S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen

STRUKTUR KURIKULUM S2 PENDIDIKAN BISNIS DAN MANAJEMEN

 

MATAKULIAH

sks/ js

SEMESTER

1

2

3

4

I

MATAKULIAH UMUM (MKU) 4 sks

 

 

 

 

 

 

MKU 801

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2/2

X

 

 

 

 

MKU 802

Metodologi Penelitian Kualitatif

2/2

X

 

 

 

 

MKU 803

Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

2/2

X

 

 

 

II

MATAKULIAH DASAR KEAHLIAN (MKD) 9 sks

 

 

 

 

 

 

MKD 811

Problematika Pendidikan Bisnis

dan Manajemen

2/2

 

X

 

 

 

MKD 812

Desain Program Pelatihan dan Pembelajaran

3/3

 

X

 

 

 

MKD 813

Evaluasi Program Pelatihan dan Pembelajaran

2/2

 

X

 

 

III

MATAKULIAH KEAHLIAN (MKK) 20 sks

 

 

 

 

 

 

PBM 821

Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM)

3/3

X

 

 

 

 

PBM 822

Perilaku Organisasi

3/3

X

 

 

 

 

PBM 823

Kewirausahaan Lanjut

3/3

 

X

 

 

 

PBM 824

Manajemen Bisnis

3/3

X

 

 

 

 

PBM 825

Manajemen Lembaga Pelatihan Bisnis

3/3

 

X

 

 

 

PBM 831

Komunikasi Bisnis *)

3/3

 

X*)

 

 

 

PBM 832

Hubungan Industrial *)

3/3

 

X*)

 

 

 

PPL 880

Praktik Pengalaman Lapangan

2/4

 

 

X

 

IV

TESIS 8 sks

 

 

 

 

 

 

TES 870

Seminar Usulan Tesis

0/2

 

 

X

 

 

TES 871

Tesis

8/

 

 

X

(X)

 

 

Jumlah sks

41

15

16

10

0

Catatan:
*) Matakuliah pilihan (memilih satu matakuliah pilihan).
(X) Melanjutkan penyelesaian Tesis yang mulai ditempuh pada semester 3 atau memulai menempuh Tesis pada semester 4.

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

Metodologi Penelitian Kuantitatif (MKU 801)

Kompetensi Utama:

  • Mampu memahami prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kuantitatif dan menerapkannya dalam bidang pendidikan bisnis dan manajemen.
  • Mampu menghasilkan sebuah usulan penelitian kuantitatif untuk Tesis.
  • Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dan prosedur penelitian kuantitatif untuk pengambilan keputusan bisnis.

Topik Utama:

Metode ilmiah dan pendekatan penelitian, perumusan masalah, kajian pustaka yang relevan, pengembangan hipotesis, pengukuran variabel, desain kuantitatif (eksperimen dan non eksperimen), pengumpulan data, dan analisis data.

 

Metodologi Penelitian Kualitatif (MKU 802)

Kompetensi Utama:

  • Mampu memahami prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kualitatif dan menerapkannya dalam bidang pendidikan bisnis dan manajemen.
  • Mampu menghasilkan sebuah usulan penelitian kualitatif untuk Tesis.
    • Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dan prosedur penelitian kualitatif untuk pengambilan keputusan bisnis.

    Topik Utama:

    Karakteristik penelitian kualitatif, fokus penelitian, desain kualitatif (mencakup studi kasus, etnografi, fenomenologi, dan grounded theory), pengumpulan data, dan analisis data.

    Landasan Pendidikan dan Pembelajaran (MKU 803)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu memahami landasan pendidikan dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang.
    • Mampu menganalisis pendidikan dan pembelajaran sebagai suatu sistem yang kompleks.
    • Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal, dan informal.

    Topik Utama:

    Pendidikan dan pembelajaran sebagai suatu sistem yang kompleks terkait di antaranya dengan sistem sosial, sistem politik, dan sistem budaya. Landasan pendidikan dan pembelajaran yang mencakup filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal, dan informal.

     

     

    Problematika Pendidikan Bisnis dan Manajemen (MKD 811)

    Kompetensi Utama:

    • Mahasiswa mampu menganalisis problematika pendidikan bisnis dan manajemen pada jalur pendidikan formal, informal, dan non-formal.
    • Mahasiswa mampu menyusun sebuah kajian mengenai problematika pendidikan bisnis dan manajemen sekaligus memberikan solusinya.

    Topik Utama:

    Potret kondisi terkini dan perubahan yang terjadi dalam pendidikan bisnis dan manajemen, identifikasi problematika pendidikan bisnis dan manajemen berdasarkan potret kondisi terkini, dan solusi yang ditawarkan berdasarkan hasil identifikasi. Problematika pendidikan bisnis dan manajemen mencakup problematika berkaitan dengan manajemen dan kebijakan, kepemimpinan, kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, serta hubungan institusi dan masyarakat.

     

    Desain Program Pelatihan dan Pembelajaran (MKD 812)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menganalisis dan menyusun kurikulum program pelatihan dan pembelajaran untuk bisnis dan manajemen.
    • Mampu merancang program pelatihan dan pembelajaran untuk bisnis dan manajemen.
    • Mampu merancang evaluasi program pelatihan dan pembelajaran untuk bisnis dan manajemen.

    Topik Utama:

    Analisis kurikulum, analisis kompetensi, desain program pelatihan dan pembelajaran, pengembangan bahan ajar, modul, dan buku panduan pengajar untuk program pelatihan dan pembelajaran, serta evaluasi program pelatihan dan pembelajaran.

     

    Evaluasi Program Pelatihan dan Pembelajaran (MKD 813)

    Kompetensi Utama:

    Mampu mengevaluasi keefektifan program pelatihan dan pembelajaran untuk bisnis dan manajemen berbasis model-model evaluasi.

    Topik Utama:

    Prinsip dan prosedur evaluasi program pelatihan dan pembelajaran, model-model evaluasi program pelatihan dan pembelajaran (mencakup model Stake dan model Stufflebeam), dan desain riset untuk mengevaluasi keefektifan program pelatihan dan pembelajaran.

     

    Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia [PPSDM] (PBM 821)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu merancang model-model perencanaan SDM.
    • Mampu menyusun model-model pelatihan dan pengembangan SDM dalam kehidupan praktis di lapangan.

    Topik Utama:

    Model perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, model pengembangan SDM, pengembangan karir, pengupahan/gaji dan tunjangan, model pemeliharaan, model pelatihan SDM, dan model evaluasi kinerja SDM.

  • Perilaku Organisasi (PBM 822)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menganalisis perilaku individu dalam organisasi dan hubungannya dengan kinerja organisasi.
    • Mampu menganalisis perilaku kelompok dan tim kerja dalam organisasi serta hubungannya dengan kinerja organisasi.
    • Mampu menganalisis organisasi sebagai sistem dalam organisasi dan hubungannya dengan kinerja organisasi.
    • Mampu menganalisis keterkaitan diantara perilaku individu, perilaku kelompok, dan organisasi sebagai sistem.

    Topik Utama:

    Dimensi individu, kelompok, dan organisasi sebagai sistem. Keterkaitan antar ketiga dimensi. Keterkaitan dimensi dengan kinerja organisasi.

     

    Kewirausahaan Lanjut (PBM 823)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menganalisis karakteristik entrepreneur dan macam-macam entrepreneurship.
    • Mampu menganalisis tahapan bisnis inovatif mulai dari pengembangan ide kreatif hingga implementasi menjadi bisnis yang sukses.
    • Mampu merancang dan mengimplementasikan ide kreatif inovatif dalam entrepreneurship project berbasis entrepreneurship model (mencakup Business Model Canvas [BMC] dan efektuasi).

    Topik Utama:

    Berpikir entrepreneurial (mencakup berpikir kritis, kreatif, dan inovatif), BMC, efektuasi, perancangan dan implementasi ide kreatif inovatif dalam entrepreneurship project berbasis entrepreneurship model.

     

    Manajemen Bisnis (PBM 824)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menganalisis area fungsional bisnis (pemasaran, keuangan, operasional, dan sumberdaya manusia) pada bisnis manufaktur dan jasa.
    • Mampu menyusun rancangan pemasaran, keuangan, operasional, dan sumberdaya manusia suatu pada bisnis.

    Topik Utama:

    Dinamika bisnis manufaktur dan jasa, dan dinamika area fungsional bisnis (pemasaran, keuangan, operasional, dan sumberdaya manusia).

     

    Manajemen Lembaga Pelatihan Bisnis (PBM 825)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menganalisis kebutuhan program pelatihan bisnis.
    • Mampu menyusun budgeting dan laporan keuangan program pelatihan bisnis.
    • Mampu menyusun, memasarkan, dan melaporkan program pelatihan bisnis.

    Topik Utama:

    Analisis kebutuhan program pelatihan, prinsip-prinsip budgeting, laporan keuangan, dan perpajakan untuk lembaga pelatihan, perencanaan dan pengembangan produk lembaga pelatihan, dan pemasaran lembaga pelatihan.

    Komunikasi Bisnis (PBM 831)

    Kompetensi Utama:

    Mampu menguasai metode penyampaian gagasan bisnis dan manajemen secara tertulis, lisan, sistematis, dan etis.

    Topik Utama:

    Prinsip-prinsip komunikasi bisnis, komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi lintas budaya, penyampaian gagasan persuasif, pesan negatif, ketrampilan berbicara, komunikasi di tempat kerja.

     

    Hubungan Industrial (PBM 832)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menganalisis penyelesaian hubungan industrial.
    • Mampu menyusun standar dan prosedur untuk kenyamanan dalam bekerja sebagai upaya meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

    Topik Utama:

    Konsep hubungan industrial, hubungan industrial Pancasila, organisasi pekerja, perjanjian kerja bersama, peraturan perusahaan, K3, penyelesaian perselisihan, lembaga penyelesaian perselisihan industrial, penyelesaian perselisihan industrial di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan, dan ILO.

     

    Praktik Pengalaman Lapangan (PPL 880)

    Kompetensi Utama:

    • Mampu menghubungkan teori dan praktik bidang pendidikan bisnis dan manajemen.
    • Mampu menyusun laporan praktik pengalaman lapangan bidang bisnis dan manajemen.

     

    Seminar Usulan Tesis (TES 870)

    Kompetensi Utama:

    Mampu menyusun usulan penelitian tesis bidang pendidikan bisnis dan manajemen dan mempresentasikannya dalam forum seminar.

     

    Tesis (TES 871)

    Kompetensi Utama:

    Mampu menyusun tesis bidang pendidikan bisnis dan manajemen, mempertahankannya dalam forum ujian tesis, dan memublikasikannya dalam jurnal ilmiah.

     

× How can I help you?