S2 Pendidikan Dasar

STRUKTUR KURIKULUM

 

Struktur kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Dasar terdiri atas 4 komponen dengan total 42 sks. Keempat komponen tersebut adalah Matakuliah Pascasarjana 6 sks, Matakuliah Program Studi 24 sks (terdiri dari Matakuliah Wajib Prodi 14 sks dan Matakuliah Konsentrasi Prodi 10 sks), Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan 4 sks, dan Matakuliah Kelompok Tesis 8 sks. Dengan struktur kurikulum tersebut diharapkan mahasiswa dapat lulus dalam 4 semester. Berikut adalah rincian kurikulum S2 Pendidikan Dasar.

 

Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Dasar

Kode MK

Nama Matakuliah

SKS

JS

Semester

1

2

3

4

A.

MKPS – Matakuliah Pascasarjana (6 SKS)

 

 

 

 

 

 

MKPS801

Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

2

2

x

     

MKPS802

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

2

x

     

MKPS803

Metodologi Penelitian Kualitatif*)

2

2

 

x

   

MKPS804

Metode Penelitian Pengembangan*)

2

2

 

x

   

MKPS805

Metode Penelitian Tindakan*)

2

2

 

x

   

MKPS806

Statistika Inferensial*)

2

2

 

x

   

B.

MPDS – Matakuliah Program Studi (24 SKS)

 

 

 

 

 

 

B.1.

Matakuliah Wajib Program Studi (14 SKS)

 

 

 

 

 

 

MPDS801

Karakteristik Peserta Didik

2

2

x

     

MPDS802

Problematika Pendidikan Dasar

2

2

   

X

 

MPDS803

Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar

2

2

x

     

MPDS804

Rancangan Pembelajaran

2

2

x

     

MPDS805

Strategi dan Model-model Pembelajaran

2

2

x

     

MPDS806

Media Pembelajaran

2

2

x

     

MPDS807

Asesmen Pembelajaran

2

2

 

x

   

B.2.

Matakuliah Konsentrasi Program Studi (10 SKS)

 

 

 

 

 

 

B.2.1.

Konsentrasi Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar

 

 

 

 

 

 

MBSD801

Pemerolehan Bahasa Kedua

2

2

 

x

   

MBSD802

Kajian Sastra Anak

2

2

 

x

   

MBSD803

Pengembangan Kemampuan Berbahasa Lisan

2

2

 

x

   

MBSD804

Pengembangan Kemampuan Berbahasa Tulis

2

2

 

x

   

MBSD805

Pengembangan Pembelajaran Berbasis Sastra*)

2

2

 

x

 

 

MBSD806

Analisis Wacana Kelas*)

2

2

 

x

 

 

MBSD807

1.    Simulasi Kreatif Anak-anak*)

2

2

 

x

 

 

B.2.2

Konsentrasi Matematika Pendidikan Dasar

MMSD801

Kajian Matematika Sekolah

2

2

 

x

   

MMSD802

Kapita Selekta Matematika Sekolah

2

2

 

X

   

MMSD803

Kajian Hasil Penelitian Matematika Sekolah

2

2

 

X

   

MMSD804

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah

2

2

 

X

   

MMSD805

Pemecahan Masalah Matematika Sekolah*)

2

2

 

X

 

 

MMSD806

Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer*)

2

2

 

x

 

 

MMSD807

Kajian Efektivitas dan Efisiensi Buku Matematika SD*)

2

2

 

x

 

 

B.2.3

Konsentrasi  IPA  Pendidikan Dasar

MIPA801

Filsafat dan Didaktik IPA

2

2

 

x

   

MIPA802

Kajian IPA Biologi Pendidikan Dasar

2

2

 

x

   

MIPA803

Kajian IPA Fisika  Pendidikan Dasar

2

2

 

x

   

MIPA804

IPA Terpadu

2

2

 

x

   

MIPA805

Kajian Hasil Penelitian Pendidikan IPA*)

2

2

 

x

   

MIPA806

Kapita Selekta IPA*)

2

2

 

x

   

MIPA807

Pembelajaran IPA Berbantuan Komputer*)

2

2

 

x

   

B.2.4

Konsentrasi IPS Pendidikan Dasar

MIPS801

Kajian IPS Geografi Pendidikan Dasar

2

2

 

x

   

MIPS802

Kajian IPS Ekonomi Pendidikan Dasar

2

2

 

x

   

MIPS803

Kajian IPS Sejarah, Antropologi, dan Sosiologi Pendidikan Dasar

2

2

 

x

   

MIPS804

IPS Terpadu

2

2

 

x

   

MIPS805

Kajian Hasil Penelitian Pendidikan IPS*)

2

2

 

x

   

MIPS806

Kapita Selekta IPS*)

2

2

 

x

   

MIPS807

Falsafah Pendidikan IPS*)

2

2

 

x

   

B.2.5

Konsentrasi Guru Kelas

MGKD801

Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia SD

2

2

 

x

   

MGKD802

Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar PKn SD

2

2

 

x

   

MGKD803

Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar IPS SD

2

2

 

x

   

MGKD804

Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD

2

2

 

x

   

MGKD805

Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar IPA SD*)

2

2

 

x

   

MGKD806

Pembelajaran Terpadu di SD*)

2

2

 

x

 

 

MGKD807

Pengembangan Pendidikan Karakter di SD*)

2

2

 

x

 

 

B.2.6

Konsentrasi PAUD

MPDU801

Bermain, Perkembangan, dan Aspek Sosial Kelas

2

2

 

x

   

MPDU802

Metode Pengembangan Bahasa dan Kognisi

2

2

 

x

   

MPDU803

Sains dan Pendidikan Anak Usia Dini

2

2

 

x

   

MPDU804

Komunikasi dan Representasi Matematika

2

2

 

x

   

MPDU805

Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini*)

2

2

 

x

   

MPDU806

Nutrisi, Kesehatan, dan Keamanan Anak Usia Dini*)

2

2

 

x

   

MPDU807

Kreativitas dan Keberbakatan Anak Usia Dini*)

2

2

 

x

   

B.2.7

Konsentrasi PLB Pendidikan Dasar

MPLB801

Manajemen Kelas

2

2

 

x

   

MPLB802

Pengantar Pendidikan Khusus

2

2

 

x

   

MPLB803

Analisis Tingkah Laku Terapan

2

2

 

x

   

MPLB804

Asesmen Pendidikan Luar Biasa

2

2

 

x

   

MPLB805

Pengalaman Lapangan Terencana*)

2

2

 

x

   

MPLB806

Pengembangan Rancangan IEP*)

2

2

 

x

   

MPLB807

Insklusif dan Special Classroom *)

2

2

 

x

   

C.

MKPL – Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan (4 SKS)

 

 

 

 

 

 

MKPL880

Kuliah dan Praktek Lapangan

4

4

   

x

 

D.

MTES – Matakuliah kelompok Tesis (8 SKS)

 

 

 

 

 

 

MTES891

Seminar Usulan Tesis

2

2

   

x

 

MTES890

Tesis

6

6

     

X

JUMLAH SKS

42

 

14

14

8

6

Keterangan:
*) Dipilih salah satu

  1. Pada semester I mahasiswa menempuh mata kuliah bersama
  2. Pada semester II mahasiswa memilih konsentrasi yang diinginkan. (syarat dan ketentuan berlaku).

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

 

MKPS801 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep, tujuan, dan landasan pendidikan, pendidikan berbasis kompetensi, pendidikan dan pembelajar­an yang mendidik, serta pembelajaran yang membebaskan; teori belajar (behaviorisme, kognitivisme, humanisme) dan implikasinya dalam pembelajaran. Selain itu, juga dibahas konsep-konsep, prinsip-prinsip dan teori-teori perkembangan anak pada usia pendidikan dasar, struktur logika anak pendidikan dasar, penerapan karakteristik anak usia sekolah pada pendidikan dasar dalam kurikulum dan pengembangan strategi pembelajaran.

 

MKPS802 Metode Penelitian Kuantitatif (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kuantitatif; Jenis-jenis penelitian kuantitatif; Prosedur penelitian kuantitatif; Sistematika proposal penelitian kuantitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Variabel dan pengukurannya; Perumusan Hipotesis; Kajian teori dan empiris; analisis jurnal penelitian kuantitatif; Rancangan penelitian; Populasi & sampel; Instrumen; Teknik analisis data kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif.

 

MKPS803 Metode Penelitian Kualitatif (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kualitatif; Jenis-jenis penelitian kualitatif; Prosedur penelitian kualitatif termasuk PTK dan penelitian pengembangan; Sistematika proposal penelitian kualitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Kajian teori dan empiris; Kehadiran/ keterlibatan peneliti; Sumber data; Prosedur pengumpulan data; Penge­cekan keabsahan temuan; Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kualitatif

 

MPDS801 Karakteristik Peserta Didik (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang hakekat pendidikan dengan seluruh komponen yang ada di dalamnya; hakekat belajar dan pembelajar­an; hakekat kurikulum dan silabus; tugas dan kwajiban guru dalam proses pembelajaran; karakteristik siswa pendidikan dasar (SD/SMP) sebagai subyek dalam proses pembelajaran; komunikasi dalam pembelajaran; model, metode dan media pembelajaran sebagai sarana komunikasi dalam pembelajaran; serta membekali mahasiswa dengan ketrampilan menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

 

MPDS802 Problematika Pendidikan Bidang Studi (2 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk memberi peluang kepada mahasis­wa untuk mengungkapkan secara tertulis dan lisan buah pikiran mereka mengenai problem dan isu yang terdapat dalam pendidikan dasar. Matakuliah ini mengkaji berbagai topik permasalahan dalam pendidikan dasar yang diangkat dari laporan penelitian, artikel, buku, atau lapangan. Mahasiswa menyajikan hasil kajiannya dalam bentuk makalah dan didiskusikan di kelas.

 

MPDS803 Kajian dan Pengembangan Kurikulum Dikdas (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas konsep dasar kurikulum; Sejarah per­kembangan kurikulum dikdas di Indonesia; Karakteristik kurikulum yang berlaku secara nasional; Telaah penerapan kurikulum dan permasalahannya; Telaah penerapan kurikulum di pendidikan dasar dan perma­salahannya; Pengembangan silabus di pendidikan dasar.

 

MPDS804 Rancangan Pembelajaran (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum dan silabus yang akan dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk rancangan pem­belajaran di sekolah; Komponen rancangan pembelajaran sesuai peraturan yang berlaku; Menyusun tujuan pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, merancang model, metode dan media pembelajaran serta evaluasi dengan berbagai perangkatnya; serta membekali mahasiswa dengan keterampilan mengembangkan rancangan pembelajaran.

 

MPDS805 Strategi dan Model-model Pembelajaran (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman konsep-konsep terkait strategi dan model pembelajaran yang meliputi: teori-teori belajar, pendekatan pembelajaran, strategi mengembangkan hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, sikap), strategi pembelajaran (strategi peng­organisasian, penyampaian, pengelolaan), model-model pembelajaran (pengubahan tingkah laku, pengolahan informasi, interaksi sosial, humanistik); serta membekali mahasiswa dengan keterampilan mengem­bangkan berbagai strategi dan model pembelajaran yang terpadu dan berpusat pada siswa.

 

MPDS806 Media Pembelajaran (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas konsep dasar media pembelajaran; jenis-jenis media pembelajaran; prinsip-prinsip pengembangan media pembela­jaran; Pemetaan materi pembelajaran dan media yang diperlukan; Langkah-langkah pengembangan media; Praktik mengembangkan media pembelajaran dan menggunakannya pada proses pembelajaran di kelas.

 

MPDS807 Asesmen Pembelajaran (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas konsep dasar asesmen pembelajaran; jenis-jenis asesmen, alat asesmen, dan teknik asesmen mencakup  tes dan non tes. Dalam teknik tes dibahas bentuk-bentuk pertanyaan sebagai alat penilaian yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi dasar dan indikator yang telah ditetapkan; sedangkan pada teknik non tes akan dibahas antara lain wawancara, observasi, portofolio, jurnal, simulasi, studi kasus, penilaian diri (self assessment), dan skala rating (rating scales). Selanjutnya pembahasan diimplementasikan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

 

Matakuliah Konsentrasi Bahasa Indonesia Dikdas

MBSD801 Pemerolehan Bahasa Indonesia (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan pemerolehan kemampuan berbahasa; proses belajar bahasa; metode pengajaran bahasa; menerapkan pengetahuan pemerolehan kemampuan berbahasa di ruang kelas dalam belajar bahasa tulis dan dalam belajar bahasa kedua.

 

MBSD802 Kajian Sastra Anak (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang variasi unit tematis pada sastra anak-anak; kurikulum terpadu dan sastra anak-anak sebagai alat pembela­jaran; dan perencanaan program pengajaran secara terpadu dengan landas tumpu sastra anak.

 

MBSD803 Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang (1) pembelajaran mendengarkan, antara lain hakikat mendengarkan, proses mendengarkan, proses anak belajar mendengarkan, pendekatan pembelajaran mendengarkan, perenca­naan pembelajaran mendengarkan, dan evaluasi pembelajaran mende­ngarkan; (2) pengetahuan dan pengalaman tentang proses berbicara, perkembangan kemampuan berbicara, dan pendekatan-pendekatan pembelajaran berbicara, perencanaan pembelajaran berbicara, dan evaluasi pembelajaran berbicara.

 

MBSD804 Pengembangan Kemampuan Berbahasa Tulis (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang pengembangan pemahaman (1) pembelajaran membaca, antara lain hakikat pembelajaran membaca, proses membaca, proses anak belajar membaca, pendekatan pembelajaran membaca, perencanaan pembelajaran membaca, dan evaluasi pembelajar­an membaca; (2) pengetahuan dan pengalaman tentang proses menulis, perkembangan kemampuan menulis anak-anak, dan pendekatan-pende­katan pembelajaran menulis, perencanaan pembelajaran menulis, dan evaluasi pembelajaran menulis.

 

MBSD805 Pengembangan Pembelajaran Berbasis Sastra (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman prinsip dan ketrampilan mengembangkan pembelajaran berbasis sastra anak.Topik yang dibahas mencakup variasi unit tematis pada sastra anak, kurikulum terpadu dan sastra anak sebagai media pembelajaran dan pengembangan program pembelajaran berbasis sastra anak.

 

MBSD806 Diagnosa Kesulitan dan Koreksi Membaca (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami prinsip-prinsip dan praktek diagnose kesulitan dan koreksi membaca, menyadari perlunya pengajaran membaca remedial, mengetahui berbagai teori diagnose kesulitan dan koreksi membaca dan berbagai perangkat asesmen yang digunakan dalam diagnose kesulitan dan koreksi membaca.

 

MBSD807 Simulasi Kreatif Anak (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan suatu pengetahuan bahwa pemahaman dan penghayatan konsep serta nilai maupun pengembangan ketrampilan dapat ditumbuhkan melalui permain­an boneka, membaca estetis, simulasi dan bermain peran.

 

Matakuliah Konsentrasi Matematika Dikdas

MMSD801 Kajian Matematika Sekolah (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas topik-topik matematika pada jenjang pendidikan dasar. Topik matematika yang dikaji mencakup: konsep bi­langan, sistem bilangan, sistem numerasi, operasi bilangan pada bilangan bulat dan pecahan, konsep-konsep geometri, sistem geometri, konsep pengukuran, peluang dan statistika.

 

MMSD802Kapita Selekta Matematika Sekolah (2 sks/2 js)

Matakuliah ini mengkaji berbagai rekomendasi sistem pembelajar­an matematika sekolah yang dihasilkan oleh pengembang, antara lain: NCTM (The National Council of teachers of Mathematics), RME (Realistics Mathematics Education), CTL (Contextual Teaching and Learning), CLD (Constructivist Learning Design), serta rekomendasi yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada jenjang pendidikan dasar. Melalui kajian tersebut, diharapkan mahasiswa mampu memetakan elemen-elemen penting untuk mendesain struktur pembelajaran matema­tika pada jenjang pendidikan dasar.

 

MMSD803 Kajian Hasil Penelitian Matematika Sekolah (2 sks/2 js)

Matakuliah ini mengkaji secara kritis tentang landasan, metodologi, dan analisis hasil-hasil penelitian matematika sekolah dari laporan peneli­tian, jurnal nasional atau internasional. Mahasiswa dapat menggunakan hasil kajian tersebut secara substantif, serta dapat memanfaatkannya untuk mendukung penelitian tesis yang disusun.

 

MMSD804 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar matematika sekolah, jenis-jenis bahan ajar matematika sekolah mencakup: buku guru, buku siswa, multimedia pembelajaran matematika, bahan-bahan manipulatiff, serta penggunaan bahan ajar tersebut pada jenjang pendidikan dasar.

 

MMSD805 Pemecahan Masalah Matematika Sekolah (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas: (1) konsep, prinsip, prosedur pemecah­an masalah matematika pada jenjang pendidikan dasar, (2) penerapan pemecahan masalah matematika sekolah dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar.

 

MMSD806 Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer (2 sks/2 js)

Matakuliah ini tidak dimaksudkan untuk menjadikan mahasiswa sebagai programer, tetapi lebih dimaksudkan untuk membantu mahasiswa menilai ketepatan penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan merekomendasi penggunaan komputer yang dapat meningkat­kan keaktifan siswa pendidikan dasar. Selama perkuliahan mahasiswa dituntut melaku­kan pengamatan pembelajaran matematika dengan komputer, kemudian mengembangkannya dalam bentuk makalah, didiskusikan dan dianalisis ketepatannya.

 

MMSD807 Kajian Efektivitas dan Efisiensi Buku Matematika (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasis­wa dalam menilai ketepatan penggunaan buku teks dan atau LKS untuk menunjang pembelajaran Matematika di pendidikan dasar. Selama perkuliahan maha­siswa lebih banyak dihadapkan dengan buku paket atau LKS Matematika, dan berdasarkan prinsip asesmen yang baik mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan instrumen penilaian terhadap buku dan LKS tersebut, menemukan kelemahan dan keunggulannya serta menyusun perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

 

Matakuliah Konsentrasi IPA Dikdas

MIPA801 Filsafat dan Didaktik IPA (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep pengetahuan, ilmu, filsafat, filsafat IPA, organisasi, interelasi, hirarki, dan metode ilmu. Dibahas pula hakikat kebenaran, relativitas, dan subjektivitas kebenaran ilmu serta limitasi IPA. Matakuliah ini juga membahas masalah filsafat IPA dan kaitan IPA dengan moral dan etika. Berikutnya dikaitkan antara filsafat IPA dengan bagaimana membelajarkan IPA yang disesuaikan dengan perkembangan usia peserta didik.

 

MIPA802 Kajian IPA Biologi Pendidikan Dasar (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa dalam materi IPA Biologi di pendidikan dasar beserta pengembangan bahan ajar materi tersebut di pendidikan dasar. Didalam pengembangan bahan ajar diperhatikan mengenai pembelajaran yang mendidik, inovasi pembelajaran IPA Biologi, penerap­an konsep quantum learning dan kecerdasan ganda dalam pembelajaran IPA Biologi, bagaimana kaitannya dengan media pembelajaran IPA Biologi, penilaian pembelajaran IPA Biologi, dan penyusunan rancangan pembelajaran IPA Biologi. Dalam perkuliahan ini mahasiswa melakukan studi kasus pelaksanaan kurikulum dan menyusun kurikulum operasional pembelajaran IPA Biologi dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi pembelajaran masa kini.

 

MIPA803 Kajian IPA Fisika Pendidikan Dasar (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa dalam materi IPA Fisika di pendidikan dasar beserta pengembangan bahan ajar materi tersebut di pendidikan dasar. Didalam pengembangan bahan ajar diperhatikan mengenai pembe­lajaran yang mendidik, inovasi pembelajaran IPA Fisika, penerapan konsep quantum learning dan kecerdasan ganda dalam pembelajaran IPA Fisika, bagaimana kaitannya dengan media pembelajaran IPA Fisika, penilaian pembelajaran IPA Fisika, dan penyusunan rancangan pembe­lajaran IPA Fisika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa melakukan studi kasus pelaksanaan kurikulum dan menyusun kurikulum operasional pembe­lajaran IPA Fisika dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi pembelajaran masa kini.

 

MIPA804 IPA Terpadu (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas keterkaitan dan keterpaduan antar KD dalam mata pelajaran IPA atau keterpaduan IPA dengan matapelajaran lainnya di SD atau SMP, prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran terpadu, teknik pengembangan tema, teknik analisis tema, pengembangan perencanaan pembelajaran terpadu, dan metode-metode pembelajaran terpadu. Dalam perkuliahan mahasiswa ditugaskan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu.

 

MIPA805 Kajian Hasil Penelitian Pendidikan IPA (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan menganalisis secara kritis berbagai isu dan permasalahan pendidikan IPA. Materi perkuliahan meliputi kajian dan analisis hasil penelitian pembelajaran IPA (nasional dan internasional) terutama dalam inovasi pembelajaran IPA, lingkungan belajar berbasis teknologi, paradigma pembelajaran yang baru, dan kajian empirik tentang problema dan prospek berbagai pende­katan dalam pembelajaran. Matakuliah ini mengkombinasikan kemampu­an menganalisis, mensintesis, dan mempresentasikan hasil kajian dan analisis penelitian dalam pembelajaran IPA. Mahasiswa juga menyusun rancangan penelitian pendidikan dan pembelajaran IPA.

 

MIPA806 Kapita Selekta IPA Sekolah (2 sks/2js)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa mengkaji berbagai rekomendasi sistem pembelajaran IPA sekolah yang dianggap tepat untuk membelajar­kan IPA abad 21 a.l. CTL (Contextual Teaching and Learning), CL (Cooperative Learning), pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), pembelajaran IPA berbasis proyek (Project Based Science) serta rekomendasi yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada jenjang pendidikan dasar. Melalui kajian tersebut, diharapkan mahasiswa mampu memetakan elemen penting untuk mendesain struktur pembelajaran IPA pada jenjang pendidikan dasar.

 

MIPA807 Pembelajaran IPA Berbantuan Komputer (2 sks/2 js)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana pembe­lajaran IPA secara blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara online, dan offline. Mahasiswa juga belajar mengembangkan pembelajaran IPA berbantuan komputer, yaitu memanfaatkan teknologi komputer dan informasi, misalnya dengan memasukkan data dalam bentuk tulisan, gambar, animasi, simulasi, audio dan gambar hidup (video) untuk disimpan dan ditampilkan dengan komputer.

 

Matakuliah Konsentrasi IPS Dikdas

MIPS801 Kajian IPS Geografi Pendidikan Dasar (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa dalam materi Geografi yang merupakan bagian dari IPS di pendidikan dasar beserta pengembangan bahan ajar materi tersebut di pendidikan dasar. Materi perkuliahan ini meliputi karakteristik mata pelajaran Geografi; Ruang lingkup Geografi (IPS) pada kurikulum dikdas; Menganalisis silabus Geografi (IPS); Pengembangan bahan ajar Geografi ; Menetapkan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik Geografi; Mengembangkan metode pembela­jaran dan alat evaluasi yang sesuai dengan karakteristik Geografi di dikdas.

 

MIPS802 Kajian IPS Ekonomi Pendidikan Dasar (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa dalam materi Ekonomi yang merupakan bagian dari IPS di pendidikan dasar beserta pengembangan bahan ajar materi tersebut di pendidikan dasar. Materi perkuliahan ini meliputi karakteristik matpel Ekonomi (IPS); Ruang lingkup kurikulum Ekonomi (IPS) di lingkungan dikdas; Menganalisis silabus matpel Ekonomi (IPS); Pengembangan bahan ajar Ekonomi; Menetapkan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik matpel Ekonomi; Mengembang­kan metode pembelajaran dan alat evaluasi yang sesuai dengan karakte­ristik matpel Ekonomi di Dikdas.

 

MIPS803 Kajian IPS Sejarah, Anthrophologi, Sosio­logi Pendidikan Dasar (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa dalam materi  Sejarah, Anthrophologi, Sosio­logi yang merupakan bagian dari IPS di pendidikan dasar beserta pengembangan bahan ajar materi tersebut di pendidikan dasar. Materi perkuliahan meliputi karakteristik matpel Sejarah, Antropologi dan Sosiologi (IPS); Ruang lingkup kurikulum Sejarah, Antropologi dan Sosiologi (IPS); Menganalisis silabus matpel Sejarah, Antropologi dan Sosiologi (IPS) di dikdas; Pengembangan bahan ajar Sejarah, Antropologi dan Sosiologi ; Menetapkan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik matpel Sejarah, Antropologi dan Sosiologi; Mengembangkan metode pembelajaran dan alat evaluasi yang sesuai dengan karakteristik matpel Sejarah, Antropologi dan Sosiologi di Dikdas.

 

MIPS804 IPS Terpadu (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar IPS Terpadu di lingkungan dikdas; Pendekatan interdisipliner dalam IPS; Isu dan masalah sosial serta strategi pendekatannya dalam wawasan IPS; Kurikulum dan silabus matpel IPS di lingkungan Dikdas; Pengembangan tema pembela­jaran berdasar pendekatan IPS Terpadu; Penerapan pembelajaran IPS Terpadu di pendidikan dasar dan permasalahannya; Kunjungan lapangan untuk melihat implementasi pembelajaran IPS Terpadu di pendidikan dasar.

 

MIPS805 Kajian Hasil Penelitian Pendidikan IPS (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar jurnal/artikel; Jenis-jenis jurnal/artikel; Karakteristik jurnal hasil penelitian dan non penelitian; Manfaat jurnal dalam kegiatan penelitian; Analisis jurnal hasil penelitian pendidikan IPS; Menganalisis research gap hasil penelitian; Penyusunan matrik hasil penelitian pendidikan IPS untuk mendukung topik penelitian tesis.

 

MIPS806 Kapita Selekta Pendidikan IPS (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami, menganalisis dan menyikapi berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS di pendidikan dasar. Topik yang dibahas meliputi konsep & karakteristik IPS, tujuan pendidikan IPS, berbagai model pembelajaran IPS di lingkungan pendidikan dasar, implementasi dan kendala pembela­jaran IPS di pendidikan dasar (kurikulum, team teaching, media, evaluasi dan asesmen).

 

MIPS807 Filsafat Pendidikan IPS (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini mengkaji secara mendasar hakekat ilmu pengetahu­an sebagai sarana untuk berpikir logis, sistematis dan realistic dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Topik yang dibahas pada matakuliah ini meliputi falsafah ilmu ditinjau dari aspek ontologis, epistomologis, dan aksiologis serta tanggungjawabnya dalam tataran nilai etis, estetis, moral dan spiritual. Dalam pendidikan IPS, filsafat merupa­kan landasan studi sosial untuk melatih kepekaan mahasiswa dalam berpikir, menganalisis dan mengambil keputusan berkaitan dengan berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat.

 

Matakuliah Konsentrasi Guru Kelas

MGKD801 Kajian Materi dan Pengembangan Bahasa Indonesia SD (2 sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa dalam materi Bahasa Indonesia SD beserta pengembangan bahan ajar materi tersebut di SD. Dalam pengembangan bahan ajar tersebut mahasiswa (1) mengkaji konsep, prinsip, dan jenis-jenis pengembangan bahan ajar; bentuk pesan bahan pembelajaran yang berupa fakta, konsep, kaidah, prosedur, problema; (2) berlatih memilih, menata, dan merepresentasikan bahan pembelajaran; dan (3) membiasakan diri melakukan refleksi terhadap hasil kajian dan latihannya. Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui: tes tulis, tugas-tugas terstruktur, dan penampilan atau perbuatan.

 

MGKD802 Kajian Materi dan Pengembangan PKn SD (2 sks/ 2 js)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa yang sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia, sehingga kelak bisa menjadi tenaga pendidik yang profesional. Dalam matakuliah ini mahasiswa mengkaji materi PKn di SD beserta  pengembangan bahan ajar tersebut di SD. Dalam pengembangan bahan ajar PKn di SD mencakup (1) PKn merupakan pendidikan nilai, moral dan norma, (2) Pendidikan karakter dan krisis jati diri bangsa, (3) Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repu­blik Indonesia, Asean dan Politik luar negeri Indonesia (4) perkembangan UUD 1945, (5) perkembangan struktur ketatanegaraan RI sebelum dan sesudah di amandemen (6) Hak asasi manusia dan supermasi hukum di Indonesia.

 

MGKD803 Kajian Materi dan Pengembangan IPS SD (2 sks/ 2 js)

Mata kuliah ini, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik sehingga kelak bisa menjadi tenaga pendidik yang berkarakter & profesional. Dalam matakuliah ini mahasiswa mengkaji materi IPS di SD beserta  pengembangan bahan ajar tersebut di SD. Dalam pengembangan bahan ajar IPS di SD mencakup: (1) tujuan pembelajaran IPS SD, (2) pengem­bangan materi IPS SD dan pembelajaran terpadu (3) Konsep IPS (geogra­fi, sejarah, sosiologi dan ekonomi) dalam konteks lokal ; nasional dan global, (4) keterkaitan mata pelajaran IPS dengan mata pelajaran yang lain di SD, (5) Kasus internal dan eksternal NKRI, dengan pendekatan sosial, (6) Pengaruh perkembangan Ipteks terhadap pendidikan IPS di SD dan solusinya. .

 

MGKD804 Kajian Materi dan Pengembangan Matematika SD (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini mengkaji materi Matematika di SD beserta  pengembangan bahan ajar tersebut di SD. Materi matematika yang dikaji mencakup: konsep bi­langan, sistem bilangan, sistem numerasi, operasi bilangan pada bilangan bulat dan pecahan, konsep-konsep geometri, sistem geometri, konsep pengukuran, peluang dan statistika. Pengembangan bahan ajar Matematika di SD yang dikaji mencakup: prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar matematika sekolah dasar, jenis-jenis bahan ajar matematika di Sekolah Dasar, mencakup: buku guru, buku siswa, multimedia pembela­jaran matematika, bahan-bahan manipulatif, serta penggunaan bahan ajar tersebut pada jenjang SD.

 

MGKD805 Kajian Materi dan Pengembagan Bahan Ajar IPA SD (2 sks/ 2 js)

Membahas keterkaitan dan keterpaduan antar KD dalam mata pelajaran IPA atau keterpaduan IPA dengan matapelajaran lainnya di SD, prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran terpadu, teknik pengem­bangan tema, teknik analisis tema, pengembangan perencanaan pembela­jaran terpadu, dan metode-metode pembelajaran terpadu. Dalam perku­liahan mahasiswa ditugaskan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu di SD.

 

MGKD806 Pembelajaran Terpadu di SD (2Sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan: hakekat pembelajaran terpadu di SD, konteks teoritik pembelajaran terpadu di SD, prinsip dan prosedur pelaksanaan pembelajaran terpadu di SD, pembelajaran tematik di SD, model pembelajaran terpadu dan tematik di SD, problema model pembelajaran terpadu dan tematik di SD, perangkat pembelajaran terpadu dan tematik serta mempraktikan pembelajaran terpadu dan tematik bagi anak usia SD

 

MGKD807 Pengembangan Pendidikan Karakter di SD (2Sks/2 js)

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan: hakekat dan tujuan pembelajaran karakter, landasan dan pentingnya pendidikan karakter, internalisasi nilai melalui mata pelajaran di SD, Paradikma pendidikan karakter di SD, perilaku moral dan revitalisasi pendidikan karakter di SD, dampak arus globalisasi terhadap krisis jati diri dan nilai Pancasila. Pendekatan dan model pembelajaran pendidikan karakter di SD dan aplikasinya.

 

Matakuliah Konsentrasi PAUD

MPDU801 Bermain, Perkembangan dan Aspek Sosial Kelas (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas hakikat, prinsip, dan pengembangan ber­main; hakikat, prinsip, dan pengembangan aspek perkembangan; hakikat, prinsip, dan pengembangan aspek sosial kelas PAUD dan penerapannya dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan pembela­jaran pada PAUD.

 

MPDU802 Metode Pengembangan Bahasa dan Kognisi (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas hakikat, prinsip, dan penerapan metode pengembangan bahasa dan kognisi anak usia dini serta implikasinya bagi perancangan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran pada PAUD.

 

MPDU803 Sains dan Pendidikan Anak Usia Dini (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas hakikat, prinsip, dan pengembangan sains dan pendidikan anak usia dini serta implikasinya bagi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran pada PAUD.

 

MPDU804 Komunikasi dan Representasi Matematis (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas hakikat, prinsip, dan pengembangan komunikasi dan representasi matematis serta penerapannya dalam peren­canaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran pada PAUD.

 

MPDU805 Kajian Hasil Penelitian PAUD (2 sks/ 2 js)

Matakuliah ini membahas hasil-hasil penelitian pendidikan, khu­susnya yang berkaitan dengan kebijakan, implementasi, dan akuntabilitas pendidikan anak usia dini baik hasil penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif serta implikasinya dalam perancangan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD).

 

MPDU806 Nutrisi, Kesehatan, dan Keamanan Anak Usia Dini (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas hakikat, prinsip, dan pengembangan Nutrisi, kesehatan, dan Keamanan anak usia dini, dan implikasinya dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan pembelajaran pada PAUD.

 

MPDU807 Kreativitas dan Keberbakatan Anak Usia Dini (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas hakikat, prinsip, masalah, dan pengem­bangan Kreativitas dan Keberbakatan anak usia dini, dan implikasinya dalam perencanaan, pelaksanaan, evauasi dan pengembangan pembela­jaran pada PAUD.

 

Matakuliah Konsentrasi PLB

MPLB801 Manajemen Kelas (2 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara untuk menangani gangguan yang muncul di kelas agar pembelajaran bisa lebih kondusif.

 

MPLB802 Pengantar Pendidikan Khusus (2 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang trend perkembangan dalam dunia ke PLB-an termasuk mengenalkan anak-anak dengan gangguan perkembangan yang berat seperti ASD.

 

MPLB803 Analisis Tingkah Laku Terapan (2 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan tentang bagaimana mengubah perilaku yang tidak diinginkan dengan cara-cara yang signifikan secara social.

 

MPLB804 Asesmen Pendidikan (2 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan berbagai alternatif asesmen yang diperlukan untuk memahami anak dan masukan penting dalam pembuatan program bagi anak.

 

MPLB805 Pengalaman Lapangan Terencana (2 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pengalaman di la­pangan guna melihat perkembangan jenis dan layanan anak yang tersedia di Indonesia.

 

MPLB806 Pengembangan Rancangan IEP (2 sks/2 js)

Perkuliahan ini dirancang untuk mengembangkan program pendi­dikan individual bagi setiap anak berdasarkan data-data yang berangkat dari asesmen yang berkelanjutan guna mengetahui kebutuhan siswa yang khusus dan membantu dalam perkembangannya. Dalam perkuliahan ini berbagai topik akan diberikan kerjasama ahli dalam tim, program pengajaran individual, asesmen berkelanjutan tentang kemajuan siswa, dsb.

 

MPLB807 Inklusif dan Spesial Classroom (2 sks/2 js)

Perkuliahan ini memberikan pemahaman praktis tentang bagaimana mendorong keberhasilan siswa dalam lingkungan sekolah regular. Berbagai topik yang diberikan menyangkut metode dan media, rancangan lingkungan social baik di kelas dan di luar kelas, kerjasama antara guru kelas guru PLB, termasuk membahas program transisi bagi anak. Perkuliahan ini diberikan secara team-work guna membahas satu masalah riil.

 

Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan

MKPL880 Kuliah dan Praktek Pengalaman Lapangan (4SKS)

MKPL dirancang untuk memberi peluang kepada mahasiswa mem­peroleh pengalaman yang merupakan gabungan antara unsur-unsur inkuiri dan eksperimen dengan unsur-unsur refleksi dan analisis. Melalui kegiat­an ini mahasiswa dilatih menjadi pendidik yang profesional di ling­kungan pendidikan dasar dengan bimbingan dosen pembina MKPL. Kegiatan MKPL bisa dilakukan di kampus secara riil membelajarkan mahasiswa dan atau dalam bentuk peer-teaching dan atau kegiatan pembelajaran riil pada pendidikan dasar

 

MTES- Matakuliah Kelompok Tesis

MTES891 Seminar Usulan Tesis (2 SKS)

Mahasiswa mampu menyusun usulan penelitian tesis dengan bimbingan dosen pembimbing yang sudah ditetapkan dan melaksanakan kegiatan seminar usulan tesis yang dikoordinasi oleh dosen pengampu matakuliah dan dihadiri oleh dosen pembimbing 1 dan atau pembimbing 2, dosen penguji/pengampu matakuliah, dan mahasiswa lainnya.

MTES890 Tesis (6 SKS)

Mahasiswa mampu melaksanakan kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah kependidikan yang sesuai dengan bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis