S2 Manajemen

STRUKTUR KURIKULUM S2 MANAJEMEN

 

No.

Sandi dan Nama Matakuliah

Sks/Js

Semester

1

2

3

4

A.

Mata Kuliah Wajib Umum 6 sks

 

 

 

 

 

1.

MKPS 800 Filsafat Ilmu

2/2

X

 

 

 

2.

MKPS 803 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2/2

X

 

 

 

3.

MKPS 804 Metodologi Penelitian Kualitatif*)

2/2

 

X

 

 

4.

MKPS 806 Statistik Inferensial*)

2/2

 

X

 

 

 

Jumlah

6

 

 

 

 

B.

Mata Kuliah Wajib : 22 sks

 

 

 

 

 

1.

MKWP 810 Manajemen Pemasaran Lanjut

3/3

X

 

 

 

2.

MKWP 811 Manajemen Keuangan Lanjut

3/3

X

 

 

 

3.

MKWP 812 Manajemen Sumberdaya Manusia Lanjut

3/3

X

 

 

 

4.

MKWP 813 Manajemen Stratejik Lanjut

3/3

X

 

 

 

5.

MKWP 814 Pengembangan Wawasan Manajerial

2/2

 

 

X

 

6.

MTES 890 Seminar Usulan Tesis

2/2

 

 

X

 

7.

MTES 891 Tesis

6/6

 

 

 

X

 

Jumlah

22

 

 

 

 

C.

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi 12 sks

 

 

 

 

 

A

Konsentrasi Kewirausahaan (Entrepreneurship)

 

 

 

 

 

1.

MKPE 820 Manajemen Bisnis Kecil dan Menengah

3/3

 

X

 

 

2.

MKPE 821 Kewirausahaan dan Inovasi

3/3

 

X

 

 

3.

MKPE 822 Studi Kelayakan Bisnis

3/3

 

X

 

 

4.

MKPE 823 Informasi Teknologi dan Komunikasi Bisnis *)

3/3

 

X

 

 

5.

MKPE 824 Etika Bisnis dan CSR*)

3/3

 

X

 

 

 

Jumlah

12

 

 

 

 

B

Konsentrasi Manajemen Bisnis Internasional

 

 

 

 

 

1.

MKPI 820 Manajemen Bisnis Internasional

3/3

 

X

 

 

2.

MKPI 821 Manajemen Pemasaran Internasional

3/3

 

X

 

 

3.

MKPI 822 Manajemen Keuangan Internasional

3/3

 

X

 

 

4.

MKPI 823Manajemen SDM Internasional*)

3/3

 

X

 

 

5.

MKPI 824 Hukum Bisnis Internasional*)

3/3

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.

Konsentrasi Manajemen Bisnis Perbankan

 

 

 

 

 

1.

MKPP 820 Manajemen Bisnis Perbankan

3/3

 

X

 

 

2.

MKPP 821 Manajemen Keuangan Bank

3/3

 

X

 

 

3.

MKPP 822 Analisis Kredit

3/3

 

X

 

 

4.

MKPP 823 Operasi dan Proses Manajemen Perbankan*)

3/3

 

X

 

 

5.

MKPP 824 Manajemen Resiko dan Asuransi*)

3/3

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.

Konsentrasi Manajemen Keuangan

3/3

 

 

 

 

1.

MKPK 820 Manajemen Keuangan Internasional

3/3

 

X

 

 

2.

MKPK 821 Analisis Laporan Keuangan

3/3

 

X

 

 

3.

MKPK 822 Analisis Pasar Modal dan Investasi

3/3

 

X

 

 

4.

MKPK 823 Manajemen Portofolio *)

3/3

 

X

 

 

5.

MKPK 824 Manajemen Resiko dan Asuransi*)

3/3

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E.

Konsentrasi Manajemen Pemasaran (Marketing)

 

 

 

 

 

1

MKPM 820 Manajemen Pemasaran Internasional

3/3

 

X

 

 

2

MKPM 821 Analisis Perilaku Konsumen

3/3

 

X

 

 

3

MKPM 822 Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

3/3

 

X

 

 

4

MKPM 823 Pemasaran Strategik*)

3/3

 

X

 

 

5.

MKPE 824 Etika Bisnis dan CSR*)

3/3

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

F.

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

 

 

 

 

 

1

MKPS 820 Manajemen SDM Internasional

3/3

 

X

 

 

2

MKPS 821 Perilaku Organisasional

3/3

 

X

 

 

3

MKPS 822 Evaluasi Kinerja dan Pengembangan SDM

3/3

 

X

 

 

4

MKPS 823 Kepemimpinan Stratejik*)

3/3

 

X

 

 

5

MKPS 824 Kompensasi dan Jaminan Hari Tua*)

3/3

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total sks

40

16

14

4

6

Catatan:

  • Mata kuliah konsentrasi dibuka bila memenuhi batas minimal peserta.
  • Sebelum mengikuti perkuliahan mahasiswa wajib mengikuti kegiatan Pra Pasca selama 48 jam.
    *) Bisa dipilih salah satu

 

Mata Kuliah Prapasca

No.

Matakuliah

1.

Dasar-dasar Statistika Bisnis

2.

Penulisan Karya Ilmiah

3.

Pengantar Bisnis

4.

Bahasa Inggris Bisnis

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

MKU500 Filsafat Ilmu (2 sks/3 js)

Ilmu pengetahuan dan Ilmu (sain) sebagai pengetahuan ilmiah yang dipandu secara normatif (dari Tuhan). Pencarian atau penguasaan ilmu (the quest for knowledge). Manusia yang berkemampuan untuk mengetahui, bernalar, dan hasil penalaran. Sejarah perkembangan filsafat dan ilmu. Dunia rasio dan rasa, ikhtiar versus takdir. Sains empirik, anato­mi sains, penalaran deduktif dan induktif, hubungan antara filsafat, ilmu dan metodologi penelitian. Persamaan dan perbedaan antara ilmu alamiah dengan ilmu-ilmu sosial-kemanusiaan.

 

MKU501 Metode Penelitian Kuantitatif (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kuantitatif; Jenis-jenis penelitian kuantitatif; Prosedur penelitian kuantitatif; Sistematika proposal penelitian kuantitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Variabel dan pengukurannya; Perumusan Hipotesis; Kajian teori dan empiris; analisis jurnal penelitian kuantitatif; Rancangan penelitian; Populasi & sampel; Instrumen; Teknik analisis data kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif.

 

MKU502 Metode Penelitian Kualitatif (2 sks/2 js)

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kualitatif; Jenis-jenis penelitian kualitatif; Prosedur penelitian kualitatif; Sistematika proposal penelitian kualitatif; Identifi­kasi masalah dan menentukan topik penelitian; Kajian teori dan empiris; Kehadiran/keterlibatan peneliti; Sumber data; Prosedur pengumpulan data; Triangulasi data; Pengecekan keabsahan temuan; Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kualitatif.

 

MKDK500 Ilmu Manajemen Lanjut (3 sks/3 js)

Perkuliahan ini mengkaji: konsep dasar manajemen, perkembang­an teori manajemen, fungsi-fungsi manajemen, lingkungan manajemen, serta gambaran realistik keterlibatan kerja para manajer dalam mengelola organisasi sesuai dengan kajian seni manajemen ilmiah, aplikasi keteram­pilan dalam berbagai proses manajemen, serta pelaksanaan berbagai peran dalam proses manajemen. Diharapkan mahasiswa memiliki gambaran realistik keterlibatan kerja para manajer serta bagaimana dalam mengelola organisasi sesuai dengan kajian seni manajemen ilmiah, aplikasi keterampilan manajemen, serta pelaksanaan berbagai peran.

 

MKDK501 Manajemen Pemasaran Lanjut (3 sks/3 js)

Pengertian pemasaran, strategi pemasaran yang mencakup STP, perencanaan produk, penentuan harga, penentuan distribusi dan komuni­kasi pemasaran. Penelitian pasar, organisasi dan manajemen penjualan. Implementasi dan evaluasi program pemasaran.

 

MKDK502 Manajemen Keuangan Lanjut (3 sks/3 js)

Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan strategik, baik operasional maupun manajerial dalam bidang keuangan. Totik-topik yang dibahas mencakup: kerangka dasar manajemen keuangan, aspek-aspek yang relevan dengan anggaran modal,analisis dan interpretasi laporan keuangan, manajemen modal kerja, struktur modal, leasing dan kebijakan deviden.

 

MKDK503Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjut (3 sks/3 js)

Mengkaji berbagai teori serta praktek administrasi personalia, terutama dengan menggunakan pendekatan diagnosis kondisi internal dan eksternal perusahaan untuk mencapai sasaran SDM yang unggul. Topik pembahasan mencakup: masalah rekruitmen dan mempertahankan SDM, sistem insentif dan perencanaan serta pengembangan SDM.

 

MKDK504 Manajemen Stratejik Lanjut (3 sks/3 js)

Konsep dunia usaha dan perusahaan dalam lingkungan yang kompleks dan dinamis yang menjadi pedoman bagi manajemen dalam mengelola perusahaan. Kedudukan pasar produk, arah pertumbuhan dan perubahan yang hendak dicapai, alat-alat persaingan yang unggul, cara memasuki pasar baru, memanfaatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mencari peluang yang masih terbuka, serta menghindarkan kelemahan untuk mengatasi ancaman dalam persingan

 

MBK510 Manajemen Bisnis Kecil dan Menengah (3 sks/3 js)

Mengkaji dinamika peran bisnis kecil, peluang dan tantangan dalam bisnis kecil, bentuk-bentuk hokum kepemilikan bisnis kecil, bagaimana caranya menjadi pemilik bisnis kecil, peran perencanaan dan pengorganisasian bisnis kecil, sumber finansial bisnis kecil, pengembang­an strategi pemasaran untuk bisnis kecil, pengelolaan sumberdaya manusia pada bisnis kecil, memelihara kerelasian dengan karyawan dan perwakilannya, mengoperasikan bisnis kecil

 

MBK511 Kewirausahaan (3 sks/3 js)

Konsep dan karakteristik wirausaha, sikap dan wawasan wira­usaha, jenis-jenis wirausaha, wirausaha Indonesia dan lapangan pekerja­an, ketrampilan membaca peluang bisnis, memecahkan masalah-masalah kewirausahaan, merencanakan dan mengkaji kelayakan usaha, menentu­kan lokasi usaha, mengembangkan perencanaan bisnis, mengantisipasi resiko, praktik kewirausahaan, analisis hasil praktik kewirausahaan.

 

MBK512 Studi Kelayakan Bisnis (3 sks/3 js)

Studi Kelayakan Bisnis memberikan gambaran pada mahasiswa tentang bagaimana cara melakukan kegiatan analisis dan evaluasi serta penilaian atas keputusan investasi. Pemahaman terhadap teknik analisis dan evaluasi akan sangat penting bagi mahasiswa agar dapat mengetahui cara-cara yang digunakan dalam menilai, memilih dan menetapkan keputusan-keputusan investasi yang menguntungkan bagi manajemen perusahaan. Selain daripada itu dengan melakukan Studi Kelayakan Bisnis, mahasiswa akan dapat mengenali dan memahami persoalan-persoalan yang dihadapi oleh perusahaan dalam melakukan evaluasi dan penilaian atas suatu keputusan investasi serta tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam melakukan Studi Kelayakan Bisnis.

 

MBI510 Manajemen Bisnis Internasional (3 sks/3 js)

Pembahasan tentang manajemen bisnis global, pengawasan kepemilikan, manajemen sumberdaya manusia dalam organisasi global, penekatan lebih dalam dari analisis sosial budaya, politik dan masalah-masalah non ekonomi lainnya. Kebijakan dan prosedur operasional dari perusahaan global.

 

MBI511 Manajemen Keuangan Internasional (3 sks/3 js)

Memperkenalkan perangkat analisis dalam rangka pemahaman investasi global serta kerja sistem manajemen keuangan global. Topik-topik yang dikaji mencakup: hubungan antara invastasi dengan sistem keuangan global. Mekanisme dan operasi pasar valuta asing, perangkat analisis perubahan kurs, currency exposure serta dampaknya pada dunia usaha terutama bagi perusahaan multinasional. Metode untuk mengurangi resiko dan konsep

 

MBI512 Manajemen Pemasaran Internasioanal (3 sks/3 js)

Penerapan prinsip-prinsip dan teknik-teknik dalam lingkungan global. Pembahasan lebih mendalam mencakup: analisis lingkungan global, pendekatan manajerial pada pemasaran global seperti: kebijakan produk, harga, distribusi, promosi pada pasar global dengan mempertim­bangkan perbedaan sosial budaya lintas bangsa.

 

MBP510 Manajemen Bisnis Perbankan (3 sks/3 js)

Mengkaji manajemen jasa keuangan dan perbankan, dampak kebijakan pemerintah dan peraturan di bidang perbankan, Organisasi dan struktur perbankan dan industry jasa keuangan, laporan keuangan dan pesaing terdektanya, pengukuran dan evaluasi kinerja bank dan pesaing terdekatnya, Teknik manajemen asset dan liability, manajemen risiko kredit dan tingkat bunga, fungsi investasi pada perbankan dan manajemen jasa keuangan, manajemen cadangan dan likuiditas, manajemen berbagai sumberdaya dana, kebijakan dan prosedur pemberian kredit bisnis, kebijakan dan prosedur pemberian kredit konsumen dan kartu kredit, penentuan tingkat bunga pinjaman, manajemen outlet jasa, kantor cabang dan fasilitas elektronik, manajemen pemasaran produk jasa perbankan, manajemen kerelasian pelanggan.

 

MBP511 Manajemen Keuangan Bank (3 sks/3 js)

Mengkaji fungsi dan tujuan manajemen keuangan, alat-alat anali­sis keuangan, pengelolaan modal kerja, keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen, pendanaan jangka menengah dan jangka panjang, beberapa topik-topik khusus seperti merger dan akuisisi restrukturisasi, reorganisasi, likuidasi dan keuangan internasional sehingga mahasiswa memiliki kompetensi pengetahuan konsep-konsep manajemen keuangan bank.

 

MBP512 Analisis Kredit (3 sks/3 js)

Mengkaji konsep dan struktur laporan keuangan, konsep dasar analisis laporan keuangan teknik-teknik dasar analisis laporan keuangan analisis dan interprestasi aspek-aspek kinerja keuangan perusahaan (likuiditas, profitabilitas dan solfabilitas), analisis keungan menyeluruh, dan penerapan analisis keuangan pada industri tertentu, sehingga mahasiswa mampu melakukan pendekatan analisis yang realistik dan terorganisasi terhadap laporan keuangan perusahaan melalui pembahasan aspek-aspek teoritis dan asspek-aspek praktis analisis laporan keuangan

 

MBJ510 Manajemen Bisnis Jasa (3 sks/3 js)

Memberikan pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan dalam menganalisis lingkungan pemasaran, merencanakan, mengimplementasi­kan dan mengelola bisnis di bidang jasa untuk menghasilkan keunggulan bersaing. Dengan mengkaji: pemahaman manajemen pemasaran jasa terpadu, sistem pemasaran jasa, perilaku pelanggan jasa, segitiga pema­saran jasa, bauran pemasaran jasa. Perancangan produk jasa, kebijasanaan penentuan harga produk jasa, dan strategi komunikasi pemasaran produk jasa. Strategi meningkatkan kepuasan dan kualitas jasa serta pengukuran kualitas jasa.

 

MBJ511 Manajemen Operasional Jasa (3 sks/3 js)

Memperkenalkan konsep-konsep, metode, dan teknik yang mele­kat pada proses perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dalam sistem operasi produksi produk jasa. Topik-topik yang dibahas juga menyangkut pengembangan dan dan proses jasa serta manajemen kualitas jasa dan sistem informasinya. model antrian pada perusahaan jasa, teknik menentukan lokasi fasilitas produksi, merancang dan mengelola tenaga kerja, meramalkan (forecasting) permintaan barang dan jasa, merencanakan kapasitas produksi, manajemen persediaan, KKL kecil ke perusahaan industri jasa, sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan menyangkut konsep manajemen operasional jasa.

 

MBJ512 Manajemen Pemasaran Jasa (3 sks/3 js)

Pengertian pemasaran jasa; kecenderungan persaingan; perilaku konsumen pada pemasaran jasa; harapan konsumen terhadap jasa; persepsi konsumen terhadap jasa; memahami harapan konsumen melalui riset pemasaran; membangun hubungan konsumen melalui strategi segmentasi dan penyimpangan; standar jasa yang didefinisikan konsu­men, rancangan dan melalui perantara; peran konsumen dalam penyam­paian jasa; pengelolaan permintaan dan kapasitas; pemasaran jasa internasional; peran komunikasi pemasaran jasa; penentuan harga jasa.

 

MKP500 Analisis Pasar Modal dan Investasi (3 sks/3 js)

Mengkaji sistem keuangan (financial system); pasar keuangan baik pasar modal (Capital Market) yang meliputi ekuitas (Equity Instrument), hutang (Debt Instrument), maupun Pasar Uang (Money Market) yang meliputi Pelaku dan Sistem/Mekanisme Pasar Uang, Instrumen Keuangan (Financial Instrument), sehingga mahasiswa mampu menganalisis berbagai model kemungkinan investasi pada instrumen tersebut. Mengkaji konsep-konsep dasar manajemen investasi, teori portofolio yang menjelaskan bagaimana karakteristik portofolio ditentukan oleh karakteristik sekuritas yang membentuknya pemilihan sekuritas; model-model keseimbangan di pasar modal yang membahas bagaimana harga dan tingkat keuntungan aktiva (sekuritas) ditentukan oleh pasar yang berada dalam keadaaan seimbang; menganalisis sekuritas yang kuncinya; harga sekuritas di masa datang dan penilaian kinerja portofolio, sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana melakukan investasi pada sekuritas sesuai dengan kaidah-kaidah inves­tasi.

 

MKP501 Sistem Informasi Manajemen (3 sks/3 js)

Memberikan, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam proses analisis sistem, perencanaan dan implementasi sistem informasi manajemen (SIM) sebagai subsistem perencanaan dan pengen­dalian organisasional. Topik-topik yang dibahas mencakup: konsep sistem, kerangka dasar SIM, berbagai subsistem perkantoran, sistem pendukung keputusan, pengolahan data elektronik, dan penguasaan beberapa program aplikasi.

 

MKP502 Manajemen SDM Internasional (3 sks/3 js)

Pengertian SDM Internasional dan dimensinya; Ekspatriasi dan sumber rekruitman; Kompetensi dalam tugas internasional; Seleksi; Penilaian kinerja; Pelatihan dan pengembangan; Kompensasi; Pengem­bangan karir; Hubungan industrial; Implikasi budaya dalam MSDM Internasional; Koordinasi dalam MSDM Internasional; Repatriasi; Pende­katan MSDM di beberapa negara; MSDM Internasional di masa menda­tang.

 

MKP503 Manajemen Risiko dan Asuransi (3 sks/3 js)

Mengkaji konsep-konsep dasar manajemen risiko, assesment terhadap risiko, metode-metode penanganan risiko, dan asuransi, sehing­ga mahasiswa memiliki pengetahuan menyangkut risiko-risiko yang ditanggung oleh perusahaan bisnis dan bagaimana perusahaan bisnis dapat mengelola risiko-risiko tersebut melalui berbagai macam metode.

 

KKL581 Kuliah Kerja Lapangan (KKL) (0 sks/4 js)

Matakuliah ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengalam­an dan kreativitas mahasiswa dalam bidang manajemen. Dalam imple­mentasinya matakuliah ini berbentuk kunjungan ke perusahaan baik kecil, menengah atau perusahaan besar, baik ke perusahaan swasta ataupun pemerintah, baik usaha tradisional ataupun modern. Selesai melakukan kunjungan mahasiswa wajib menyusun laporan.

 

TES590 Seminar Proposal Tesis (0 sks/2 js)

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa dapat melakukan persiap­an seminar Tesis secara terarah dan terbimbing. Deskripsi matakuliah ini adalah mahasiswa melakukan presentasi untuk memperoleh kelayakan proposal tesis, dihadiri oleh dosen pembimbing I, II, dan audience, di bawah koordinator dosen pembina mata kuliah seminar. Matakuliah ini merupakan prasyarat mahasiswa untuk memprogram Tesis.

 

TES591 Tesis (6 sks/6 js)

Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa yang dikerjakan secara individual, berupa laporan hasil penelitian mengenai pemecahan masalah manajemen sesuai dengan konsentrasi (bidang kajian) yang ditempuhnya. Penyusunan tesis ini dilakukan berdasarkan arahan dosen pembimbing dan diuji di hadapan dewan penguji yang terdiri dari pembimbing, penguji utama dan ketua program studi.