S2 Pendidikan Biologi

STRUKTUR KURIKULUM PRODI S2 PENDIDIKAN BIOLOGI

 

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Biologi diharuskan  memprogram matakuliah sejumlah 46 sks dengan rincian sebagai berikut.

Sandi dan Nama Matakuliah

Sks/Js

Semester

1

2

3

4

A. Mata Kuliah Umum (MKU)

6 sks

 

 

 

 

PMKU801 Landasan Pendidikan

2/2

X

PMKU802 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2/4

X

PMKU803 Metodologi Penelitian Kualitatif

2/4

X

B. Mata Kuliah Keilmuan

18 sks

 

 

 

 

PBIO830 Filsafat Sains dan Bioetika

2/2

X

PBIO831 Statistik Biologi

2/2

X

PPBIO832 Biologi Sel Molekuler

2/3

X

PBIO833 Mikrobiologi Lanjut

2/3

X

PBIO834 Genetika Lanjut

2/3

X

PBIO835 Fisiologi Lanjut

2/3

X

PBIO836 Ekologi Lanjut

2/3

X

PBIO837 Evolusi Molekuler

2/3

X

PBIO838 Seminar

1/2

X

PBIO839 Publikasi Ilmiah 

1/2

X

C. Mata Kuliah Keahlian Kependidikan

12 sks

 

 

 

 

PBIO870 Pengembangan Disain Pembelajaran Biologi

2/3

X

PBIO871 Pengembangan Penilaian Pembelajaran Biologi

2/3

X

PBIO872 Pengembangan Bahan Ajar dan Media Biologi

2/3

X

PBIO873 Problematika Pendidikan  Biologi

2/2

X

PKPL880 Kuliah dan Praktek Lapangan

4

X

D. Matakuliah Pilihan *)

2 sks

 

 

 

 

BIO814 Mikroteknik dan Manajemen Laboratorium

2/4

X

BIO815 Manajemen Sekolah

2/2

X

BIO816 Pengajaran Remidi

2/2

X

BIO817 Supervisi Pembelajaran Biologi

2/2

X

BIO818 Desain Eksperimen Pendidikan

2/2

X

BIO819 Penelitian Tindakan dalam Pendidikan

2/2

X

BIO820 Biosistematika

2/2

X

BIO821 Teknik Analisis Biologi Molekuler Lanjut

2/4

X

E. Tesis

8

 

 

 

 

PMTES 891 Seminar Usulan Tesis

2

X

PMTES 890 Tesis

6

X

Jumlah Seluruh sks

46 sks

16

17

7

6

*) setiap mahasiswa memilih salah satu mata kuliah

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKU801 Landasan Pendidikan

Mengkaji dan menganalisis  tentang konsep  hakekat pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, landasan pendidikan (filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan),  dan asas pendidikan. Pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang berkaitan dangan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya serta implikasinya dalam praktek kependidikan.  Pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal, yang meliputi antara lain: pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran. Pada matakuliah ini juga dikaji teori-teori pendidikan , pendidikan sebagai ilmu, obyek ilmu pendidikan,  kaitan antara pendidikan dan pengajaran Biologi, pendidikan sepanjang hayat, bakat dan lingkungan, pendidikan karakter,  dan pendidikan abad 21.

 

MKU802 Metodologi Penelitian Kuantitatif

Membahas hakikat, alat-alat, prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah dan pendidikan sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif, mulai dari pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran dan pengkajian kepustakaan, perumusan hipotesis, penentuan variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian kuantitatif (Deskriptif, Korelasional, Eksperimen dan Eks Post Facto),  perancangan penelitian, penyusunan usulan, penggunaan statistik untuk analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian kuantitatif untuk tesisnya.

 

MKU803 Metodologi Penelitian Kualitatif

Membahas hakikat masalah dan perancangan penelitian kualitatif dan penelitian pengembangan, jenis-jenis penelitian kualitatif (studi kasus, ethnografi, studi fenomenologik, studi teori grounded, analisis content) dan penelitian pengembangan, pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dan penelitian pengembangan, pengorganisasian dan analisis data dari studi kualitatif dan penelitian pengembangan, kriteria dalam menilai penelitian kualitatif dan produk hasil pengembangan,  penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian kualitatif atau penelitian pengembangan untuk tesisnya.

 

BIO830 Filsafat Sains dan Bioetika

Membahas Dasar Pengetahuan; Filosofi (Filsafat) Ilmu; Struktur Pengetahuan Ilmiah; Produk Olah Pikir Manusia Meliputi Pengetahuan, Mitos, Ilmu Kealaman dan Filosofi (Filsafat); Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Ilmu Kealaman; Ciri Ilmu; Dasar Ilmu yang Meliputi Penalaran; Logika sebagai Cara untuk Menemukan Kebenaran; Hierarki dan Metode Ilmiah; Kriteria Kebenaran Ilmu;  Sumber Pengetahuan dan Kebenaran; Rasionalisme dan Empirisme; Pemahaman tentang Bioetika dan Perkembangannya; Hubungan  Filsafat Ilmu dan Bioetika; KaitanEtika (Bioetika Termasuk Etika Lingkungan) dan Perkembangan Penelitian tentang Kehidupan.

 

BIO831 Statistik Biologi

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada laporan-laporan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik antara lain nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistik nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Laboratorium Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

 

BIO832 Biologi Sel Molekuler

Membahas: (i) filosofi dan sejarah perkembangan penelitian biologi sel, (ii) penerapan hukum-hukum (konsep-konsep) fisika dan kimia dalam memahami proses hidup di dalam sel, (iii) hubungan struktur dan fungsi pada jenjang molekul (makromo­lekul) sampai jenjang organela serta hubungannya dengan penyakit bila ada kelainan, (iv) proses hidup berupa gerak, penurunan sifat serta ekspresi program kehidupan, metabolisme, sistem komunikasi dan interaksi sel, mekanisme apoptosis, necrosis dan kanker. Juga mengkomunikasikan hasil pembahasan i sampai dengan iv berbasis hasil penelitian terhadap materi yang relevan dari publikasi jurnal internasional.

 

BIO833 Mikrobiologi Lanjut

Membahas tentang peranan positif dan negatif mikroorganisme dalam kehidupan, ultra struktur mikroorganisme prokariot (struktur membran, sporulasi dan germinasi, bioluminescens, kemotaksis), media kultur mikroorganisme, pembiakan dan pertumbuhan mikroba, analisis kualitas mikrobiologi makanan dan minuman, pengendalian mikro­organisme (pemanfaatan kapang untuk pengendalian hayati serangga hama, pengendalian aktivitas mikroba perusak makanan melalui pengawetan makanan), daya desinfeksi antiseptik dan daya antimikroba tanaman berkhasiat obat,  aktivitas bakteri dan kapang parasit pada tanaman, beberapa macam penyakit pada manusia yang disebabkan oleh bakteri atau jamur patogen serta patogenitasnya,  biotransformasi mikroorganisme dan potensinya dalam aspek lingkungan (biodegradasi dan bioremediasi), makromolekul aliran informasi mikroorganisme dan dasar-dasar rekayasa genetika, molekuler genetik keanekaragaman mikroba, keanekaragaman virus dan metode mempelajari virus, teknik imunoassay.

 

BIO834 Genetika Lanjut

Membahas Arti dan Ruang Lingkup Genetika; Materi Genetika (eksperimen Hershey & Chase, eksperimen Fraenkel & Conrate, struktur materi genetika DNA & RNA, cluster & repeat, plasmid & episome, element transposable, eksperimen meselson stahl, DNA polimerase, cistron, multiple alleles, conserved exon, nonrepetitive DNA, distribution of genes sizes); Reproduksi Materi Genetika (replikasi DNA, reverse transcription, rolling circle replication, the replication apparatus of phage T4, Mendelian inheritance, cytoplasmic inheritance); Ekspresi Materi Genetika (transkripsi, modifikasi pasca transkripsi, kode genetika, translasi, regulasi ekspresi gen pada prokariot, regulasi ekspresi gen pada eukariot, kontrol genetik terhadap respon imun, genetika ekspresi kelamin, kontrol genetik terhadap pembelahan sel, one gene one enzyme, interaksi kerja gen); Perubahan Materi Genetika (mutasi dan rekombinasi); Perekayasaan Materi Genetika; dan Materi Genetika dalam Populasi.

 

BIO835 Fisiologi Lanjut

Membahas aplikasi biokimia dan  fisiologi sel yang berdampak pada aktivitas gerak, aktivitas koordinasi dan homeiostasis tubuh, aktivitas sistem pencernaan, aktivitas sistem sirkulasi, aktivitas sistem reproduksi, aktivitas sistem pertahanan tubuh (imunologi), aktivitas bioenergetik dan sintesis ATP, konservasi energy dalam fotosintesis, alokasi, translokasi dan transportasi fotoasimilat, aktivitas pembongkaran energy footoasimilat, respon tumbuhan terhadap fotoperiodisma, pertumbuhan dan  perkembangan: dormansi, penuaan dan mati.

 

BIO836 Ekologi Lanjut

Membahas konsep dasar ekologi hewan dan ekologi tumbuhan dan aplikasinya, ekologi manusia-lingkungannya serta aplikasi­nya, hubungan konsep ekologi hewan, tumbuhan, manusia dan lingkungan dengan tatanan sistem alam dan kejadian-kejadian alam di permukaan bumi agar dapat mengatasi permasalahan ekologi yang muncul dalam kehidupan dan perikehidupan di bumi sebagai warga negara yang bertanggungjawab dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 

BIO837 Evolusi Molekuler

Membahas tentang: Sumber ilmu pengetahuan; Deskripsi singkat tentang evolusi, teori evolusi biologi dan pandangan para ahli terhadap evolusi biologi; Perkembangan teori evolusi dari pra Darwin-Darwin dan post Darwin dan analisis terhadap masing-masing teori dengan ilmu pengetahuan modern; Petunjuk dan Bukti Evolusi (fisika, kimia dan biologi); Variablitas, variasi dan dinamika gen dalam populasi terkait dengan evolusi; Spesiasi, model-model spesiasi dan mekanisme evolusi biologi; Evolusi molekuler dan evolusi genom; Makroevolusi; Evolusi dan agama. Selain itu, dapat mengkomunikasikan tentang evolusi biologi secara tepat dari kajian ilmu pengetahuan modern berbasis hasil penelitian terhadap materi yang relevan dari publikasi jurnal internasional disertai dengan rancangan pembelajaran materi evolusi di sekolah maupun perguruan tinggi.

 

PBIO838 Seminar

Menanamkan sikap ilmiah, kemandirian, yang dikembangkan dengan perencanaan program oleh mahasiswa untuk memperdalam suatu topik dalam bidang tertentu dalam rangka penyusunan proposal tesis. Memberikan layanan konsulasi mengenai perencanaan umum yaitu: tujuan, materi, sumber belajar, dan menyediakan forum untuk saling memberi masukan berupa kritik dan saran dalam rangka penyusunan proposal tesis serta menumbuhkembangkan sikap saling menghargai, terbuka, dalam situasi srawung akademik yang terpimpin. Mahasiswa juga berlatih menulis dan mempresentasikan hasil kajian pustaka, permasalahan, dan metode penelitian di bidang pendidik­an biologi yang menjadi minatnya tersebut sampai siap dilaksanakan pengumpulan data di lapangan.

 

BIO839 Publikasi Ilmiah 

Membahas pengantar dasar dalam mempublikasikan hasil penelitian. Topik yang dibahas antara lain nilai-nilai yang diperoleh ketika menulis, hakikat publikasi ilmiah, etika publikasi ilmiah, perancangan kegiatan menulis, penulisan judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, penyajian hasil penelitian (tabel, grafik, foto, dan gambar), pembahasan hasil penelitian, pemberian ucapan terima kasih, penulisan daftar rujukan, pengiriman manuskrip, proses pereviuan dan revisi tulisan (bagaimana berurusan dengan penyunting).

 

BIO870 Pengembangan Disain Pembelajaran Biologi

Menganalisis arah perkembangan kurikulum pendidikan sains/biologi di Indonesia, membahas teori-teori belajar dan pembelajaran yang mendasari pengembangan pendekatan, metode, dan strategi dalam pembelajaran sains/biologi, menganalisis berbagai pendekatan dan model pembelajaran biologi, menganalisis artikel jurnal hasil penelitian tentang pembelajaran biologi sebagai dasar untuk menyusun rancangan pembelajaran biologi, merancang pembelajaran biologi inovatif berbasis kostruktivisme, saintifik, dan potensi daerah/lokal.

 

BIO871 Pengembangan Penilaian Pembelajaran Biologi

Membahas kedudukan asesmen dan evaluasi hasil belajar dalam pendidikan, Prinsip dasar asesmen pembelajaran IPA, Indicator dan tujuan pembelajaran, Mengkonstruksi tes Hasil Belajar, Asesmen alternative, asesmen autentik, dan asesmen kinerja, Penilaian portofolio, Menganalisis Hasil Tes, Menganalisis dan menafsirkan hasil penilaian serta menggunakannya dalam diagnosis kesulitan belajar, pengajaran remedial, dan perbaikan proses pembelajaran; Mengkomunikasikan hasil penilaian

 

BIO872 Pengembangan Bahan Ajar dan Media Biologi

Membahas konsep dasar bahan ajar; jenis-jenis bahan ajar; prinsip-prinsip pengembangan  dan langkah-langkah pengembangan bahan ajar; Pemetaan materi  bahan ajar. Praktik mengembangkan bahan ajar.  Hakikat media Biologi sebagai sumber belajar dan alat penyampai pesan dalam pembelajaran, Fungsi dan manfaat media Biologi, Hubungan media Biologi dengan pengalaman belajar, Hubungan antara tujuan – strategi – media Biologi, Prinsip-prinsip dan prosedur pemilihan media Biologi (metode-metode penelitian pengembangan), macam-macam media pembelajaran serta karakteristiknya masing-masing untuk pembelajaran Biologi¸ merancang dan mengembangkan media Biologi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis kontekstual dan TIK.  Praktik mengembangkan bahan ajar  dan pengembangan media yang sesuai dengan bahan ajar dan menggunakannya pada proses pembelajaran di kelas.

 

BIO873 Problematika Pendidikan  Biologi

Mendeskripsikan tentang prinsip-prinsip pendidikan kesejagatan (UNESCO) dan literasi sains; menganalisis perkembangan kurikulum pendidikan dan pembelajaran sains/biologi dan permasalahan dalam implementasinya; mengidentifikasi tentang permasalahan pendidikan dan pembelajaran sains/biologi untuk menemukan alternatif solusi berdasarkan aspek teoritik, kebijakan, dan perkembangan mutakhir dalam bidang pendidikan; mendeskripsikan pendekatan saintifik dan esensi inkuiri dalam pembelajaran sains/biologi, investigasi inkuiri autentik, perubahan konseptual, modalitas majemuk dalam pemecahan masalah, asesmen berbasis sekolah/kelas; pemanfaatan ICT dalam pembelajaran biologi; mengusulkan tema penelitian berdasrkan hasil kajian tentang problematika dalam pendidikan dan pembelajaran biologi.

 

KPL880 Kuliah dan Praktek Lapangan

Membahas hakikat pendidikan biologi berbasis kompetensi (paradigma, pendekatan dan tujuan pendidikan abad 21), menghubungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan pengembangan perangkat persiapan mengajar untuk pembelajaran biologi berbasis kompetensi, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penggunaan sarana peningkatan keprofesionalan guru biologi (jurnal belajar mengajar, Penelitian Tindakan Kelasdan Lesson Study/LS), merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi praktik pendekatan-pendekatan dan model-model pembelajaran biologi berbasis kompetensi melalui sarana PTK berbasis Lesson Study, pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun publikasi dan laporan hasil PTK Berbasis LS berdasarkan bukti-bukti yang dikumpulkan dalam portofolio.

 

BIO814 Mikroteknik dan Manajemen Laboratorium

Membahas manajemen mutu laboratorium, manajemen sumber daya manusia (sdm) laboratorium, struktur organisasi laboratorium dan deskripsi tugas sdm laboratorium,  manajemen sarana dan prasarana (perencanaan gedung, peralatan, dan bahan habis; penataan; pengadministrasian;  pengamanan, perawatan, dan pengawasan;  dan evaluasi), manajemen penggunaan laboratorium, menyusun standar operasional prosedur laboratorium. Selain itu, juga mempelajari preparasi alat bahan dan pembuatan awetan-awetan sederhana untuk media pembelajaran biologi.

 

BIO815 Manajemen Sekolah

Mengkaji sekolah yang efektif, karakteristik manajemen berbasis sekolah/Madrasah, kepemimpinan kurikulum, mengembangkan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah atau Rencana Kerja Jangka Menengah Sekolah/Madrasah (RKJM Sekolah/Madrasah); Menganalisis sumber dana sekolah serta penggunaannya; Menyusun Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah; Mengidentifikasi peran serta masyarakat dalam pendidikan; Menganalisis peran Dewan Sekolah dan Komite Sekolah;Menyusun proposal kemitraan sekolah; Mendeskripsikan manajemen dan kepemimpinan sekolah.

 

BIO816 Pengajaran Remidi

Memahami filosofi belajar tuntas; Memahami perbedaan kecepatan belajar; Menjelaskan tujuan belajar dalam Kurikulum 2013, keterkaitannya dengan pembelajaran abad 21, serta sistem asesmen dan evaluasinya; Menginterpretasi hasil belajar dan menentukan tindak lanjut; Melakukan diagnosis kesulitan belajar sains; Memahami dasar-dasar pembelajaran remidial; Mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar; Mendeskripsikan strategi; pembelajaran remedial; Merancang layanan bagi siswa cepat belajar; Merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil praktik pembelajaran remedial

 

BIO817 Supervisi Pembelajaran Biologi

Memberikan wawasan tentang fungsi supervisi, pendekatan  supervisi, teknik yang digunakan, serta prinsip dasar dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran biologi secara teoritis dan praktik. Menumbuhkembangkan sikap saling membangun untuk menjadi tenaga pendidik yang professional dengan motivasi dan self control yang tinggi.

 

BIO818 Desain Eksperimen Pendidikan

Membahas penggunaan desain eksperimen dalam bidang pendidikan. Topik-topik yang dibahas meliputi variabel bebas dan variabel terikat, pentingnya pengendalian, perbedaan antara desain eksperimen dan desain ex post facto, desain pra-eksperimental; desain eksperimen sejati, desain eksperimental kuasi, desain ex post facto, desain faktorial, meta analisis,  analisis statistik untuk menganalisis data kuantitatif: mengeksplor dan mengorganisasi set data, memilih statistik yang tepat, statistik deskriptif, statistik inferensial, menggunakan software paket statistik, menginterpretasi data, menyusun usulan dan laporan penelitian eksperimen.

 

BIO819 Penelitian Tindakan dalam Pendidikan

Membahas penggunaan penelitian tindakan dalam bidang pendidikan. Topik-topik yang dibahas meliputi hakikat penelitian tindakan, kapan dan bagaimana mengembangkannya, jenis-jenis penelitian tindakan, karakteristik kunci penelitian tindakan, isu-isu etika dalam penelitian tindakan, tahapan penelitian tindakan, bagaimana mengevaluasi penelitian tindakan.

 

BIO820 Biosistematika

Mengkaji pemahaman tentang taksonomi dan klasifikasi, taksa dan hubungan kekerabatan,evolusidan biosistematik. Konsep spesies,spesies dan spesiasi,spesies dan biogeografi.pola-pola persebaran hewan di wilayah geografi Indonesia dan mekanisme spesiasi Tahapan penelitian Biosistematik. Membahas mengenai  taksonomi fenetik atau numerik, dan taksonomi kladistik. Sumber bukti Biosistematik. Mengkaji perkembangan pendekatan molekuler  dalam sistematik molekuler. Menganalisis peran biosistematik dalam pemanfaatan dan pengelolaan plasma nutfah, bahan obat, tumbuhan, hewan berbasis kearifan lokal melalui kajian artikel ilmiah.

 

BIO821 Teknik Analisis Biologi Molekuler

Membahas mind & mental setting; teknik-teknik molekular dasar; anatomi gen; ekspresi dan regulasi gen; manipulasi gen; molecular cloning; DNA Rekombinan. Teknik molecular: sterilisasi, micro pipetting, microtransfer, micro centrifuging, temperature handling, temperature-sensitive reagents handling, harmful reagent handling; Isolasi DNA total, enzymatic DNA digest, elektroforesis, DNA rekombinan, transformasi bakteri, identifikasi molekular, PCR, sekuensing DNA, Isolasi total RNA. Melakukan prosedur teknis: (i) DNA (prinsip ekstraksi, isolasi dan purifikasi DNA, enzim-enzim dan reagen yang diperlukan dalam ekstraksi, isolasi dan purifikasi DNA, PCR (prinsip dasar, kegunaan, analisis berbasis PCR (RAPD, SSR, AFLP, ARDRA, ISR), elektroforesis, sekuensing (prinsip dasar, teknik skuensing (Maxam Gilbert, Sanger Coulson), Penanda DNA dan DNA barcode (RFLP, minisatelite, microsatellite, RAPD, prosedur lain untuk deteksi variasi sekuen DNA; (ii) protein (prinsip dasar isolasi, purifikasi dan karakterisasi, elektroforesis PAGE. Juga dibahas tentang pengenalan kloning gen (mRNA (sintesis cDNA, kloning cDNA dalam plasmid, kloning cDNA dalam bacteriophage), genomik DNA (Genomic Bank, preparasi dari fragmen DNA, ligasi dan perbanyakan gen dari gen bank), strategi lanjut dari cloning (sintesis dan cloning dari cDNA, ekspresi hasil cloning DNA, cloning dari fragmen DNA yang benar = YAC Vector). Selain itu juga dilakukan analisis data DNA dan protein dengan software off line dan online dengan pendekatan bioinformatika: Analisis Genetik untuk analisis mutasi, identifikasi, biosistematik, dan filogenetik & konservasi.

 

MTES 891 Seminar Usulan Tesis

Memfasilitasi mahasiswa untuk mempresentasikan desain operasional penelitian tesis yang diminati untuk memperoleh masukan dari teman sejawat, pembimbing, dan penguji sebelum dilaksanakan penelitian. Masukan disampaikan secara lisan dan tertulis dari segi tatatulis, materi, dan metodologi.

 

MTES 890 Tesis

Membuat usulan tema penelitian yang disertai rasional/latar belakang yang didasarkan pada hasil kajian artikel jurnal yang relevan dan memadai, menulis proposal penelitian yang dilengkapi dengan instrumen penelitian yang diperlukan, menyeminarkan proposal penelitian (desain operasional penelitian), melakukan penelitian dengan pantaun dosen pembimbing, melakukan analisis data, dan penulisan draf tesis, mempertahankan tesis dalam forum ujian tesis, dan melakukan revisi sesuai masukan dewan penguji.

 

PRAPASCA

PRABIO 800 Pengetahuan Lab

Membahas ketrampilan dasar labora­torium mahasiswa mulai dari lab ekologi, fisiologi, anatomi, perkembang­an, mikrobiologi, genetika dan laboratorium molekular untuk dapat melakukan perkulihan dengan baik dan lancar.

 

PRABIO 401 Penulisan Karya Ilmiah

Membahastentang penulisankarya ilmiah, cara-cara menyusun karya ilmiah, berlatih melakukannya refleksi diri melalui penulisan jurnal belajar, serta berlatih mencari dan memanfaatkan sumber/informasi untuk menyusun suatu karya ilmiah.

 

PRABIO402 Statistik Deskriptif

Membahastentang berbagai macam statistik deskriptif, seperti sebaran data, pengelompokkan data, ukuran tendensi sentral (seperti mean, modus, media, dan rata-rata ukur) serta simpangan (termasuk standar deviasi) maupun presensi grafis. Perkuliahan ini juga dikelola dalam penugasan-penugasan, serta presentasi dan diskusi.