S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia terdiri atas: (1) Matakuliah Umum: 4 sks; (2) Matakuliah Dasar Keahlian: 4 sks; (3) Matakuliah Keahlian: 24 sks; (4) Matakuliah Perilaku Berkarya: 6 sks.

 

Tabel 1. Struktur Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia S2

No

Sandi

Matakuliah

sks

Js

Semester

1

2

3

4

I

MATAKULIAH UMUM (MKU)

 

 

 

 

 

 

1

MPKS 801

Landasan Pendidikan

2

2

2

 

 

 

2

MPKS 802

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

2

 2

 

 

 

3.

MPKS 803

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

2

2

2

   

4.

MPKS 804

Metodologi Penelitian Pengembangan*)

2

2

 

2

   

5.

MPKS 805

Metodologi Penelitian Tindakan *)

2

2

 

2

   

6.

MPKS806

Statistika Inferensial*)

     

2

   

 

TOTAL MKU

6

6

6

2

0

0

II

MATAKULIAH KEAHLIAN (MKK)

 

 

 

 

 

 

7.

PIND801

Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

2

2

 

2

   

8.

PIND802

Linguistik Terapan

2

2

2

 

 

 

9.

PIND803

Pragmatik

2

2

 

2

 

 

10.

PIND804

Sosiolinguistik Lanjut

2

2

2

 

 

 

11.

PIND805

Psikolinguistik Lanjut

2

2

2

 

 

 

12,

PIND806

Isu Mutakhir Sastra Indonesia

2

2

2

 

 

 

13.

PIND807

Pengembangan Bahan Ajar

2

3

2

 

 

 

14.

PIND808

Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra

2

3

 

2

 

 

15.

PIND809

Asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

2

3

 

2

 

 

16.

PIND810

Penulisan Artikel Ilmiah

       

2

 

17.

PIND811

Pengembangan Media Pembelajaran *)

2

3

 

2

 

 

18.

PIND812

Studi Wacana *)

2

2

 

2

 

 

19.

PIND813

Sastra untuk Pendidikan*)

2

2

 

 

 

20.

PIND814

Krtik Sastra Mutakhir*)

2

2

 

2

   

 

TOTAL MKK

20

 

10

10

2

0

III

MATAKULIAH PENGALAMAN LAPANGAN

 

 

 

 

 

 

21.

MKPL880

PPL

4

 

 

4

 

IV

MATA KULIAH KELOMPOK TESIS

 

 

 

 

 

 

22.

MTES890

Seminar Proposal Tesis

2

 

 

2

 

23.

MTES891

Tesis**)

6

 

 

 

 6

 

TOTAL MPB

8

 

0

0

2

6

 

JUMLAH  SKS

40

 

14

12

8

6

Keterangan:
*)    
Minimal menempuh satu matakuliah
**) Mahasiswa dapat menempuh ujiah tesis jika sudah melakukan seminar proposal tesis

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

MPK801 Metodologi Penelitian Kuantitatif (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang  prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas antara lain: pemilihan dan perumusan masalah, kajian kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian dengan desian penelitian kuantitatif.

 

MPK802 Metodologi Penelitian Kualitatif (2 sks/2js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan. Beberapa topik yang dibahas antara lain: landasan teoritik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian dengan desian kualitatif.

 

MPK803 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal, yang meliputi antara lain pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pebelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran juga dibahas.

 

PIND801 Problematika Pendidikan Bidang Studi (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang pendidikan yang luas, baik situasi “normal” maupun situasi problematis dengan membahas masalah umum pendidikan dan masalah khusus pengajaran. Kuliah tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematis teoretis dan praktik lapangan (di sekolah). Pokok-pokok masalah yang dikaji meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecenderungan pendidikan bahasa Indonesia dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah dan berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.

 

PIND802 Linguistik Terapan (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang pemanfaatan data-data bahasa untuk kepentingan pendidikan/pembelajaran. Pokok-pokok materi yang dibahas dalam perkulihan mencakup (1) hubungan antara kajian linguistik dengan pembelajaran bahasa; (2) data bahasa, data pemerolehan bahasa, dan data penelitian bahasa pembelajaran di kelas; (3) memnafaatkan data untuk mernacang pembelajaran pengetahuan bahasa, (4) memanfaatkan data untuk mernacang pembelajaran ketarampilan berbahasa reseptif, (5) memanfaatkan data untuk merancang pemebelajaran keterampilan berbahasa produktif.

 

PIND 803 Pragmatik (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang kajian di bidang pragmatik. Pokok-pokok materi yang dikajimencakup: (1) pragma­tik sebagai ilmu dan penggunaan bahasa, (2) karakteristik kinerja pragmatik, (3) situasi tutur, peristiwa tutur, dan tidak tutur, (4) prinsip-prinsip kerja sama, (5) implikatur , inferensi, dan praanggapan, (6) kesantunan berbahasa dan retorika.

 

PIND804 Sosiolinguistik Lanjut (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang landasan-landasan keterkaitan antara bahasa yang digunakan di dalam masyarakat dengan variabel-variabel sosial yang ikut membentuk bahasa itu, di mana aspek kekuasaan tidak dapat dilepaskan peran sertanya. Bahasa dapat berfungsi sebagai sumber integrasi masyarakat, sebaliknya bahasa juga dapat menjadi sumber disintegrasi masyarakat. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) peran bahasa dalam masyarakat, (2) bahasa, pikiran, dan representasi, (3) bahasa dan politik, (4) bahasa dan media massa, (5) bahasa dan jender, (6) bahasa dan etnisitas, (7) bahasa dan usia, (8) bahasa dan kelas sosial, (9) bahasa dan identitas, (10) sikap terhadap bahasa, (11) perdebatan tentang baku dan tidak baku dalam bahasa Indonesia, (12) persoalan kebahasaan sebagai persoalan-persoalan sosial.

 

PIND805 Psikolinguistik Lanjut (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang proses mental dalam pemahaman, penggunaan, dan pemerolehan bahasa. Satuan-satuan bentuk bahasa dikaji realitas psikologisnya, pemerolehan, dan penggunaannya dikaitkan dengan strategi dalam persepsi dan realisasi makna. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) persepsi dan ekspresi kebahasaan, (2) peranan ingatan dalam berbahasa, (3) pemerolehan bahasa, (4) bahasa dan pikiran, (5) strategi belajar dan strategi komunikasi, dan (6) patologi bahasa.

 

PIND806  Isu Mutakhir Sastra Indonesia (2 sks/2 js)  

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang isu-isu mutakhir yang berkembang dalam kajian sastra Indonesia baik sebagai kajian teori, apresiasi, dan kritik. Pokok-pokok materi yang meliputi: (1) struk­turalisme, (2) formalisme, (3) dekonstruksi, (4) postmodernisme me, (5) feminis, (6) kearifan lokal, (7) alih wahana, dan (7) politik dan kebijakan yang kebudayaan/sastra.

 

PIND807  Pengembangan Bahan Ajar BSI (2 sks/2js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang landasan teori pengembangan bahan ajar dan implementasinya sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Pokok-pokok materi meliputi (1) konsep dasar bahan ajar dan sumber bahan ajar, (2) fungsi dan ruang lingkup bahan ajar, (3) jenis dan kriteria pemilihan sumber dan bahan ajar (4) teknik dan prosedur pengembangan sumber dan bahan, (5) kebijakan pemerintah dalam penyusunan bahan ajar, (6) praktik penyusunan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia.

 

PIND808 Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/2js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang landasan teori dan implemenetasi pengembangan model pembelajaran sesuai dengan kebijakan dan konteks peserta didik. Pokok-pokok materi yang dibahas mencakup (1) konsep dasar dan fungsi model pembelajaran, (2) paradigma dan  pendekatan, (3) jenis metode  serta strategi pembelajaran, (4) prosedur inovasi model-model  pembelajaran, (5) kebijakan pemerintah dalam pengembangan prosedur pembelajaran, (6) praktik pengembangan model pembelajaran inovatif.

 

PIND809 Asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (2 sks/2js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang pengetahuan mengenai asesmen dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia serta kemampu­an menggunakan berbagai bentuk asesmen bahasa. Pokok bahasan meliputi: (1) prinsip-prinsip asesmen pembelajaran, (2) pendekatan dan dasar pengembangan dan penggunaan alat asesmen bahasa dalam berbagai bentuknya, (3) telaah terhadap ciri-ciri alat asesmen yang baik, serta penafsiran dan penetapan hasilnya. Diskusi dan presentasi merupakan kegiatan utama perkuliahan, disusul dengan proyek akhir semester yang berupa laporan analisis pelaksanaan nyata suatu bentuk asesmen bahasa.

 

PIND810 Penulisan Artikel Ilmiah (2 sks/2js)

Mata kuliah ini mengembangkan pengalaman meningkatkan kemahiran dalam memproduksi artikel ilmiah. Pokok-pokok materi dalam perkuliahan ini mencakup (1) hasil-hasil penelurusan artikel jurnal ilmiah bidang bahasa dan sastra; (2) alamat-alamat jurnal ilmiah baik konvensional maupun on-line taraf nasional terakrediatasi dan internasional terindeks scppus; dan gaya selingkung, (3) penulisan artikel ilmiah 1 dan bukti submitted  dan atau accepted dari redaksi, (4)  penulisan artikel ilmiah 1 dan bukti submitted  dan atau accepted dari redaksi. Judul artikel relevan dengan judul tesis dan atau rumusan masalah/fokus penelitian dalam tesis.

 

PIND811 Pengembangan Media pembelajaran (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang landasan teori dan implementasi pengembangan media  pembelajaran sesuai dengan kebijakan dan konteks peserta didik. Pokok-pokok materi yang dibahas mencakup (1) konsep dasar dan fungsi media pembelajaran, (2) jenis dan karakteristik media, (3)  prinsip dan prosedur pengembangan media pembelajaran, (4) kebijakan pemerintah dalam pengembangan media pembelajaran, (5) kajian artikel jurnal dan penelitian tentang media pembelajaran, (6)desain dan praktik pengembangan media pembelajaran inovatif.

 

PIND812 Studi Wacana (2 sks/2js)

 

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang dasar-dasar pemahaman terhadap wacana yang sudah diterima pada program S1, khususnya wacana bahasa Indonesia. Wacana tidak semata-mata dipahami sebagai unsur kebahasaan di atas klausa atau kalimat. Akan tetapi, lebih dari itu wacana juga dipahami sebagai “penggunaan bahasa tertentu” sebagai oposisi dari bahasa, juga dipahami sebagai “cara pandang”, “perspektif”, atau “ideologi” dari institusi dan kelompok sosial tertentu. Pokok-pokok materi  yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) pengertian wacana dari pelbagai perspektif, (2) perspektif deskriptif dan kritis dalam studi wacana, (3) teori feminis dan teori wacana, (4) teori kolonial dan poskolonial dan teori wacana, (5) analisis wacana, linguistik kritis, dan psikologi sosial, dan (6) wacana institusi.

 

PIND813 Sastra untuk Pendidikan (2 sks/2 js)

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang visi, misi, tujuan, dan peran  sastra dalam konteks pendidikan. Pokok-pokok materi yang terangkum dalam mata kuliah ini meliputi (1) landasan filosofis dan empiris pendidikan/pembelajaran sastra, (2) kajian artikel jurnal dan penelitian yang relevan dengan pendidikan/pembelajaran sastra, (3) fungsi sastra dalam pendidikan/ pembelajaran, (4) ruang lingkup pengembangan kompetensi peserta didik dalam pendidikan/ pembelajaran sastra, (5) menyusun desain sosialisasi/desemnasi sastra untuk pendidikan, (6) melaksanakan sosialiasasi/deseminasi sastra untuk pendidikan.

 

PIND814 Kritik Sastra Mutakhir (2 sks/2 js)  

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang teori dan karya kritik mutakhir. Pokok-pokok materi  meliputi (1) konsep dasar dan fungsi kritik sastra, (2) pendekatan mutakhir kritik sastra, (3) telaah artikel jurnal dan hasil penelitian kritik sastra mutakhir, (4) kritik untuk pembinaan dan pengembangan sastra, (2) kritik untuk pengembangan kebudayaan dan seni, (7) kritik untuk pengembangan ilmu sastra.

 

 

MKPL880 Praktik Pengalaman Lapangan (2 sks/4 js)  

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan mengembangkan pengalaman mengajar secara profesional. Matakuliah ini menghubungkan antara teori dengan praktik pendidikan/pembelajaran melalui pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksana­kan, mengevaluasi program-program pendidikan dalam pelbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan dan/atau kelompok.

 

MTES890 Seminar Usulan Tesis   

Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa merancang penelitingan  ilmiah secara perseorangan di bawah bimbingan minimal dua orang pembimbing, Mata kuliah ini merupakan landasan dasar untuk menempuh matakuliah tesis. Dalam pelaksanaan mata kuliah ini mahasiswa akan melaksanakan kegiatan (1) mengonsultasikan judul tesis dengan pembimbing, (2) menyajikan hasil konsultasi dengan pembimbing secara bertahap dalam kegiatan perkuliahan, dan (3) menjadwalkan dan menyajikan hasil penulisan prosposal di hadapan dosen pengampu matakuliah dan dosen pembimbing (seminar usulan proposal tesis).

 

MTES891 Penyusunan Tesis (6 sks)  

Mata kuliah ini memberikan pengalaman secara perseorang kepada mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah melalui kegiatan penelitian di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk laporan hasil suatu penelitian maupun laporan hasil penelitian yang dilengkapi dengan hasil suatu kegiatan proyek dalam bentuk  produk tertentu dalam bidang pendidikan dan pembelajaran misalnya, kurikulum, bahan pengajaran, metode, media, instrumen evaluasi; dengan nilai kepatutan penelitaian jenjang S-2.