S2 Pendidikan Olahraga

STRUKTUR KURIKULUM S2 PENDIDIKAN OLAHRAGA

 

Sandi

Nama Matakuliah

Sks/
Js

Semester

1

2

3

4

Mata Kuliah Pascasarjana ( 6 sks)

 

 

 

 

 

MKPS801

Landsan Pendidikan

2/2

X

 

 

 

MKPS802

Metode Penelitian Kuantitatif

2/2

X

MKPS803

Metode Penelitian Kualitatif*)

2/2

 

X

MKPS804

Metode Penelitian Pengembangan*)

2/2

 

X

 

 

MKPS805

Metode Penelitian Tindakan*}

2/2

 

X

 

 

MKPS806

Statistika Inferensial*)

2/2

 

X

 

Jumlah

6

4

2

 

 

Mata Kuliah Program Studi (22 sks)

 

 

 

 

 

MPOR821

Dasar-Dasar Pendidikan Olahraga

2/2

X

MPOR822

Perkembangan dan Belajar Gerak

3/3

X

 

MPOR823

Perencanaan & Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga

2/2

 

X

MPOR824

Desain Pembelajaran Pendidikan Olahraga

2/2

 

 

X

 

MPOR825

Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning

3/3

 

X

 

 

MPOR826

Evaluasi Program dan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga

2/2

 

 

X

 

MPOR827

Pendidikan Olahraga &Kesehatan

2/2

 

X

 

 

MPOR828

Model-Model Pembelajaran Pendidikan Olahraga

2/2

 

X

 

 

MPOR829

Problematika Pendidikan Olahraga

2/2

 

X

MPOR830

Kapita Selekta Keilmuan Pendidikan Olahraga

2/2

X

 

 

 

 

Jumlah

22

7

11

4

 

MKPL

MKPL880

Praktek Pengalaman Lapangan

4/8

X

 

Jumlah

4

 

 

4

 

Tesis (6 sks)

 

 

 

 

 

MTES890

Tesis

6/12

X

MTES891

Seminar Usulan Tesis

2/2

X

 

Jumlah

8

 

 

2

6

Matakuliah Matrikulasi

 

 

 

 

 

MPOR841

Keterampilan Komputer Presentasi

0/2

X

 

 

 

MPOR842

Bahasa Ingris

0/2

X

 

 

 

 

Jumlah Seluruh

40

11

13

10

6

Struktur Matakuliah Prapasca

Matakuliah Matrikulasi

SKS/JS

1

2

3

4

Kurikulum S2 Pendidikan Olahraga

2++

 

 

 

 

Konsep Pendidikan Olahraga

8++

Landasan Yuridis Pendidikan Olahraga

8++

 

 

 

 

Pembelajaran Pendidikan Olahraga

8++

Literasi Media Pembelajaran

8++

Penulisan Karya Ilmiah

8++

Penulisan Artikel Jurnal

8++

Jumlah

50

 

 

 

 

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKPS801 Landasan Pendidikan (2 sks/2 js)

Membahas pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Beberapa pandangan, pendekatan dan proses perenca­naan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal. Topik-­topik yang dibahas meliputi: pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pebelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran.

 

MKPS802 Metode Penelitian Kuantitatif (2 sks/2 js)

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas antara lain meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian (deskriptif, eksperimen, kausal komparatif, korelasional) serta penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian pendidikan olahraga. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian pendidikan olahraga.

 

MKPS803 Metode Penelitian Kualitatif (2 sks/2js)

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan. Beberapa topik yang dibahas antara lain: landasan teoritik dan filosofi, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian tesis dengan metode kualitatif dalam pendidikan olahraga.

 

MKPS804 Metode Penelitian Pengembangan (2/2)

Membahas taksonomi pemecahan masalah yang berorientasi untuk menghasilkan produk sumber belajar, sistem, alat-alat, sarana dan prasarana, serta manual pembelajaran. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan, diakhiri dengan penyusunan proposol penelitian dan pengembangan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga.

 

MKPS805 Metode Penelitian Tindakan (2/2)

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian tindakan, khususnya penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Topik yang dibahas antara lain meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, alternatif pemechan, langkah-langkah (siklus penelitian)serta penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitiantindakaan pendidikan olahraga. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian tindakan pendidikan olahraga.

 

MKPS806 Statistik Inferensial (2 sks/2 js)

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada laporan-laporan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik a.l. nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistik nonpara­metrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal berbasis komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

 

MPOR821 Dasar-Dasar Pendidikan Olahraga (2/2)

Mengkaji konsep, tujuan, prinsip, isi, & strategi pendidikan jasmani dan olahraga (epistimologi, ontologi dan axiologi), didasarkan pada filsafat ilmu pendukukung pendidikan jasmani dan olahraga dengan 7 bidang ilmu yang telah mapan meliputi: (1) pendidikan olahraga, (2) sosiologi olahraga, (3) psikologi olahraga, (4) sejarah olahraga, (5) filosofi olahraga, (6) kedokteran olahraga, (7) biomekanika olahraga.

 

MPOR822 Perkembangan dan Belajar Gerak (3/3)

Mengkaji konsep-konsep dan fenomena psikologi belajar gerak dalam pembelajaran pendidikan olahraga. Mengkaji taksonomi tujuan dan belajar gerak. Analisis dilakukan terhadap persoalan-persoalan belajar gerak dalam proses pembelajaran dan asumsi-asumsinya tentang perilaku orang yang belajar gerak.

 

MPOR823 Perencanaan & Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga (2/2)

Mengkaji secara teoretik dan empirik yang melandasi kurikulum dari masa lampau dan dewasa ini, dan kurikulum untuk memecahkan masalah masa depan, terutama ditinjau dari segi konsepsi, komponen-komponen, prinsip-prinsip, rancangan, implementasi, penilaian, dan pengembangan dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

 

MPOR824 Desain Pembelajaran Pendidikan Olahraga (2/2)

Membahas dasar-dasar dan prosedur praktis penyusunan desain pembelajaran, identifikasi beberapa model pengembangan dan langkah-langkah pemanfaatan yang semuanya dikaitkan dengan proses perancangan pendidikan olahraga. Salah satu desain pembelajaran yang lengkap misalnya Model Dick & Carey yang kemudian diaplikasikan dalam merancang pembelajaran pendidikan olahraga (mengembangkan bahan ajar) sebagai usaha menerapkan prosedur tersebut sebuah topik pembelajaran pendidikan olahraga akan dirancang dan dikembangkan secara lengkap oleh mahasiswa dan akan dinilai sebagai salah satu hasil pembelajaran. Merancang rancaggan pembelajaran dengan perangkat lunak MindManager. Mempraktekkan mengembangkan rancangan pembelajaran pendidikan olahraga secara lengkap dengan program MindManager.

 

MPOR825 Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning(3/3)

Membahas transformasi belajar dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi sebagai sumber belajar dimulai dari orang (tatap muka), cetak, audio, audio visual, komputer, internet (elearning), dan perangkat telpon pintar (m-learning). Pembelajaran berbasis blended learning adalah mengkombinasi pembelajaran tatap muka, offline, dan online dalam pendidikan olahraga. Pada akhir perkuliah mahasiswa mengembangkan program pengembangan pembelajaran berbasis blended learning dalam pendidikan olahraga.

 

MPOR826 Evaluasi Program dan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga (2/2)

Mengkaji strategi/teknik pengukuran terhadap program-program dan praktik pembelajaran pendidikan olahraga yang diperlukan dalam rangka menentukan tingkat keberhasilan dan sebagai umpan balik untuk penyusunan program pembelajaran. Pengukuran bukan hanya mengetahui prestasi belajar peserta didik, tetapi tekanannya diberikan terhadap keefektifan program yang disusun dan model-model evaluasi program serta prosedur mengembangkan penjaminan mutu pembelajaran pendidikan olahraga. Perkuliahan akan mengarah kepada peran dari komponen-komponen pengukuran dan bagaimana menyusun suatu laporan yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan/revisi peningkatan mutu program-program pembelajaran pendidikan olahraga.

 

MPOR827 Pendidikan Olahraga & Kesehatan (2/2)

Mengkaji konsep dasar pendidikan olahraga ditinjau dari aspek kinesiologi, biomekanika, program latihan pada cabang olahraga, keterkaitan kinesiologi dan biomekanika olahraga dengan faktor fisiologi, ketrampilan kodrat, psikologi dan antropometrik, biomekanika bentuk tulang, persendian, axis, bidang gerak, jenis gerakan, dan mekanisme kerja otot dalam aktifitas olahraga, mengkaji analisis gerakan dalam cabang olahraga, menyusun program latihan dalam kepelatihan cabang olahraga. Disamping itu juga membahas dari aspek kesehatan olahraga meliputi teknik-teknik pengukuran faali I (Elektro-ensefalografi/EEG, elektro-miografi/EMG, waktu reaksi/reaktion time, tonus otot/myotonometer), pengukuran Kardiovaskuler (denyut jantung, tekanan darah, tes elektrokardiografi/EKG, ekokardiografi, dan evaluasi volume jantung), pengukuran respirasi, pengukuran hati, ginjan dan endokrin, pengukuran psikologik, daya aerobik maksimal, kriteria untuk mengukur VO2 Max, relevansi daya aerobik maksimal dan ambang anaerobik, pemantauan ambang anaerobik, asam laktat dan denyut nadi.

 

MPOR828 Model-Model Pembelajaran Pendidikan Olahraga (2/2)

Membahas model-model pembelajaran pendidikan jasmani yang berkembang saat ini. Pengembangan model mengajar mengikuti langkah-langkah menyusun persiapan mengajar, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, dengan mempertimbangkan domain fisik, psikomotor, kognitif dan afektif. Secara spesifik perlu pula menkaji model keterampilan mengajar yang dikembangkan oleh Moston dan model-model praktik mengajar (micro teaching) pendidikan olahraga.

 

MPOR829 Problematika Pendidikan Olahraga (2/2)

Mengembangkan pemahaman mahasiswa dan wawasannya tentang pendidikan olahraga yang luas kaitannya secara sistemik dan sistematik dengan bidang lain, baik situasi “normal” maupun situasi problematik dengan membahas masalah umum pendidikan jasmani dan olahraga dan masalah-masalah khusus pembelajaran pendidikan olahraga. Kuliah ini mencakup segi-segi problematik teoritis dan praktik lapangan (dunia keolahragaan dan di sekolah). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecendrungan pendidikan olahraga dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah-masalah pendidikan olahraga teoretik maupun praktik dari sekolah kemudian berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.

 

MPOR830 Kapita Selekta Pendidikan Olahraga (0/2)

Membahas semua aspek yang berkaitan dengan keilmuan pendidikan olahraga, baik dari aspek psikologis, sosiologis, paedagogis, yuridis, dan neuro sains. Di samping itu membahas landasan keilmuan pendidikan olahraga sebagai ilmu yang interdisipliner/crossdicipline.

 

MKPL880 Praktek Pengalaman Lapangan (2/4)

Menghubungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pendidikan dalam berbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Pada akhir masa pengalaman lapangan, mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan kegiatannya secara perorangan.

 

MTES890 Tesis (6/12)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan olahraga yang sesuai dengan bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek (pengembangan) yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, seperti kurikulum, bahan ajar (cetak, audio, audio visual, komputer, telpon pintar), instrumen evaluasi dan sebagainya.

 

MTES891 Seminar Usulan (2/2)

Kerja mandiri menyusun usulan dan menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbiug tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa jurusan/program studi. Para mahasiswa dan dosen memberi masukan untuk perbaikan usulan tesis yang akan dilakukan mahasiswa.

 

MPOR841 Keterampilan Komputer Presentasi (0/2)

Membahas, mengkaji, dan mengembangkan isi pembelajaran pendidikan olahraga menjadi berbasis multi media (teks, audio, video) untuk dipresentasikan dalam berbagai program presentasi antara lain program PowerPoint, ScreenCast-O-Matic, Flipbook, Multi Media Interaktif.

 

MPOR842Bahasa Ingris (0/2)

Membahas prinsip-prinsip dasar dalam memahami dan menterjemahkan teks bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia sebagai bahan dalam mengembangkan karya tulis ilmiah maupun tesis.

 

PRA PASCA

PRA Konsep Pendidikan Olahraga (8 jam)

Membahas berbagai pengertian, konsep dasar, tujuan, dan nilai-nilai pendidikan jasmani. Di samping itu akan dibahas konsep play, games, dan sport dan aplikasinya dalam pembelajaran pendidikan olahraga.

 

PRA Landasan Yuridis Pendidikan Olahraga (8 jam)

Membahas landasan yuridis pelaksanaan pendidikan olahraga baik dalam konteks Indonesia (Undang-Undang Dasar, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Meteri maupun Peraturan Daerah) serta dalam konteks global (Unesco dan Olympic Solidarity).

 

PRA Pembelajaran Pendidikan Olahraga (8 jam)

Membahas variabel-variabel pembelajaran dalam pendidikan olahraga meliputi tujuan, strategi mengorganisasi isi pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan dan hasil belajar (efktifvitas, efisiensi, daya tarik), serta karakteristik mahasiswa.

 

PRA Literasi Media Pembelajaran (8 jam)

Membahas pengertian dan sejarah perkembangan media, kelebihan dan kekurangan media cetak, audio, audio visual, komputer, internet, dan telpon pintar.

 

PRA Penulisan Karya Ilmiah (8 jam)

Membahas konsep dan jenis penulisan karya ilmiah, serta mengkaji Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang.

 

PRA Penulisan Artikel Jurnal (8 jam)

Membahas penulisan artikel jurnal, baik artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual. Mahasiswa mengembangkan artikel jurnal dari hasil karya penelitian skripsi.