, evaluation instruments, and so forth. Including this activity is obligatory to apply a research or project proposal in a seminar forum of study program and attended by all thesis advisors, lecturer of research method, lecturers, and students.

× How can I help you?