S2 Pendidikan Geografi

STRUKTUR KURIKULUM

 

Tabel 1. Kurikulum Program Magister Pendidikan Geografi

No.

Kode MK

Matakuliah

sks

js

Smt.

 

Matakuliah Pasca Sarjana (MKPS)

 

 

 

1.

MKPS 801

Landasan Kependidikan

2

2

1

2.

MKPS 802

Metode Penelitian Kuantitatif

2

2

1

3.

MKPS 803

Metode Penelitian Kualitatif *)

2

2

2

4.

MKPS 804

Metode Penelitian Pengembangan *)

2

2

2

5.

MKPS 805

Metode Penelitian Tindakan *)

2

2

2

6.

MKPS 806

Statistik Inferensial *)

2

2

2

 

 

Jumlah MKPS

6

6

 

 

Matakuliah Bidang Studi (MKBS) 22 – 26

 

 

 

1.

MKGE 812

Problematika Pendidikan Geografi

2

2

2

2.

MKGE 820

Aplikasi SIG & Perencanaan Pengembangan Wilayah

2

2

1

3.

MKGE 822

Geografi Penduduk dalam Pembangunan

2

2

1

4.

MKGE 823

Geografi Regional Lanjut

2

2

1

5.

MKGE 825

Pembelajaran Bidang Studi Geografi

2

2

1

6.

MKGE 830

Kapita Selekta Geografi Fisik dan Teknik

2

2

2

7.

MKGE 841

Kapita Selekta Geografi Manusia

2

2

1

8.

MKGE 850

Pengembangan bahan ajar Geografi

2

2

2

9.

MKGE 856

Kuliah Kerja Lapangan KKL

1

3

10.

MKGE 833

Geografi Lingkungan, Sumberdaya Alam & Mitigasi Bencana

2

2

2

 

 

Jumlah

19

 

 

11.

MKGE 831

Kartografi dan Penginderaan Jauh **)

2

2

2

12.

MKGE 832

Klimatologi Terapan **)

2

2

2

13.

MKGE 842

Geografi Pembangunan Lanjut **)

2

2

2

14.

MKGE 843

Interaksi Sosial Budaya dalam Perspektif  Keruangan **)

2

2

2

15.

MKGE 851

Evaluasi Program dan Pembelajaran Geografi **)

2

2

2

16.

MKGE 852

Aplikasi Paradigma Pendidikan dalam Pembelajaran Geografi **)

2

2

2

17.

MGE 853

Penulisan Karya Ilmiah **)

2

2

2

 

 

Jumlah

23

 

 

 

Matakuliah Kelompok Tesis (MTES) 8 SKS

 

 

 

1.

MTES 890

Tesis

6

4

2.

MTES 891

Seminar Usulan Tesis

2

3

 

 

Total MTES

8

 

 

 

Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan (MKPL) 4 SKS

 

 

 

1.

MKPL 880

Kuliah dan Praktek Lapangan

4

3

 

 

Total MKPL

4

 

 

 

 

JUMLAH

41

 

 

Keterangan:
*) Mahasiswa Program Master wajib menempuh minimum satu matakuliah

**) Matakuliah Pilihan diambil 4 SKS

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

MKPS 801 Landasan Pendidikan (2/2)           

Matakuliah ini membahas pendidikan sebagai sistem yang kompleks yang berkaitan dengan sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, dan budaya. Topik kajian meliputi landasan-landasan: religi, filosofis, historis, sosiologis, yuridis, dan psikologis. Di samping itu dibahas pula teori belajar, teori pembelajaran, taksonomi tujuan pem­belajaran, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi, dan evaluasi.

 

MKPS 802 Metode Penelitian Kuantitatif (2/2)

Matakuliah ini membahas prinsip dan prosedur penelitian kuantitatif sebagai dasar penulisan tesis. Topik yang dibahas: prinsip-prinsip penelitian kuantitatif, prosesdur peneilitian kuantitatif, jenis penelitian kuantitatif, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran perpustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, data penelitian, instrumen penelitian, analisis data, penyusunan usulan/ prosposal, dan model penulisan laporan penelitian.

 

MKPS 803 Metode Penelitian Kualitatif (2/2)

Matakuliah ini membahas prinsip dan prosedur penelitian kualitatif sebagai dasar penulisan tesis. Topik yang dibahas: prinsip-prinsip penelitian kualitatif, prosesdur penelitian kualitatif, jenis penelitian kualitatif, data penelitian kualitatif, teknik pengupulan data, instrumen penelitian, analisis data, menyusun proposal, dan teknik penulisan laporan penelitian.

 

MKPS 806 Statistik Inferensial (2/2)

 

Matakuliah ini membahas teknik-teknik analisis data dengan menggunkan rumus statistik. Topik yang dibahas meliputi: tujuan anali­sis, jenis data kuantitatif, penggunaan rumus-rumus statistik paramatik dan nonparametik dengan aplikasi SPSS/SPS, dan teknik membuat inferensi.

 

MKGE 812 PBM dan Problematika Bidang Studi Geografi (2/2)

Matakuliah ini membahas paradigma, pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dan aplikasinya dalam bidang studi geografi. Problematika pendidikan dan atau pembe­lajaran, khususnya yang terkait dengan pendidikan geografi. Isu-isu yang dibahas meliputi: kelemahan kurikulum, kualitas pembelajaran, hasil belajar geografi, dan kecenderungan masa depan bidang studi geografi (guru/dosen, siswa/mahasiswa, UAN, dan peran geografi bagi lulusan).

 

MKGE 820 Aplikasi SIG dan Perencanaan Pengembangan Wilayah (2/2)

Matakuliah ini membahas konsep SIG, software, dan hardware yang dibutuhkan; klasifikasi data input; program pengolah citra untuk SIG; dan pengelolaan data dalam pengelolaan sumber daya. Di samping itu, dibahas juga konsep perencanaan pengembangan wilayah, inventari­sasi masalah dan inventarisasi data wilayah (data fisik penduduk, ekonomi, budaya), analisis masalah dan potensi wilayah, dan model-model perencanaan pengembangan wilayah.

 

MKGE 822 Geografi Penduduk dalam Pembangunan (2/2)

Matakuliah ini membahas kualitas dan kuantitas penduduk sebagai sumber daya manusia, Indikator kualitas SDM, pengembangan SDM ditinjau dari perspektif geografi, pendekatan dan model pengembangan SDM, tipologi lembaga-lembaga kemasyarakatan, peran lem-baga kemasyarakatan sebagai organisasi, agen perubahan, dan pengambil keputusan dalam pelaksanaan suatu pembangunan.

 

MKGE 823 Geografi Regional Lanjut (2/2)

Matakuliah ini membahas globalisasi peran teknologi informasi, perubahan regional kewilayahan menuju regional ekonomi, dampak regionalisme pada negara-negara berkembang, prinsip-prinsip kerjasama antar negara dan antar kawasan dunia dalam era global, dan kecenderung­an kerjasama kawasan dunia.

 

MKGE 530 Kapita Selekta Geografi Fisik/Teknik (2/2)

Matakuliah ini membahas geografi fisik yang mencakup fenomena geosfer. Topik-topik bahasan meliputi: konsep geografi fisik, unsur geografi fisik, dan persoalan atau kasus-kasus kerusakan alam, seperti: batuan/tanah, air, udara, metode pengukuran kerusakan, dan penanggu­langan kerusakan.

 

MKGE 841 Kapita Selekta Geografi Manusia (2/2)

Matakuliah ini membahas geografi manusia yang mencakup: konsep geografi manusia, unsur geografi manusia, kedudukan geografi manusia, kasus-kasus dalam kependudukan, sosial, ekonomi, budaya, dan politik, dan metode analisis geografi manusia.

 

MKGE 85O Pengembangan Bahan Ajar Geografi (2sks/3js)

Matakulian ini membahas kurikulum geografi di SMP/ SMA, SK, KD dan indicator silabus. Analisis buku teks yang ditulis berdasarkan kurikulum yang berlaku, pada aspek bahasa, isi, media gambar, dan penerapan pendekatan keruangan. Pengembangan/penyusunan bahan ajar

 

MKPL 880 Kuliah dan Praktik Lapangan (4/4)

Matakuliah ini berisi kegiatan mahasiswa praktik pembelajaran di program studi pendidikan geografi jenjang S-1. Dalam PPL ini mahasis­wa melakukan: menyusun SAP/RPP, melaksanakan pembelajaran minimal dua kali pertemuan, dan menyusun laporan kegiatan yang berisi: SAP/RPP, refleksi kegiatan pembelajaran, dan saran perbaikan pembela­jaran.

 

MKGE 856 Kuliah Kerja Lapangan (1/-)

Matakuliah ini membelajarkan mahasiswa melakukan observasi, pengukuran terhadap objek geografi fisik, manusia, atau pembelajaran geografi/IPS. Hasil observasi disusun dalam bentuk laporan dan diseminarkan (panel) untuk penyempurnaan.

 

MTES 890 Tesis (6 SKS)

Unjuk kerja penelitian ilmiah secara mandiri yang meliputi: menyusun proposal, seminar proposal, melakukan penilitian, menyusun laporan penelitian dalam bentuk tesis, dan ujian. Bentuk penelitian bebas dipilih untuk mengkaji masalah-masalah pendidikan geografi.

 

MKGE 831 Kartografi dan Penginderaan Jauh (2/2)

Matakulian ini membahas pengetahuan dasar peta (koordinat globe dan peta, proyeksi peta, skala peta, klasifikasi peta menurut skala dan tema, klasifikasi simbol peta, cara-cara penggambaran relief, dan representasi data peta tematik. Topik-topik penginderaan jauh meliputi pentingnya PJ dalam geografi, dasar fisika PJ, unsur-unsur, klasifikasi sistem PJ, klasifikasi citra PJ, interpretasi citra, dan terapan interpretasi citra dalam survei.

 

MKGE 832 KIimatologi Terapan (2/3)

Matakuliah ini membahas konsep iklim dan cuaca, iklim global dan lokal, faktor-faktor iklim, penentuan tipe iklim, iklim kota dan desa, perubahan iklim, dan hubungan iklim dengan kehidupan manusia.

 

MKGE 833 Geografi Lingkungan, Sumber Daya dan Mitigasi Bencana (2/2)

Matakuliah ini membahas prinsip dasar geokimia sejarah bumi yang mencakup perkembangan kehidupan, distribusi unsur dan siklus geokimia, unsur penyusun kerak bumi, problematika lingkungan, dan kecenderungan geokimia lingkungan wilayah tropis. Di samping itu dibahas Bencana alam, bencana sosial dan mitigasi bencana.

 

MKGE 842 Geografi Pembangunan Lanjut (2/2)

Matakuliah ini membahas dinamika kebijakan pembangunan dari waktu ke waktu, tolok ukur pembangunan, dan pengembangan model-model pembangunan yang bertumpu pada karakteristik wilayah.

 

MKGE 843 Interaksi Sosiobudaya dalam Perspektif Keruangan (2/2)

Matakuliah ini membahas konsep kesamaan dan perbedaan dalam suatu perubahan sosial, struktur, pola dan proses keruangan serta penga­ruhnya pada keragaman sosiobudaya, beberapa kendala dalam kehidupan bersama antara sosiobudaya, konflik dan pemecahannya, multikulturis­me, dan integrasi dan disintegrasi sosial.

 

MKGE 851 Evaluasi Program dan Pembelajaran Geo­grafi (2/2)

Matakuliah ini membahas model-model perancangan sistem pembelajaran, meyusun rancangan pembelajaran geografi, teknik dan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar geografi, dan mengembangkan instrumen evaluasi.

 

MKGE 852 Aplikasi Paradigma Pendidikan dalam Pembelajaran Geo­grafi (2/2)

Matakuliah ini membahas paradigma pendidikan, aplikasi paradig­ma pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran geografi di sekolah. Topik bahasan meliputi paradigma behaviorisme, konstruktivisme, dan eklektik. Masalah pembelajaran geografi meliputi: hasil belajar rendah, keaktifan kurang, bahan ajar tidak mendukung siswa aktif dan mengandung banyak kesalahan, dan rendahnya minat siswa terhadap bahan ajar geografi.

 

MKGE 853 Pengembangan Media Pembelajaran Geografi (2/2)

Matakuliah ini membahas konsep dasar media dan alat peraga untuk pembelajaran geografi, fungsi media pembelajaran, faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan media, prosedur pengembangan, dan produksi media pembelajaran geografi.

 

MTES 891 Seminar Usulan Tesis (2/2)

Matakuliah ini membekali mahasiswa wawasan penulisan tesis, yang meliputi: masalah/fokus penelitian, metodologi penelitian, dan teknik penulisan tesis: latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian, dan penulisan daftar rujukan dengan berpedoman padan PPKI dan kaidah bahasa Indonesia.

 

MTR 400 Bahasa Inggris Profesi Pendidikan Geografi (0/2)

Matakuliah ini membahas teknik memahami teks geografi yang tertulis dalam bahasa Inggris. Topik bahasan meliputi makna kata kunci, pokok pikiran dalam paragraf, dan penggunaan bahasa Indonesia dalam penerjemahan.

 

MTR 401 Penulisan Karya Ilmiah (0/2)

Matakuliah ini membahas kaidah penulisan karya ilmiah riset dan non-riset. Tata cara dan teknik penulisan karya ilmiah riset meliputi: latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian, dan penulisan daftar rujukan, dan karya ilmiah non-riset meliputi: abstrak, ”pendahuluan”, metode, kajian/diskusi, simpulan, dan daftar rujukan.

 

MTR 402 Bahasa Indonesia Profesi (0/2)

Matakuliah ini membahas penggunaan kaidah bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah (terutama tesis). Topik bahasan meliputi penggunaan tanda baca, pelihan kosakata, penyusunan kalimat, dan penulisan paragraf karya ilmiah yang harus menggunakan bahasa formal.

 

MTR 403 Bidang Kajian/Riset Geografi dan Pendidikan Geografi (0/2)

Matakuliah ini membahas objek geografi fisik dan manusia yang mencakup variabel-variabel dan atau hubungan timbal-balik yang berpeluang dapat dijadikan objek penelitian. Topik bahasan bidang fisik geografik meliputi kasus-kasus kerusakan lahan, air, udara, metode pengukuran kerusakan, dan penanggulangan kerusakan lahan. Topik bahasan bidang geografi manusia meliputi kependudukan, sosial, ekonomi, budaya dan politik, dan sejenisnya.

 

MTR 404 Filsafat Ilmu Geografi (0/2)

Matakuliah ini membahas pemahaman keberadaan ilmu geografi, baik fisik maupun manusia, dan aspek yang melingkupinya serta hubungan timbal balik. Keberadaan dan kekuatan ilmu geografi yang dibangun atas unsur utama keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan dalam satuan waktu. Metode kajian dan metode pengukuran kerusakan dan penanggulangannya dalam perspektif kependudukan, sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

 

Mata Kuliah Matrikulasi (Input Non-Geo/Pendidikan Geo (0 SKS)

MKGE 400 Pengantar Pendidikan Geografi

Matakuliah ini membahas definisi geografi, objek material, dan objek formal geografi yang akan digunakan untuk pelajaran IPS SD, IPS-geografi SMP, dan geografi SMA. Dalam matakuliah ini dibahas pula peta dan globe sebagai media pembelajaran dan permasalahan pembela­jaran geografi.

 

MKGE 401 Geografi Fisik/Teknik (0/2)

Matakuliah ini membahas yang geografi fisik mencakup aspek-aspek konsep, unsur, kedudukan geografi fisik, kasus-kasus kerusakan lahan, air, udara, metode pengukuran kerusakan, dan penanggulangan kerusakan lahan.

 

MKGE 402 Geografi Manusia (0/2)

Matakuliah ini membahas konsep, unsur, kedudukan geografi manusia, kasus-kasus dalam kependudukan, sosial, ekonomi, budaya dan politik, metode analisis geografi manusia dan masalah kependudukan dan upaya penanggulangannya.