KURIKULUMS2 PENDIDIKAN KHUSUS

 

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

sks

js

Semester

1

2

3

4

A.   MKPS – Matakuliah Pascasarjana (8 SKS)

MKPH805

Manajemen sistem pendidikan khusus

2

2

x

 

 

 

MKPH801

Metode penelitian pendidikan khusus

3

3

x

 

 

 

MKPH803

Pengembangan kurikulum peserta didik berkebutuhan khusus

2

2

x

 

 

 

MKPH808

Bimbingan konseling peserta didik berkebutuhan khusus

2

2

 

X

 

 

B.   MPDS – Matakuliah Program Studi 20 ( SKS)

MKPH806

Perspektif pembelajaran kelimuan bidang studi

2

2

x

 

 

 

MKPH807

Olahraga Adaptif

2

2

x

 

 

 

MKPH804

Determinan tumbuh-kembang

2

2

x

 

 

 

MKPH802

Ortopedagogik lanjut

2

2

x

 

 

 

MKPH809

Pendidikan inklusif

2

2

 

X

 

 

MKPH810

Asessment peserta didik berkebutuhan khusus

2

2

 

X

 

 

MKPH811

Neuroscience

2

2

 

X

 

 

MKPH812

Teknologi asistif

2

2

 

X

 

 

MKPH813

Statistik terapan

4

4

 

X

 

 

MKPH815

Pengembangan program pendidikan vokasional khusus

2

2

 

 

x

 

C.MPDS Matakuliah Pilihan

MKPH 818

Manajemen Terapi Autism

2

2

 

 

X

 

MKPH 819

Pengembangan media untuk ABK

2

2

 

 

X

 

MKPH 820

Analisis Kebijakan Pendidikan Khusus

2

2

 

 

X

 

MKPH 821

Manajemen Kewirausahaan ABK

2

2

 

 

X

 

D.   MPDS – Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan 4 ( SKS)

MKPH814

Studi Mandiri

3

3

 

X

 

 

E.    MPDS – Matakuliah Kelompok Tesis 8 ( SKS)

MKPH816

Seminar Proposal Tesis

2

2

 

 

x

 

MKPH817

Tesis

6

6

 

 

 

x

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

Matakuliah Pascasarjana

MKPK801 Metode Penelitian Pendidikan Khusus (3 sks/3 js)

Deskripsi Mata Kuliah:Mata kuliah ini  memberikan wawasan tentang konsep dan implementasi penelitian pendidikan, kajian literatur, hipotesis, variabel,populasi dan sampel, instrumen, rancangan dan analisis data penelitian. Tujuan Pembelajaran umum:Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa  memiliki wawasan dan ketrampilan untuk menyusun proposal dan melakukan penelitian pendidikan  sesuai dengan kaidah yang benar.

 

MKPK802 Pengembangan Kurikulum Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  memberikan wawasan tentang konsep, fungsi, jenis, komponen, landasan, prinsip, rancangan, model pengembangan, implementasi dan evaluasi kurikulum dalam pembelajaran ABK.Tujuan Pembelajaran Umum: Setelah mengikuti perkuliahan Pengembangan Kurikulum ABK, mahasiswa diharapkan  mampu menjelaskan konsep pengembangan, mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum dalam pembelajaran ABK.

 

MKPK805 Manajemen Sistem Pendidikan Khusus (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  memberikan wawasan tentang konsep manajemen, perundang-undanngan yang mengatur tentang pendidikan khusus, implementasi manajemen di lembaga pendidikan khusus, studi kasus manajemen di lembaga pendidikan khusus, testimoni dan knowledge sharring manajemen di lembaga pendidikan khusus. Tujuan Pembelajaran umum: mahasiswa mengetahui, memahami, dapat menganalisa dan mampu mengembangkan konsep implementasi manajemen di lembaga pendidikan khusus.

 

MKPH808 Bimbingan Konseling Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah :Mata kuliah ini  memberikan wawasan tentang esensi dan konsep dasar psikologi perkembangan, karakteristik, permasalahan psikologis dan upaya penanganan  masalah psikologis anak berkebutuhan khusus. Tujuan Pembelajaran Umum :Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami  konsep dasar psikologi perkembangan, karakteristik, permasalahan psikologis, dan upaya penanganan permasalahan psikologis anak berkebutuhan khusus.

 

Matakuliah Program Studi

MKPH806 Perspektif Pembelajaran Kelimuan Bidang Studi (2 sks/2 js)

Deskripsi Matakuliah:Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat pembelajaran mikro, ketrampilan dasar mengajar dan praktik ketrampilan dasar mengajar. Tujuan Pembelajaran Umum:Setelah mengikuti perkuliahan  mahasiswa  dapat menjelaskan hakikat pembelajaaran mikro dan keterampilan dasar mengajar, serta dapat mempraktikan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran pada ABK

 

MKPH807 Olahraga Adaptif (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman tentang pengertian, tujuan dan manfaat pendidikan olahraga adaptif bagi anak berkebutuhan khusus, teknik-teknik evaluasi dan pengukuran untuk memperoleh data tentang berbagai ketrampilan pendidikan olahraga adaptif, teknik yang digunakan untuk melaksanakan program pendidikan olahraga adaptif agar berlangsung dengan efektif, pandangan pendidikan olahraga adaptif di masa lalu dan masa mendatang.Tujuan Pembelajaran Umum:Mahasiswa memiliki pemahaman, wawasan, sikap dan ketrampilan yang mendalam tentang Pendidikan Olahraga Adaptif serta mampu memilih dan menerapkan teknik yang tepat untuk melaksanakan program olag raga adaptif bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

 

MKPH804 Determinan Tumbuh Kembang (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman tentang proses tumbuh kembang anak dari semenjak kandungan. Pembelajaran dilakukan dengan analisis tumbuh kembang anak yang terindikasi menyandang tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, tuna laras, autis, CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa), gifte dan thalented.Tujuan Pembelajaran Umum: Setelah mengikuti mata kuliah Determinan Tumbuh Kembang mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep tumbuh kembang anak, analisis tumbuh kembang anak berdasarkan ketunaan dan berkemampuan untuk menyusun rekomendasi dalam menetapkan layanan pendidikan yang tepat sesuai dengan tumbuh kembang ABK.

 

MKPH802 Ortopedagogik Lanjut (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman tentang pengertian, klasifikasi, prevalensi, karakteristik, faktor penyebab kelainan, prinsip dan model layanan pendidikan yang relevan.Tujuan Pembelajaran Umum: Setelah mengikuti mata kuliah Ortopedagogik ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep dasar dan pemberian layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

 

MKPH809 Pendidikan Inklusif (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah:pendidikan inkusi merupakan suatu layanan pendidikan bagi anak berkubutan khusus dengan tempat dan lingkungan sama dengan yang diterima anak normal. Tujuan dari program layanan ini adalah untuk memacu perkembangan ABK, sehingga mereka lebih mampu dalam menghadapi tuntutan sosial kemasyarakatan. Mata Kuliah Pendidikan Inklusi membahas tentang konsep teori inklusif, manajemen pelaksanaan pendidikan inklusif, analisis sosial, budaya dan lingkungan sekolah yang mendukung pendidikan inklusif. Tujuan Pembelajaran Umum: Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memahami esensi program pendidikan inklusif, menganalisis problematika pelaksanaan pendidikan inklusif dan menyusun formula pelaksanaan pendidikan inklusif yang ideal.

 

MKPH810 Assessment Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  membahas pengukuran dan penilaian bagi ABK, ruang lingkup evaluasi pembelajaran ABK, penyusunan tes hasil belajar, analisis hasil tes, validitas, reliabilitas, analisis butir soal dan konversi skor serta menyusun panduan asesmen serta dapat mengasesmen ABK untuk menyusun program pembelajaran. Tujuan Pembelajaran Umum:Mahasiswa mampu memahami tentang pengukuran dan penilaian ABK, ruang lingkup evaluasi pembelajaran ABK, penyusunan hasil tes belajar ABK, analisis hasil tes, validitas, realibilitas, analisis butir soal dan konversi skor serta dapat menyusun dan mengasesmen ABK untuk penyusunan program pendidikannya (PPI).

 

MKPH811 Neuroscience (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: MatakuliahNeuroscience merupakan matakuliah yang memberikan pengetahuan tentang (1) Organisasi dan Anatomi system saraf, Sistem saraf pusat (CNS), Sistem saraf tepi (PNS), sistem saraf Otonom, Pertumbuhan dan perkembangan otak, (2) Fisiologi Neuron, Sinyal listrik potensial berjenjang dan potensian aksi, Sinap dan Integrasi Neuron, (3) Otak dan Saraf Kranial, (4) Cerebellum, (5) Sistem saraf Perifer, terdiri dari (a)sistem saraf perifer Devisi Aferen dan Indera, dan (b)sistem saraf Perifer Devisi Eferen, (6)  Sistem Saraf sensorik, (7) Sistem Saraf Motorik,  (8) Diensefalon: (a) Talamus dan (b) Hipotalamus (hipofisis, sistem limbik/komplek Nuklear Amigdaloid, Hipokampus, Sistem saraf otonom perifer/sistem saraf simpatis dan parasimpatis), (9) Ganglion Basalis, (10) Meningen, Ventrikel dan Cairan Cerebrospinalis, (11) Telensefalon atau Korteks Cerebral, (12) Mekanisme kerja sistem saraf dalam gerak (mekanisme proses terjadinya gerakan baik gerakan Volunter maupun gerakan involunter), (13) Identifikasi pola kerja sistem saraf pada setiap model-model pembelajaran di ABK (Anatomi, Morfologi dan Fisiologi serta jenis stimulan pada sistem saraf untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mulai dari sistem penerimaan murid baru berbasis Neuro Science, pemetaan 12 kecerdasan jamak dari Howard, G pada siswa-siswi berbasis Neuro Science, menciptakan latihan sircuit (latihan berangkai) berbasis Neuro Science, dan mereview KTSP berbasis Neuro Science). Tujuan Pembelajaran Umum: memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa dalam memahami tentang konsep-konsep dasar Neuro Science. Selain itu, mahasiswa diharapkan  mampu menerapkan konsep-konsep dasar Neuro Science pada karakteristik pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan memiliki keterampilan dalam menerapkan model-model pembelajaran pada ABK berbasis neuroscience.

 

MKPH812 Teknologi Asistif (2 sks/2 js)

Deskripsi Matakuliah: Teknologi asistif yang berwujud alat(equiepment)memiliki maksud segalasesuatuhasilteknologimulaidari yangsederhanasampaiyangcanggihyang digunakan untukmembantukepentingan anak berkebutuhankhusus.Hal tersebut untuk menjawab fenomenapelaksanaanpendidikaninklusif yangmelahirkan banyakpermasalahanyangmemerlukan kajian mendalam.Sehingga perkuliahan perludiarahkan padapengembangan teknologiasistifbagianakberkebutuhankhususdalamsetingpendidikaninklusif.Tujuan Pembelajaran Umum:Perkuliahan memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam mengaplikasikan, menganilis hingga mengevaluasi untuk kebutuhan pengembangan alatbantu pembelajaran yangdisesuaikan (adaptiveequipment)dengankebutuhananak

 

MKPH815 Statistik Terapan (2 sks/2 js)

Deskripsi Matakuliah: Mahasiswa dapat memahami hakekat statistika yang mencakup: pengertian, tujuan, fungsi,  peran statistika dalam pendidikan,  pengumpulan penyajian  data, serta analisis data melalui teknik-teknik tertentu.Tujuan Pembelajaran Umum: Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian statistik dan membedakan antara statistik deskriptif dengan statistik inferensial.

 

MKPH815 Pengembangan Program Pendidikan Vokasional Khusus (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  memberikan wawasan perencanaan, pemantapan, dan penerapan program pendidikan vokasional bagi ABK. Tujuan Pembelajaran umum: Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu  mengidentifikasi kebutuhan, merencanakan program, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi program pendidikan vokasional bagi ABK.

 

Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan 4 ( SKS)

MKPH814 Studi Mandiri (4 SKS/4 JS)

Deskripsi Mata Kuliah:Studi Mandiri merupakan mata perkuliahan yang didesain untuk mengasah kemampuan dan implementasi kemampuan mahasiswa dalam menghadapi problematika penyelenggaraan pendidikan khusus. Proses perkuliahan dilaksanakan di kampus dan diluar kampus. Tujuan Pembelajaran umum: Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu  mengembangkan suatu desain model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus; Melakukan inovasi sistem layanan pendidikan khusus dan memberikan solusi atas problematika penyelenggaraan pendidikan khusus.

 

Matakuliah Kelompok Tesis 8 ( SKS)

MKPH816 Seminar Proposal Tesis (2 SKS/2JS)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  menyajikan perkuliahan yang terdiri dari penyususnan proposal tesis, pembimbingan proposal tesis dan menguji kelayakan proposal tesis. Tujuan Pembelajaran umum: Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan telah memiliki proposal tesis yang siap dilanjutkan dengan proses penelitian lapangan.

 

MKPH817 Tesis (6 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  merupakan akhir dari proses akademik dalam menempuh pendidikan S2 Pendidikan Khusus, mahasiswa akan melalui suatu proses ujian tesis untuk mempertahankan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian. Tujuan Pembelajaran umum:mahasiswa mampu melakukan penelitian, melaporkan dan mempertahankan dalam ujian tesis.

 

Mata Kuliah Pilihan

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah(1)

Bobot SKS

Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara

 
 

(1)

(2)

(3)

(4)

(10)

 

3

MKPH 818

 

Manajemen Terapi Autism

2

Pendidikan Khusus

 

3

MKPH 819

 

Pengembangan media untuk ABK

2

Pendidikan Khusus

 

3

MKPH 820

 

Analisis Kebijakan Pendidikan Khusus

2

Pendidikan Khusus

 

3

MKPH 821

 

Manajemen Kewirausahaan ABK

2

Pendidikan Khusus

 

Total SKS

8

 

 

 

MKPH818 Manajemen Terapi Autism (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini  membahas tentang konsep autis, problematika dan proses penanganan autis, desain pengembangan terapi dan pelaksanaan terapi dan pendidikan bagi ABK autis. Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa menguasai konsep autis, pendidikan bagi anak autis, penanganan dan terapi anak autis dan desain pengembangan pendidikan dan pelatihan bagi anak autis.

MKPH819 Pengembangan Media untuk ABK (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Media merupakan alat bantu yang mampu mempermudah proses pembelajaran, terlebih bagi anak berkebutuhan khusus keberadaan media akan memudahkan guru dalam memberikan pemahaman kepada anak. Pembelajaran pada mata kuliah ini menekankan pada pengembangan media belajar berbasis teknologi dan kreativitas guru, yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Tujuan Pembelajaran: mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan media belajar sesuai dengan kondisi anak.

MKPH820 Analisis Kebijakan Pendidikan Khusus (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: Pembelajaran pada Prodi S2 Pendidikan Khusus Pascasarjana UM tidak hanya menyajikan mata kuliah yang memperkuat skil pada keahlian pendidikan khusus, namun juga memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami aspek luar yang berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan khusus. Mata Kuliah analisis kebijakan pendidikan khusus merupakan mata kuliah yang memberikan bekal kepada mahasiswa agar kritis, peka dan tanggap terhadap kebijakan yang diambil pemerintah dan masyarakat terkait pelaksanaan pendidikan khusus. Tujuan Pembelajaran: mahasiswa menguasai konsep kebijakan, teknik pengambilan kebijakan, reformulai kebijakan dan melaksanakan analisis kebijakan di lingkungan pendidikan khusus.

MKPH821 Manajemen Kewirausahaan ABK (2 sks/2 js)

Deskripsi Mata Kuliah: manajemen kewirausahaan ABK memaparkan bagaimana proses pengembangan dan pengelolaan kewirausahaan yang dapat dilakukan anak berkebutuhan khusus. Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Pengembangan Program Pendidikan Vokasional Khusus. Tujuan Pembelajaran: mahasiswa menguasai kemampuan dalam mengelola wirausaha yang dapat dikembangkan pada anak berkebutuhan khusus. Penguasaan keterampilan manajemen kewirausahaan akan melengkapi kemampuan mahasiswa lainnya dalam menumbuhkan dan mengembangkan vocasi yang dimiliki ABK, sehingga ABK bisa lebih mandiri.

id_IDIndonesian