KURIKULUM PRODI S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN

 

Struktur kurikulum S2 Prodi Manajemen Pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa S2 Program Studi Manajemen Pendidikan sebanyak  40 sks. Terdiri atas: (1)  kelompok matakuliah pascasarjana (MKPS): 6 SKS, (2) kelompok matakuliah Prodi 26 SKS, yang meliputi: Wajib 20 SKS, Pilihan 2 SKS, Praktik dan Pengalaman Lapangan: 4 SKS; dan (3) kelompok Matakuliah tesis: 8 SKS. Struktur kurikulum S2 Prodi Manajemen Pendidikan sebagaimana pada Tabel 1.

Struktur Kurikulum Prodi S2 Manajemen Pendidikan

STRUKTUR KURIKULUM DAN MATAKULIAH

SKS/JS

Semester

1

2

3

4

A. MATAKULIAH  PASCASARJANA  (MKPS): 6 SKS

6

 

 

 

 

MKPS 801 Landasan Pendidikan

2/2

X

MKPS 802 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2/2

X

MKPS 803 Metodologi Penelitian Kualitatif *)

2/2

X

MKPS 804 Metodologi Penelitian Pengembangan *)

2/2

X

MKPS 805 Metodologi Penelitian Tindakan *)

2/2

X

MKPS 806 Statistika Inferensial *)

2/2

X

 

 

 

 

 

 

 B. MATAKULIAH PRODI: 26 SKS

26

 

 

 

 

 WAJIB (20 SKS)

20

 

 

 

 

MMPD 519 Problematik Pendidikan Bidang Studi MPD

2/2

X

MMPD 520 Manajemen dan Akreditasi Sistem Persekolahan

2/2

X

MMPD 521 Perilaku Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan

2/2

X

MMPD 522 Manajemen Pembaharuan Kurikulum

2/2

X

MMPD 523 Model Pembinaan dan Supervisi Pembelajaran

2/2

X

MMPD 524Problematik SDM dalam Manajemen Pendidikan

2/2

X

MMPD 525Manaj. Pembelajaran, Penataran, dan Pelatihan

2/2

X

MMPD 526Analisis Kebijakan Pendidikan

2/2

X

MMPD 527Hubungan Pemberdayaan Masyarakat dalam

Pendidikan

2/2

X

MMPD 528 Asesmen Kebutuhan & Perencanaan Pendidikan

2/2

X

 

 

 

 

 

 

PILIHAN, PILIH: 2  SKS *)

2

 

 

 

 

MMPD 529 Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan

2/2

X

MMPD533 Manajemen Satuan Pendidikan

2/2

X

MMPD534 Manajemen Stratejik dalam Pendidikan

2/2

X

MMPD535 Manajemen Pembiayaan Pendidikan

2/2

X

MMPD541Teknologi Perencanaan dan Penyelenggaraan

Pendidikan

2/2

X

MMPD551 Etika Profesi Kependidikan

2/2

X

MATAKULIAH PRAKTIK DAN PENGALAMAN LAPANGAN

4

 

 

 

 

MKPL 880  Kuliah dan Praktik Lapangan

4/4

X

 

 

 

 

 

 

C.  MATAKULIAH KELOMPOK TESIS (MTES)

8

 

 

 

 

MTES 890Tesis

6

X

MTES 891 Seminar Usulan Tesis

2

X

Jumlah

40

14

14

6

6

Keterangan: *) Mahasiswa program magister wajib menempuh minimum satu matakuliah pilihan

 


DESKRIPSI MATAKULIAH PRODI S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN

MKPS 801  Landasan Pendidikan(2 sks/2 js)

Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitan­nya dangan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dangan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, psikologis, budaya-antropologis, legalistik, dan spiritualistik. Pan­dangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pendidikan dan pembe­lajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal, yang meliputi antara lain: pan­dangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik peserta belajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran, serta berbagai latar konteks isu pendidikan yang berkembang.

MKPS 802 Metodologi Penelitian Kuantitatif (2 sks/2 js)

Memahami ilmu metode penelitian kuantitatif yang berbasis pada pendekatan filosofi positivisme dan empirisme. Metodologi ini memahami prinsip-prinsip, rancangan, pembuatan hipotesis, asumsi, pengembangan variable,prosedur penentuan populasi dan sample, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, teknik keabsahan, termasuk generalisasi, dan   prosedur penelitian, termasuk pembuatan proposal penelitian. 

MKPS 803 Metodologi Penelitian Kualitatif (2 sks/2js)

Memahami ilmu metode penelitian kualitatif yang berbasis pada pendekatan filosofi naturalisme. Metodologi ini memahami prinsip-prinsip, rancangan, instrumen penelitian, lokasi penelitian, pengembangan pedoman pengumpulan data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, teknik keabsahan, dan   prosedur penelitian, termasuk pembuatan proposal penelitian.

MKPS 804 Metodologi Penelitian Pengembangan (2 sks/2js)

Menguasai metodologi penelitian pengembangan, mulai dari konsep penelitian pengembangan, karakteristik penelitian pengembangan, langkah-langkah penelitian pengembangan, jenis-jenis produk yang dihasilkan, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, model proposal dan laporan penelitian pengembangan.

MKPS 805 Metodologi Penelitian Tindakan (2 sks/2 js)

Menguasai metode penelitian tindakan, yang terdiri atas konsep, karakteristik, perbedaan antara penelitian tindakan dan penelitian formal, siklus penelitian tindakan, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, penulisan proposal dan laporan penelitian tindakan.

MKPS 806 Statistik Inferensial (2 sks/2 js)

Memahami prosedur pengujian hipotesis guna menemukan perbedaan antara dua atau lebih statistik sample, pengujian tes signifikansi, analisis jenis skala data, dan prosedur interpretasi dan presensi data penelitian. Statistik ini terkait dengan metodologi penelitian kuantitatif, di dalamnya juga dibandingkan dan diulang kembali pemahaman dasar-dasar dan prosedur statistik deskriptif, korelasi, dan nonparametik.  Untuk menempuh mata kuliah ini diprasyaratkan menempuh MTR402 atau persetujuan pengajar.

MMPD 519 Problematik Pendidikan Bidang Studi MPD (2 sks/2 js)

Mengembangkanpemahamanmahasiswa danwawasannyatentang pendidikan yang luas, baik situasi “normal” maupun situasi problematik danganmembahasmasalah umum pendidikan danmasalahkhusus pengajaran. Kulian tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematik teoretis dan praktik lapangan (di sekolah dan lembaga pendidikan lain). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaandan pengembangandanarah kecenderungan dalam tinjauanmasa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalahdanberlatihmembahashakikat dan segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinanpemecahannya.

MMPD 520 Manajemen dan Akreditasi Sistem Persekolahan (3 sks/3 js)

Membahas tugas dantanggung jawab administrator pendidikan dalam mewujud­kan keefektifansekolah sebagai suatu unit dan sistem. Kajian meliputi kritik terhadap sis­tem persekolahan, fungsi dan konvensi pengelolaan sistem, strategi pengelolaan kompo­nen-komponen sistem, kriteria dan standar serta proses mengakreditasi sistem persekolahan. Arah perkuliahan memahami standar mutu internal dan eksternal melalui mekanisme akreditasi (audit internal dan eksternal) dalam sistem pendidikan.

MMPD 521 Perilaku Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan (3 sks/3 js)

Melakukan kajian mengenai keefektivan pola perilaku organisasi dan kepemim­pinan dalam penyelenggaraandan pelaksanaan pendidikan.Tekanan diberikan kepada pengkajian perilaku dannilai dasar serta moralitas organisasi dan kepemimpinan, pelba­gai teori dan asumsi kepemimpinan dalam memotivasi kerja dan meningkatkan keefektivan organisasi, fungsi dan peranan organisasi, serta strategi dan taktik dalam memim­pin organisasi dan personalia pendidikan.

MMPD 522 Manajemen Pembaharuan Kurikulum (2 sks/2 js)

Mengkaji, menyeminarkan dan melakukan workshop tentang proses pembaharuan kurikulum dan revise kegiatan belajar melalui mekanisme kepemimpinantim, kepemimpinan pembelajaran, supervisi kurikulumdengan partisipasi pe­ngajar untuk menyesuaikan program pengalaman belajar dangan tuntutanperubahan dankebutuhan peserta didik.

MMPD 523 Model Pembinaan dan Supervisi Pembelajaran (2 sks/2 js)

Melakukan kajian mengenai berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan su­pervisi pembelajaran, mencakup sejarah, prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi, ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektivan pelaksanaan program supervisi pembelajaranjugadibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendalanya untuk menemukan alternatif perbaikan dan pe­ningkatan supervisi pembelajaran.

MMPD 524Problematik SDM dalam Manajemen Pendidikan (2 sks/2 js)

Mempelajari konsep dasar sumber daya manusia, perencanaan sumber daya ma­nusia, danmembahas alternatif rekrutmen, seleksi, penempatan, orientasi, penugasan, kompensasi, pembinaan, pengembangan, serta penilaian kinerja yang mengarahpada peningkatan kualitas personalia pendidikan.

MMPD 525ManajemenPembelajaran, Penataran, dan Pelatihan (2 sks/2 js)

Membahas tatacara perancangan dan pengembangan personel memakai model CEM (Critikal Events Model), mencakup idantifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, orga­nisasi kurikulum termasuk strategi penyampaian dalam lingkungan pembelajaran, sumber kurikulum, peranan sistempenunjang, dalam penyelenggaraan penataran dan pelatihan (tar-lat). Pada akhir kegiatan di kelas, mahasiswadiharapkan merencanakandan meng­implementasi suatu program tar-lat dalam situasi pembelajaran di lapangan untuk kelom­pok teknisi dan administrator pendidikandan akhirnya membuat laporan.

MMPD 526Analisis Kebijakan Pendidikan (2 sks/2 js)

Melakukan kajian mengenai landasandan pendekatan pengembangan kebijakan pendidikan, serta keterkaitannya dangan perencanaandan pelaksanaan pendidikan dalam sistem persekolahan.Berbagai persoalankebijakan pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah termasuk kajian tentang persoalan akomodatis dan dilematis penerapan kebijakan pendidik­an, serta strategi pengambilan kebijakan di tingkat makro maupun mikro.

MMPD 527Hubungan Pemberdayaan Masyarakat dalamPendidikan (2 sks/2 js)

Membahas struktur kuasa dan diversitas perilaku dalam masyarakat dengan ke­mungkinan konflik dan sumbangannya terhadap sistem pendidikan persekolahan dan atau lembaga pendidikan lain. Prinsip-­prinsip dan praktik-praktik untuk menjalindan mengembangkan kerjasama sekolahdan atau lembaga pendidikan laindengan masyarakat dan juga hubungan dengan pemerintah. Pembahasan mendorong mahasiswadalam menjaring kasus-­kasus nyata hubungan dan pemberdayaan masyarakat di sekolah dan atau lembaga pendidikan lain sebagai bahanpengamatan dan diskusi.

MMPD 528 Asesmen Kebutuhan & Perencanaan Pendidikan (2 sks/2 js)

Membahas konsep dan prinsip perencanaan pendidikan sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik perencanaan di dalam sistem pendidikannasional, strategi meng­identifikasi dan menetapkan prioritas kebutuhan pendidikandengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomik, geografik, kebijakan, kultural, dan sosial, pengembangan desaindan pendekatan perenca­naan, proses penetapandanpelaksanaan rencana serta evaluasi dan umpan balik perencanaan.

MMPD534 Manajemen Strategik dalam Pendidikan (2 sks/2 js++)

Membahas konsep, proses, dan teknik-teknik manajemen strategik yang menca­kup formulasi dan implementasi strategi (seperti perumusanvisi, misi, analisis SWOT, matriks BCG, matriks Hofer, Klaster strategi besar, analisis perubahan budaya, dan analisis rasio), serta penerapannya melalui pengamatan dan diskusi studi kasus dalam manajemen pendidikan.

MMPD535 Manajemen Pembiayaan Pendidikan(2 sks/2 js++)

Membahas karakteristik organisasi nirlaba terutama organisasi pendidikan, pelba­gai pendekatan dalam pembiayaan pendidikan, sumber dan penggunaan anggaran, prosedur perencanaan, pengelolaan danpengawasan anggaran, dasar legal, dan isu-isu di sekitar pembiayaan pendidikan, serta aplikasinya dalam berbagai jenjang pendidikan.

MMPD541Teknologi Perencanaan dan PenyelenggaraanPendidikan(2 sks/2 js++)

Membahas teknik-teknik analisis sistem untuk mendukung perencanaan dan penye­lenggaraan pendidikan. Teknik-teknik seperti LOGOS, PDM, CPM, PERT, FLOW, CHART, GERT, GANTT CHART, LINEAR PROGRAMMING, SIMULASI, PPBS, MIS, MBO ditelaah dan aplikasikan dalam kasus-kasus manajemen pendidikan.

MMPD551 Etika Profesi Kependidikan(2 sks/2 js++)

Melakukan kajian tentang relevansi nilai-nilai etis dalam pekerjaan pendidikan, dengan perhatian khusus diberikan kepada masalah dan isu yang muncul dalam organi­sasi sistem persekolahan dan atau kependidikan yang penanganannya menjangkau pertimbangan dan evaluasi etis pendidik.

MKPL 880  Kuliah dan Praktik Lapangan (4sks/4js)

Kegiatan ini berben­tuk kunjungan ke suatu obyek, atau partisipasi aktif dalam kegiatan lain (seminar, kon­vensi, dsb.).Keikutsertaan dalam kegiatan dapat sebagai satu kelompok utuh atau terbagi dalam lebih dari satu kelompok sepanjang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan/ter­biayai.Kegiatan untuk memperkaya atau memperluas wawasan dalam pekerjaan/profesi mahasiswa.Untuk kegiatan ini, mahasiswa perlu mengajukan proposal dan menulis laporan pelaksanaan kegiatan kepada dosen Pembimbing.  Di samping kelompok, ada juga laporan individual untuk dinilai oleh dosen pembimbing.

MTES 891 Seminar Usulan Tesis

            Perkuliahan ini dimulai dengan penyusunan draft proposal tesis, konsultasi intensif dengan pembimbing, presentasi proposal dalam forum seminar, memberikan tanggapan/masukan terhadap proposal mahasiswa yang dipresentasikan, menerima masuklan dari dosen pembing tesis dan dosen pembimbing seminar serta mahasiswa lainnya; dan merevisi proposal berdasarkan masukan yang diberikan oleh mahasiswa lain, pembimbing tesis dan pembimbing matakuliah seminar.

MTES 890Tesis  (6 sks/6 js)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah yang terkait dengan masalah dalam bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan pembimbing atau para pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut berbentuk hasil suatu penelitian atau hasil suatu kegiatan proyek yang mengha­silkan suatu produk tertentu dalam bidang manajemen pendidikan dan pengajaran seperti: manajemen kurikulum, pengajaran, instrumen evaluasi, pengelolaannya, bidang manajemen pendidikan lain seperti personalia, kesiswaan, keuangan, humas, sapras, budaya sekolah, mutu pendidikan, dsb. Termasuk dalam kegiatan penu­lisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yang diharapkan dihadiri oleh semua dosen pembim­bing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa ju­rusan/program studi.

 

id_IDIndonesian