S2 Pendidikan Matematika

STRUKTUR KURIKULUM DAN SEBARAN MATAKULIAH

 

A. KONSENTRASI PENDIDIKAN MATEMATIKA SEKOLAH

STRUKTUR KURIKULUM DAN MATAKULIAH

Sks/js

SEMESTER

1

2

3

4

A.  MATAKULIAH UMUM (MKU): 4 Sks

 

 

 

 

 

MKU501 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

x

MKU502 Metodologi Penelitian Kualitatif

2

x

B.  MATAKULIAH DASAR KEAHLIAN (MKDK) : 6 Sks

 

 

 

 

 

MKDK510 Landasan Pend. dan Pembelajaran

2

x

 

 

 

MKDK514 Media Pembelajaran Matematika

2

x

MKDK512 Problematika Pend. Matematika

2

x

C. MATAKULIAH KEAHLIAN (MKK): 21 sks

 

 

 

 

 

MAT521 Pembelajaran Mat.Sekolah I

2

x

MAT522 Pembelajaran Mat. Sekolah II

2

x

MAT530 Asesmen Matematika

2

x

MAT536 Problematika Mat. Sekolah I

3

x

MAT537 Problematika Mat. Sekolah II

3

x

MAT538 Matematika I (Analisis)

3

x

 

MAT5 39 Matematika II (Aljabar & Geometri)

3

x

Matakuliah Pilihan: 3 Sks

 

 

 

 

 

1.      MAT 540: Kapita Selekta Mat. Sekolah

3

x

2.      MAT 541: Statistika

3

 

 

 

 

3.      MAT 535: Matematika Diskrit

3

 

 

 

 

4.      MAT 534: Aljabar Linear

3

 

 

 

 

PPL580   Praktek Pengalaman Lapangan

2

x

KKL581 Kuliah Kerja Lapangan

NK

x

D. TES590, Tesis termasuk Seminar Usulan

6

X (2)

X (4)

JUMLAH SELURUH SKS

39

14

14

7

4

Catatan:

  1. Matakuliah PPL
    • Mahasiswa berstatus guru, PPL dilaksanakan dengan peer teaching dan project membuat video pembelajaran kreatif/inovatif serta menulis laporan praktik dan  analisis pembelajaran yang
    • Mahasiswa berstatus non guru, PPL dilaksanakan di kampus (jurusan matematika UM)
  2. Kuliah Kerja Lapangan: menghasilkan karya akademik: sebagai pemakalah seminar, nara sumber kegiatan workshop atau pelatihan, menulis artikel pada jurnal, laporan studi kasus, laporan
  3. Matakuliah KKL boleh tidak diprogram

B. KONSENTRASI PENDIDIKAN MATEMATIKA PERGURUAN TINGGI

STRUKTUR KURIKULUM DAN MATAKULIAH

Sks/js

SEMESTER

1

2

3

4

A. MATAKULIAH UMUM (MKU) : 4 Sks

 

 

 

 

 

MKU501 Metodologi Penelitian Kualitatif

2

x

MKU502 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

x

B. MATAKULIAH DASAR KEAHLIAN (MKDK) : 6 Sks

 

 

 

 

 

MKDK510 Landasan Pend. dan Pembelajaran

2

x

MKDK514 Media Pembelajaran Matematika

2

x

MKDK512 Problematik Pend. Matematika

2

x

C. MATAKULIAH KEAHLIAN (MKK): 21Sks

 

 

 

 

 

MAT523 Pembelajaran Matematika

2

x

MAT522 Asesmen Matematika

2

x

MAT536 Geometri

3

x

 

MAT532 Analisis Real

3

x

MAT537 Aljabar (T. Bil. & Aljb. Abstrak)

2

x

MAT534 Aljabar Linear

3

x

 

MAT535 Matematika Diskrit

3

x

Matakuliah Pilihan: 3 Sks

 

x

MAT 541: Matematika terapan

3

 

 

 

 

MAT 542: Matematika Statistika

3

 

 

 

 

MAT 543: Matematika Lanjut

3

 

 

 

 

PPL580  Praktek Pengalaman Lapangan

2

x

 

KKL581 Kuliah Kerja Lapangan

NK

x

 

D. TES590, Tesis termasuk Seminar Usulan

6

X (2)

X (4)

JUMLAH SELURUH SKS

39

15

13

6

4

Catatan :

  1. Matakuliah PPL
    • Mahasiswa berstatus guru, PPL dilaksanakan dengan peer teaching dan project membuat video pembelajaran kreatif/inovatif serta menulis laporan praktik dan  analisis pembelajaran yang divideokan.
    • Mahasiswa berstatus non guru, PPL dilaksanakan di kampus (jurusan matematika UM)
  2. Kuliah lapangan: menghasilkan karya akademik: sebagai pemakalah seminar, nara sumber kegiatan workshop atau pelatihan, menulis artikel pada jurnal, laporan studi kasus, laporan
  3. Matakuliah KKL boleh tidak diprogram.

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

  1. Deskripsi Matakuliah Program Magister Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Matematika Sekolah

 

MKU501 Metodologi Penelitian Kualitatif: 2 Sks

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan. Topik yang dibahas antara lain: landasan teoritik dan filosofik, rancangan dan data penelitian kualitatif, analisis data dan penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

MKU502 Metodologi Penelitian Kuantitatif: 2 Sks

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian kuantitatif, teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain: penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik, termasuk nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, amalisis varian dan kovarian sedrhana, regresi linear, dan beberapa teknik statistik nonparametrik.

 

MKDK510 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran: 2 Sks

Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik dan budaya. Dalam usaha untuk memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan, antara lain landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Pemahaman terhadap sistem pendidikan tersebut mendasari dalam pengembangan pembelajaran. Dalam matakuliah ini, mahasiswa mendapatkan wawasan tentang pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal,  nonformal, atau informal. Topik-topik yang dibahas anatara lain: pandangan- pandangan tentang belajar, teori belajar dan pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pebelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran.

 

MKDK512 Problematik Pendidikan Matematika: 2 Sks

Menelaah beberapa masalah pendidikan matematika baik yang dijumpai di Indonesia maupun yang dijumpai di negara lain (antara lain melalui kajian jurnal pendidikan matematika). Penelaahan ini dari sudut pandang teori (pendidikan maupun matematika) serta sudut pandang praktis untuk Indonesia. Untuk masalah-masalah aktual diusahakan sampai dapat menyusun alternatif-alternatif pemecahannya.

 

MKDK514 Media Pembelajaran Matematika: 2 Sks

Membahas prinsip-prinsip dasar yang pengembangan media pem- belajaran matematika, peranan teknologi dan media dalam pembelajaran matematika, dan pengembangan media pembelajaran matematika. Penelaahan prinsip-prinsip dasar pengembangan media pembelajaran matematika mencakup: Tipe-tipe belajar, perspektif psikologis dalam belajar. Peranan teknologi dan media pembelajaran matematika mencakup: penggunaan teknologi dan media pembelajaran bagi guru matematika, penggunaan teknologi dan media pembelajaran bagi siswa yang belajar matematika.  Pengembangan  media  pembelajaran  matematika  mencakup: pengembangan  material  manipulatif  atau  cetak,  pengembangan media visual atau tayangan, serta pengembangan modul.

 

MAT530 Asemen Matematika: 2 Sks

Membahas prinsip-prinsip asesmen dalam pembelajaran dan asesmen matematika. Prinsip-prinsip asesmen dalam pembelajaran mencakup: merencanakan asesmen, mengimplementasikan asesmen dalam pembela- jaran matematika , menginterpreasikan dan menggunakan tes standar di kelas. Assesmen matematika mencakup: kasus-kasus dalam penggunaan pendekatan asesmen, kasus-kasus dalam pemberian skor, dan kasus-kasus dalam penggunaan hasil-hasil asesmen.

 

MAT 521 Pembelajaran Matematika Sekolah I: 2 Sks

Mengkaji berbagai topik matematika sekolah yang dapat menjadi masalah dalam proses belajar siswa. Topik-topik matematika yang dikaji mencakup: Himpunan dan bilangan cacah, numerasi, teori bilangan, pecahan, decimal-rasio-proporsi – dan persen, bilangan bulat, aljabar, statistika dan peluang, geometri, logika, sistem matematis, pengenalan teori graph

 

MAT 522 Pembelajaran Matematika Sekolah II: 2 Sks

Membahas tentang perencanaan dan pengembangan pembelajaran berbagai topik matematika sekolah. Topik-topik matematika yang dibahas mencakup: Himpunan dan bilangan cacah, numerasi, teori bilangan, pecahan, decimal-rasio-proporsi – dan persen, bilangan bulat, aljabar, statistika dan peluang, geometri, logika, sistem matematis, teori graph.

 

MAT 536 Problematika Matematika Sekolah I: 3 Sks

Mengkaji berbagai masalah matematika sekolah, mencakup: konsep dasar aljabar, teori graph, fungsi, transformasi, persamaan dan pertaksamaan, polynomial, eksponen dan logaritma.

 

MAT 537 Problematika Matematika Sekolah II: 3 Sks

Mengkaji berbagai masalah matematika sekolah, mencakup: trigonometri and applikasinya, system persamaan dan matriks, geometeri analitik, barisan dan deret, kombinatorik.

 

MAT 538 MatematikaI: 3 Sks

Mengkaji materi matematika secara lebih luas dan mendalam dari pada materi matematika pada program S1. Materi matematika yang dikaji mencakup: ruang metrik, limit dalam ruang metriks, fungsi kontinu pada ruang metriks, himpunan terbuka, himpunan tertutup, ketidak kontinuan pada R1, jarak antara titik dan himpunan, himpunan terhubung, himpunan terbatas dan terbatas secara total, ruang metriks lengkap, ruang metriks kompak, fungsi kontinu pada ruang metriks kompak, kontinuiti fungsi balikan, kontinuiti seragam, panjang himpunan terbuka dan tertutup, ukuran dalam dan luar suatu himpunan, himpunan terukur dan sifat-sifatnya.

 

MAT 539 Matematika II: 3 Sks

Mengkaji materi matematika secara lebih luas dan mendalam dari pada materi matematika pada program S1. Materi matematika yang dikaji mencakup: prinsip-prinsip teori bilangan (antara lain keterbagian, keprimaan, kongruensi), aljabar abstrak (antara lain pengertian grup, subgrup, koset, subgrup normal, grup kuosien, homomorfism grup) dan geometri (antara lain: himpunan aksioma pada suatu geometri dan geometri hingga).

 

MAT534 Aljabar Linear: 3 Sks

Matkuliah ini pada dasarnya memuat topik-topik eliminasi Gauss, bentuk eselon baris, ruang-n Euclid, Vektor berdimensi n, ruang vektor, ruang bagian, bebas dan bergantung linear, basis dan dimensi, ruang kolom (ruang jangkauan), ruang baris dan kernel (ruang nol), ortogonalitas, ortonormal, transformasi linear, perubahan basis, similaritas, nilai eigen dan vektor eigen, diagonalisasi, dan beberapa penerapan nilai eigen dan vektor eigen.

 

MAT535 Matematika Diskrit: 3 Sks

Membahas induksi matematika bentuk pertama dan bentuk kuat, teknik mencacah model sampel dan model distribusi, selesaian bulat suatu persamaan, fungsi pembangkit, relasi rekurensi homogen dan tidak homogen, dan pengenalan teori graph.

 

MAT540 Kapita Selekta Matematika Sekolah: 3 Sks

Membahas tentang model pengembangan kurikulum matematika, isu-isu tentang pembelajaran matematika sekolah menengah. Model pengembangan kurikulum matematika memuat: konsep kurikulum matematika, pemilihan materi matematika yang seharusnya diajarkan. Isu- isu pembelajaran matematika sekolah menengah memuat: pengembangan pemahaman matematis, pengembangan koneksi matematis, penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika.

 

MAT541 Statistika: 3 Sks

Membahas tentang distribusi peluang diskrit dan distribusi peluang kontinu, pengujian hipotesis, distribusi sampling, analisis korelasi dan regresi, statistika non parametrik.

 

PPL580 Praktik Pengalaman Lapangan: 2 Sks

Menghubungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan penga- laman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pendidikan. Pada akhir masa praktik pengalaman lapangan, mahasiswa menyusun laporannya.

 

TES590 Tesis: 6 Sks

Karya individu mahasiswa dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu penelitian mengenai suatu masalah pendidikan matematika, serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis. Kegiatan ini meliputi pengajuan usulan penelitian, persetujuan dosen pembimbing, pembahasan usulan penelitian dalam suatu seminar, pelaksanaan penelitian, dan penulisan laporan dengan format yang telah ditentukan. Penulisan tesis antara lain bermanfaat dalam membentuk kemampuan penelitian mandiri mahasiswa dalam bidang pendidikan matematika, di samping untuk kepentingan perkembangan ilmu dan/atau kepentingan praktis.

 

2. Deskripsi Matakuliah Program Magister Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Perguruan Tinggi

 

Beberapa Matakuliah pada Konsetrasi ini, serupa dengan Matakuliah pada Konsentrasi Pendidikan Matematika Sekolah. Deskripsi Matakuliah yang berbeda ditunjukkan sebagai berikut.

MPT520 Pembelajaran Matematika: 2 Sks

Membahas tentang peinsip-prinsip pembelajaran matematika, model pengembangan kurikulum matematika dan isu-isu pembelajaran matematika. Prinsip-prinsip pembelajaran matematika memuat:

belajar matematika (learning mathematics), pembelajaran matema- tika (teaching mathematics), penilaian matematika (assessing mathema- tics). Model pengembangan kurikulum matematika memuat: konsep kurikulum matematika, pemilihan materi matematika yang seharusnya diajarkan. Isu-isu pembelajaran matematika sekolah menengah memuat: pengembangan pemahaman matematis, pengembangan koneksi matematis, penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika.

 

MPT522 Geometri: 3 Sks

Matakuliah ini membahas tentang himpunan aksioma pada suatu geometri, geometri hingga yang meliputi geometri empat garis empat titik, geometri Fano dan Young, geometri Papus dan Desargues; geometri hiperbola, geometri elips, kekonsistenan geometri non-Euclid, dan konstruksi pada geometri.

 

MPT523 Analisis Real: 3 Sks

Membahas tentang ruang metrik, limit dalam ruang metriks, fungsi kontinu pada ruang metriks, himpunan terbuka, himpunan tertutup, ketidak kontinuan pada R1, jarak antara titik dan himpunan, himpunan terhubung, himpunan terbatas dan terbatas secara total, ruang metriks lengkap, ruang metriks kompak, fungsi kontinu pada ruang metriks kompak, kontinuiti fungsi balikan, kontinuiti seragam, panjang himpunan terbuka dan tertutup, ukuran dalam dan luar suatu himpunan, himpunan terukur dan sifat- sifatnya, fungsi terukur, integral Lebesque untuk fungsi terbatas, sifat integral Lebesque untuk fungsi terbatas dan terukur, Integral Lebesque untuk fungsi tak terbatas.

 

MPT524 Aljabar: 2 Sks

Membahas prinsip-prinsip teori bilangan dan aljabar abstrak. Prinsip- prinsip teori bilangan memuat: keterbagian, keprimaan, kongruensi, sistem kongruensi linear, kongruensi kuadratis dan kebalikannya. Albajar abstrak memuat: pengertian grup, subgrup, koset, subgrup normal, grup kuosien, dan homomorfism grup, grup permutasi, pengertian ring, ideal, ring kuosien, homomorfism ring, field, dan ring polinomial.

 

MPT525 Aljabar Linear: 3 Sks

Matkuliah ini pada dasarnya memuat topik-topik eliminasi Gauss, bentuk eselon baris, ruang-n Euclid, Vektor berdimensi n, ruang vektor, ruang bagian, bebas dan bergantung linear, basis dan dimensi, ruang kolom (ruang jangkauan), ruang baris dan kernel (ruang nol), ortogonalitas, ortonormal, transformasi linear, perubahan basis, similaritas, nilai eigen dan vektor eigen, diagonalisasi, dan beberapa penerapan nilai eigen dan vektor eigen.

 

MPT526 Matematika Diskrit: 3 Sks

Membahas induksi matematika bentuk pertama dan bentuk kuat, teknik mencacah model sampel dan model distribusi, selesaian bulat suatu persamaan, fungsi pembangkit, relasi rekurensi homogen dan tidak homogen, dan pengenalan teori graph.