S2 Keguruan Seni Rupa

STRUKTUR KURIKULUM S2 KEGURUAN SENI RUPA

MATAKULIAH

SKS

1

2

3

 

4

 

A.        UMUM

 

 

 

 

 

1.         UMKU801 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2/2

X

 

 

 

2.         UMKU802 Metodologi Penelitian Kualitatif*

2/2

 

X

 

 

UMKU803 Metodologi Penelitian Pengembangan*

2/2

 

X

 

 

UMKU804 Metodologi Penelitian Tindakan*

2/2

 

X

 

 

UMKU805 Statistik*

2/2

 

X

 

 

         Jumlah

4

2

2

 

 

 

 

 

 

 

 

B.        DASAR KEAHLIAN

 

 

 

 

 

3.         UMDK801 Landasan Pendidikan & Pembelajaran Seni Rupa

2/2

X

 

 

 

4.         UMDK802 Problematika Pendidikan Seni Rupa

2/2

 

X

 

 

Jumlah

4

2

2

 

 

 

 

 

 

 

 

C.         KEAHLIAN

 

 

 

 

 

5.         JKSR800 Kapita Selekta Pendidikan Seni Rupa

2/2

X

 

 

 

6.         JKSR803 Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Rupa

2/2

X

 

 

 

7.         JKSR804 Pembelajaran dan Penilaian Seni Rupa

2/2

X

 

 

 

8.         JKSR805 Antropologi & Sosiologi Seni

2/2

 

X

 

 

9.         JKSR806 Psikologi Seni Rupa

2/2

 

 

X

 

10.      JKSR807 Estetika Seni Rupa

2/2

 

X

 

 

11.      JKSR808 Kreativitas dan Pemecahan Masalah Seni Rupa

2/2

 

X

 

 

12.      JKSR809 Projek: Industri Kreatif Seni Rupa

2/3

X

 

 

 

Jumlah

16

8

6

2

 

 

 

 

 

 

 

D.      PILIHAN

 

 

 

 

 

13.      JKSR814 Kajian Pendidikan Seni Rupa Indonesia

2/2

X

 

 

 

14.      JKSR811 Seminar Penelitian Pendidikan Seni Rupa

2/2

 

X

 

 

15.      JKSR812 Inovasi Media Pembelajaran Seni Rupa

2/2

 

X

 

 

16.      JKSR813 PPL: Pemecahan Masalah Terapan Seni Rupa

1/3

 

 

X

 

Jumlah

7

4

2

1

 

 

 

 

 

 

 

E.         TESIS

 

 

 

 

 

17.      JKSR821 Tesis

6

 

 

 

X

18.      JKSR818 Penulisan Artikel Ilmiah

1/2

X

 

 

 

19.      JKSR822 Studi Mandiri

2/2

X

 

 

 

20.      JKSR820 Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

 

 

X

 

Jumlah

9

1

2

0

6

 

 

 

 

 

 

MATRIKULASI

 

 

 

 

 

21.      Kurikulum Pendidikan Seni**

0

 

 

 

 

22.      Konsep Pendidikan Seni**

0

 

 

 

 

Jumlah

40

17

14

3

6

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

UMKU801 Metodologi Penelitian Kuantitatif (2sks/2js)

Memahami prinsip-prinsip dan prosedur penelitian kuantitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan yang meliputi pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah peserta kuliah diharapkan memiliki keterampilan untuk menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

UMKU802Metodologi Penelitian Kualititatif (2sks/2js)

Memahami prinsip-prinsip dan prosedur   dalam   melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan yang meliputi landasan teoritik dan filosofik, rancangan dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan dan analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah peserta kuliah diharapkan memiliki keterampilan untuk menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

UMKU803 Metodologi Penelitian Pengembangan (2sks/2js)

Memahami prinsip-prinsip dan prosedur   dalam   melakukan penelitian pengembangan serta penerapannya dalam bidang pendidikan yang meliputi landasan teoritik dan filosofik, model-model pengembangan, penyusunan instrumen dan uji coba, pengembangan konsep dan perancangan produk, pengumpulan, analisis dan penyimpulan data, serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah peserta kuliah diharapkan memiliki keterampilan untuk menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

UMKU805 Statistik (2sks/2js)

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada laporan-laporan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik a.l. nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistik nonpara-metrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Lab. Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

 

UMDK80 Landasan Pendidikan & Pembelajaran Seni Rupa (2sks/2js)

Memahami konsep dan prinsip pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya (seperti sistem sosial, politik dan budaya) menurut landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Selain itu peserta didik juga memiliki pemahaman tentang pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan pembelajaran Seni Rupa dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal.

 

UMDK802 Problematika Pendidikan Seni Rupa (2sks/2js)

Memahami dan menganalisis isu-isu dan kecenderungan-kecenderungan dalam pendidikan seni rupa aktual, baik dalam situasi normal maupun problematik, terkait dengan masalah umum (global) maupun masalah khusus (lokal) dalam praktik pendidikan dan pembelajaran seni rupa, serta yang mencakup segi-segi problematik teoretis maupun praktik di sekolah. Pokok-pokok problematika yang dikaji meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecenderungan dalam tinjauan masa depan.

 

JKSR800 Kapita Selekta Pendidikan Seni Rupa (2sks/2js)

Mengkaji berbagai konsep, model, teori baru dalam bidang pendidikan seni rupa, baik yang sudah memiliki dukungan empirik maupun yang belum seperti: neuroscience, quantum learning, quantum teaching, learning revolution, music for learning. Konsep model, atau teori tersebut bisa bersumber dari sebuah buku teks, atau bab dari sebuah buku teks, atau artikel sebuah jurnal, atau gagasan asli dosen pembina atau   mahasiswa   peserta   mata   kuliah   yang   belum   diterbitkan. Pembaharuan-pembaharuan tersebut secara substansial dikaji secara komprehensif, dan implementasi serta dampaknya dipelajari secara terintegrasi untuk mengungkap kekuatan dan kelemahannya dalam konteks kekinian dan keindonesiaan. Setiap mahasiswa memilih sebuah konsep, atau model, atau teori untuk dibahas secara kritis dalam forum seminar kelas. Makalah akhir setelah mendapat masukan dari seminar kelas mendapat porsi penting dalam mengevaluasi mata kuliah ini.

 

JKSR803 Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Rupa (2sks/2js)

Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan prosedur-prosedur pengembangan desain pembelajaran seni rupa, utamanya yang berfokus pada berbagai faktor yang berpengaruh pada proses dan hasil perancangan pesan pembelajaran seni rupa, baik yang bersumber dari perancang pesan, saluran penyampaian pesan, dan penerima pesan; serta mengkaji berbagai teknik dan model perancangan pesan, baik pesan verbal maupun pesan non-verbal. Pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menampilkan karya rancangan pesan pembelajaran yang dipilih sesuai dengan bidang yang ditekuninya.

 

JKSR804 Pembelajaran dan Penilaian Seni Rupa (2 sks/2js)

Merancang program-program pembelajaran dan penilaian pendidikan seni rupa dalam latar pendidikan formal; menguasai model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dan penilaian untuk Pendidikan Seni Rupa; menguasai pengembangan berbagai instrumen penilaian termasuk rubrik untuk penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pendidikan seni rupa.

 

JKSR805 Antropologi dan Sosiologi Seni Rupa (2sks/2js)

Membahas tentang perspektif atau paradigma serta teori-teori di dalam sosiologi mulai dari evolusionisme dan fungsionalisme hingga etnometodologi. Teori dan bidang perhatian antropologi, fisik, budaya, dan sosial terhadap universalitas kebudayaan dan unsur-unsurnya, sejarah pemikiran dan teori antropologi murni dan terapan utamanya dalam konteks kesenirupaan dan atau pendidikan seni rupa.

 

JKSR806 Psikologi Seni Rupa (2sks/2js)

Mengkaji konsep-konsep dan fenomena psikologis dalam pembelajaran seni rupa, landasan teoritik pengembangan kreativitas, serta konsep-konsep dan fenomena psikologis tentang penciptaan dan apresiasi karya seni rupa. Dalam konteks kajian psikologi pembelajaran, analisis difokuskan pada berbagai kasus persoalan-persoalan psikologis guru dan siswa dalam proses belajar/pembelajaran seni rupa.

 

JKSR807 Estetika Seni Rupa (2sks/2js)

Mengkaji estetika sebagai filsafat seni, fenomenologi seni, serta keilmuan dan terapan seni pada berbagai bangsa dan budaya, Timur maupun Barat, menurut tahap-tahap kebudayaan mitis, ontologi, fungsional, serta trans-fungsional; mengeksplorasi serta merumuskan model pendidikan estetika yang relevan dengan dan pada berbagai bentuk pendidikan yang berlaku di Indonesia pada masa kini.

 

JKSR808 Kreativitas dan Pemecahan Masalah (2sks/2js)

Memahami pengertian kreativitas sebagai proses dan produk spesifik budaya, serta kontribusi kreativitas terhadap pengembangan seni, ilmu, dan teknologi; mengkaji cara-cara pemecahan masalah menurut pendekatan kreatif; serta mengembangkan gagasan dan produk seni rupa baru yang inovatif dalam memecahkan masalah di masyarakat menurut pendekatan kreatif.

 

JKSR809 Projek: Industri Kreatif Seni Rupa (2sks/2js)

Merancang karya seni rupa terapan sebagai solusi masalah industri kreatif berbasiskan kearifan budaya lokal dengan memanfaatkan budaya rupa Indonesia sebagai sumber gagasan perancangan: (a) mengidentifikasi dan mengembangkan ragam hias khas Indonesia, (b) merancang dan menerapkan ragam hias baru   berbasiskan ragam-ragam hias Indonesia pada karya-karya seni rupa terapan (desain dan kriya) yang telah ada, serta (c) menghasilkan karya seni rupa terapan (desain, kriya) yang inovatif berbasiskan ragam hias khas Indonesia.

 

JKSR814 Kajian Pendidikan Seni Rupa Indonesia (2sks/2js)

Mengkaji fakta, fenomena, dan konsep-konsep pendidikan seni rupa, antara lain pendidikan tentang seni (education of art), pendidikan melalui seni (education through art) serta pengaplikasiannya dalam pendidikan seni rupa di Indonesia; mengeksplorasi fungsi seni, baik yang esensial maupun kontekstual, pada berbagai bentuk pembelajaran pendidikan seni rupa di Indonesia. Selain itu, mahasiswa menelaah berbagai fakta dan fenomena budaya Indonesia sebagai sumber gagasan pembuatan karya seni rupa, mengkaji perkembangan wujud budaya Indonesia sejak era sebelum kemerdekaan, pasca kemerdekaan, serta di era modern dan pasca modern serta mengevaluasi dan mengkreasi karya seni rupa Indonesia yang memanfaatkan budaya Indonesia sebagai sumber inspirasi berkarya. Pada akhir kuliah mahasiswa mengumpulkan hasil kajiannya serta menyeminarkannya.

 

JKSR811 Seminar Penelitian Pendidikan Seni Rupa (2sks/2js)

Mengembangkan sikap ilmiah mandiri, kritis, dan terbuka yang dikembangkan melalui program pelacakan dan pengkajian hasil-hasil penelitian pendidikan seni rupa yang dipublikasikan pada jurnal-jurnal ilmiah terpercaya, nasional maupun internasional. Fokus dari analisis ditinjau dari sudut pandang teori dan praktis. Kegiatan ini dirancang oleh dan untuk mahasiswa sendiri guna memperdalam sesuatu topik dalam bidang studi pendidikan seni rupa. Untuk menunjang kegiatan ini, dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai perencanaan umum: tujuan, materi, sumber belajar, evaluasi periodik dan akhir.

 

JKSR812 Inovasi Media Pembelajaran Seni Rupa (2sks/2js)

Mengkaji teori-teori multimedia pembelajaran serta menghasilkan inovasi-inovasi baru pada media pembelajaran untuk pendidikan seni rupa; penekanan difokuskan pada kemampuan mengeksplorasi dan mengembangkan bentuk-bentuk baru seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta teori-teori multimedia pembelajaran. Pada akhir kuliah mahasiswa menghasilkan media atau multimedia pembelajaran pendidikan seni rupa yang inovatif.

 

JKSR813 Pemecahan Masalah Terapan Seni Rupa (PPL) (1 sks/2js)

Menghubungkan   teori   dengan   praktik   melalui   pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pendidikan dalam pelbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan dan/atau kelompok.

 

JKSR821 Tesis (6 sks)

Melakukan kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan seni rupa yang sesuai dengan bidang minat mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan projek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan seni rupa: kurikulum, bahan ajar, instrumen evaluasi,media pembelajaran, dan sejenisnya. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/projek dalam suatu forum seminar program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa jurusan.

 

JKSR818 Penulisan Artikel Ilmiah (1sks/2js)

Memiliki wawasan tentang teknik penulisan artikel ilmiah, cakupan materi, akses dan pengiriman artikel tersebut pada jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pendidikan seni rupa serta mampu menulis artikel ilmiah hasil studi maupun penelitian  sesuai dengan aturan penulisan jurnal terkait. Mahasiswa juga ditugasi untuk membawakan dan mempublikasikan artikel ilmiah yang dibuatnya dalam seminar dan jurnal ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

 

JKSR822 Studi Mandiri (2sks/2js)

Mengkaji secara kritis isu dan masalah-masalah pendidikan seni rupa yang dipublikasikan utamanya pada artikel-artikel jurnal ilmiah internasional; topik bahasan dianjurkan sesuai dengan judul tesis yang akan ditulis oleh mahasiswa yang bersangkutan. Bahasan dan telaah dilaksanakan dalam format seminar atau tutorial yang berpusat pada beberapa pokok tertentu yang ingin didalami mahasiswa. Tema kajian, termasuk tugas-tugas bacaan ditentukan bersama oleh dosen dan mahasiswa; tema ini sebaiknya berkaitan dengan penyusunan tesis.