STRUKTUR KURIKULUM S2 KEGURUAN BAHASA
No |
Sandi |
Matakuliah |
sks |
js |
Semester |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
I |
MATAKULIAH UMUM (MKU):(6 sks) |
|||||||
1 |
MKU500 |
Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
X |
|
|
|
2 |
MKU501 |
Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
|
X |
|
|
3 |
MKU502 |
Metodologi Penelitian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
|
X |
|
|
|
TOTAL MKU |
6 |
|
|
|
|
|
|
II |
MATAKULIAH DASAR KEAHLIAN (MDK) |
|||||||
1 |
MDK511 |
Landasan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
3 |
X |
|
|
|
2 |
MDK512 |
Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra |
2 |
3 |
X |
|
|
|
|
|
TOTAL MDK |
4 |
|
|
|
|
|
III |
MATAKULIAH KEAHLIAN (MKK) |
|||||||
1 |
MKK601 |
Linguistik Lanjut |
2 |
2 |
X |
|
|
|
2 |
MKK602 |
Pemerolehan Bahasa |
2 |
2 |
X |
|
|
|
3 |
MKK603 |
Sosiolinguistik |
2 |
2 |
X |
|
|
|
4 |
MKK604 |
Psikolinguistik |
2 |
2 |
|
X |
|
|
5 |
MKK605 |
Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
X |
|
|
|
6 |
MKK606 |
Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
|
X |
|
|
7 |
MKK607 |
Pengembangan Materi Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
|
X |
|
|
8 |
MKK608 |
Pengembangan Model-model Pengajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
|
X |
|
|
9 |
MKK609 |
Tata Bahasa Pendidikan* |
2 |
2 |
|
X |
|
|
10 |
MKK610 |
Kesastraan* |
2 |
2 |
|
X |
|
|
11 |
MKK611 |
Terjemahan* |
2 |
2 |
|
X |
|
|
12 |
MKK612 |
Analisis Wacana* |
2 |
2 |
|
X |
|
|
13 |
MKK613 |
Kemahiran Berbahasa Lisan* |
2 |
2 |
|
X |
|
|
14 |
MKK614 |
Kemahiran Berbahasa Tulis* |
2 |
2 |
|
X |
|
|
|
|
TOTAL |
18 |
|
|
|
|
|
V. |
MATAKULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) (8 sks) |
|||||||
1 |
MPB701 |
Penulisan Artikel Ilmiah |
2 |
2 |
|
|
X |
|
2 |
MPB702 |
Praktik Pembelajaran Inovatif |
2 |
4 |
|
|
X |
|
3 |
MPB703 |
Seminar Proposal Tesis |
2 |
2 |
|
|
X |
|
4 |
MPB704 |
Tesis **) |
6 |
– |
|
|
|
|
|
TOTAL MPB |
12 |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS SELURUHNYA |
40 |
|
|
|
|
|
Keterangan
*) minimal menempuh satu matakuliah
**) Mahasiswa dapat maju ujian tesis apabila telah melakukan seminar hasil penelitian
SEBARAN MATAKULIAH
Semester 1
Sandi MK |
Nama Matakuliah |
sks |
js |
MKU500 |
Metodologi Penelitian Kuantitatif |
2 |
2 |
MDK511 |
Landasan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa |
2 |
3 |
MDK512 |
Problematik Pendidikan/Keguruan Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
MKK601 |
Linguistik Lanjut |
2 |
2 |
MKK602 |
Pemerolehan Bahasa |
2 |
2 |
MKK603 |
Sosiolinguistik |
2 |
2 |
MKK605 |
Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
J u m l a h |
14 |
|
Semester 2
Sandi MK |
Nama Matakuliah |
sks |
js |
MKU501 |
Metodologi Penelitian Kualitatif |
2 |
2 |
MKU502 |
Penelitian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
MKK604 |
Metode Pengajaran BIPA |
2 |
2 |
MKK606 |
Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
MKK607 |
Pengembangan Materi Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
MKK608 |
Pengembangan Model-model Pengajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
2 |
MKK609 |
Tata Bahasa Pendidikan* |
2 |
2 |
MKK610 |
Kesastraan* |
2 |
2 |
MKK611 |
Terjemahan* |
2 |
2 |
MKK612 |
Analisis Wacana* |
2 |
2 |
MKK613 |
Kemahiran Berbahasa Lisan* |
2 |
2 |
MKK614 |
Kemahiran Berbahasa Tulis* |
2 |
2 |
MPB701 |
Penulisan Artikel Ilmiah |
2 |
2 |
J u m l a h |
16 |
|
*) Wajib ambil 2 sks
Semester 3
Sandi MK |
Nama Matakuliah |
sks |
js |
MPB702 |
Praktik Pembelajaran Inovatif |
2 |
4 |
MPB703 |
Seminar Proposal Tesis |
2 |
2 |
MPB704 |
Tesis **) |
(6) |
( – ) |
J u m l a h |
4 – 10 |
|
**Dapat ditempuh pada semester 3 atau 4
Semester 4
Sandi MK |
Nama Matakuliah |
sks |
js |
MPB704 |
Tesis |
(6) |
|
Jumlah |
0 – 6 |
|
DESKRIPSI MATAKULIAH
MKU500: Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengkaji prosedur penelitian kuantitatif dan mengembangkan penyusunan proposal penelitian pendidikan bahasa dan sastra dengan pendekatan kuantitatif sebagai dasar dalam penulisan tesis. Matakuliah ini memuat topik-topik: konsep penelitian kuantitatif, jenis-jenis penelitian kuantitatif, perumusan masalah, penulisan kajian kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, prosedur analisis statistik deskriptif, prosedur analisis inferensial, prosedur parametrik dan non parametrik, dan penulisan laporan penelitian.
MKU501: Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengkaji prosedur penelitian kualitatif dan mengembangkan penyusunan proposal penelitian pendidikan bahasa dan sastra dengan pendekatan kualitatif sebagai dasar dalam penulisan tesis. Matakuliah ini memuat topik-topik: hakikat penelitian kualitatif, landasan teoretis dan filosofis, strategi, prosedur pengumpulan dan perekaman data, jenis-jenis analisis data (selama pengumpulan data, within-site analysis, cross-site analysis), pengambilan kesimpulan, dan penulisan laporan.
MKU502: Metodologi Penelitian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengkaji prosedur penelitian berbasis kelas untuk peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra dan mengembankan proposal penelitian sebagai dasar dalam penulisan tesis. Matakuliah ini memuat topik penelitian pengembangan dan penelitian tindakan kelas: asas-asas penelitian, kriteria penelitian pengembangan dan tindakan kelas, jenis-jenis penelitian pengembangan dan tindakan kelas, persoalan-persoalan praktis, teknik-teknik pemantauan dalam penelitian pengembangan dan tindakan, prisnsi-prinsip etis proses penelitian pengembangan dan tindakan kelas, temuan yang diperoleh, tanggapan lapangan terhadap temuan, pengambilan kesimpulan, dan penulisan laporan.
MDK511: Landasan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengkaji ihwal pendidikan dan pembelajaran sebagai suatu sistem yang kompleks yang terkait dengan sistem sosial, politik, budaya, dan ekonomi. Matakuliah ini memuat topik-topik: landasan pendidikan dari perspektif filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis, teori belajar dan pembelajaran bahasa dan sastra, taksonomi tujuan pembelajaran bahasa dan sastra, karakteristik pebelajar bahasa dan sastra, strategi dan metode pembelajaran bahasa dan sastra, organisasi isi pembelajaran bahasa dan sastra, dan evaluasi sistem pembelajaran bahasa dan sastra.
MDK512: Problematika Pendidikan Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang problematika dalam pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra. Problematika tersebut meliputi problematika teoretis dan praktik di sekolah dan di dalam kelas. Pokok-pokok masalah yang dikaji meliputi (1) problematika kebijakan dan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra beserta alternatif pemecahannya, (2) problematika pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra (model, materi, media, dan evaluasi) beserta pemecahannya.
MKK601: Linguistik Lanjut (2 sks/2 js)
Mahasiswamemperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang kajian linguistik dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa. Matakuliah ini membahas aspek-aspek fonologi, morfologi, dan aspek sintaksis dalam pembelajaran bahasa.
MKK602: Pemerolehan Bahasa (2 sks/2 sks)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam konsep Pemerolehan Bahasa (PB) dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa. Matakuliah ini memuat topik-topik: Teori PB, aliran-aliran dalam PB, interlanguage, lingkungan bahasa, proses pemerolehan bahasa, strategi belajar bahasa, kajian terhadap hasil penelitian PB, dan implikasi teori PB terhadap pembelajaran bahasa.
MKK603: Sosiolinguistik (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang keterkaitan antara bahasa yang digunakan di dalam masyarakat dengan variabel-variabel sosial. Topik dalam matakuliah ini mencakup (1) peran bahasa dalam masyarakat, (2) bahasa, pikiran, dan representasi, (3) bahasa dan politik, (4) bahasa dan media massa, (5) bahasa dan jender, (6) bahasa dan etnisitas, (7) bahasa dan usia, (8) bahasa dan kelas sosial, (9) bahasa dan identitas, (10) sikap terhadap bahasa, (11) bahasa baku dan tidak baku, dan (12) pemanfaatan kajian sosiolinguistik dalam pembelajaran bahasa dan sastra.
MKK604: Psikolinguistik dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang proses mental dalam pemahaman, penggunaan, dan pemerolehan bahasa. Satuan-satuan bentuk bahasa dikaji realitas psikologisnya, pemerolehan, dan penggunaannya dikaitkan dengan strategi dalam persepsi dan realisasi makna. Topik-topik dalam matakuliah ini mencakup (1) persepsi dan ekspresi kebahasaan, (2) pemerolehan bahasa, (3) bahasa dan pikiran, (4) bahasa dan perasaan, (5) strategi belajar dan strategi komunikasi, (6) patologi bahasa, (7) pemanfaatan kajian psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa dan sastra.
MKK605: Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/ 2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam ilmu untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra dalam satuan pendidikan, satuan waktu, dan satuan pelaksanaan pembelajaran dalam kaitannya dengan kurikulum, materi, model, media, dan evaluasi, serta menghasilkan desain pembelajaran bahasa dan sastra yang inovatif.
MKK606: Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengkaji dan mengembangkan penilaian pembelajaran bahasa dan sastra. Pokok bahasannya meliputi prinsip-prinsip penilaian pembelajaran, pendekatan dan dasar pengembangan dan penggunaan alat penilaian bahasa dalam berbagai bentuknya, telaah terhadap ciri-ciri alat penilaian yang baik, serta penafsiran dan penetapan hasilnya. Diskusi dan presentasi merupakan kegiatan utama perkuliahan, disusul dengan proyek akhir semester yang berupa pengembangan penilaian dan laporan analisis pelaksanaan nyata suatu bentuk penilaian bahasa dan sastra.
MKK607: Pengembangan Materi Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengkaji konsep-konsep dasar pemilihan dan pengembangan materi pembelajaran bahasa dan sastra, dan mengembangkan materi pembelajaran bahasa dan sastra. Kajian diarahkan pada pengembangan materi pembelajaran bahasa dan sastra, yang meliputi prinsip-prinsip, karakteristik, teknik dan prosedur pemilihan materi, problema pengembangan materi dan pemecahannya.
MKK608: Pengembangan Model-model Pembelajaran Bahasa dan Sastra (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam model-model pembelajaran bahasa dan sastra, serta mengembangkan model pembelajaran bahasa dan sastra yang inovatif. Melalui matakuliah ini mahasiswa mendalami konsep pendekatan, metode, teknik, strategi, dan model pembelajaran bahasa dan sastra, dan mengembangkan model-model pembelajaran bahasa dan sastra.
MKK609: Tatabahasa Pendidikan (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang (1) hakikat tatabahasa pendidikan, (2) prinsip penggunaan tatabahasa pendidikan, (3) problematika tatabahasa pendidikan, dan (4) penerapan tatabahasa pendidikan.
MKK610: Kesastraan (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang (1) hakikat sastra pendidikan, (2) prinsip sastra untuk pendidikan, (3) problematika sastra pendidikan, (4) apresiasi sastra pendidikan, (5) strategi dan contoh pemanfaatan karya sastra untuk materi pendidikan.
MKK611: Terjemahan (2 sks/2 js)
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam menerjemah teks-teks bahasa dan sastra sesuai dengan teori-teori penerjemahan yang mutahir. Materi perkuliahan terdiri atas (1) teori terjemahan, yang terdiri atas: jenis-jenis, prinsip, dasar-dasar, proses penerjemahan, makna dan hasil terjemahan, proses komunikatif dwibahasa, serta masalah yang terkait dengan proses penerjemahan, dan (2) praktik penerjemahan berbagai wacana tulis. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, penugasan, klinik penerjemahan, presentasi hasil terjemahan dan diskusi.
MKK612: Analisis Wacana (2 sks/3 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pemahaman dan wawasan tentang (1) konsep dasar wacana dan analisis wacana, (2) jenis wacana, (3) ko-teks dan konteks dalam wacana, dan (4) berbagai model analisis wacana. Dengan matakuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan tentang dasar-dasar kajian wacana bahasa Indonesia yang meliputi bahasan (1) konsep dasar wacana dan analisis wacana, (2) jenis wacana, (3) ko-teks dan konteks dalam wacana, (4) berbagai model analisis wacana, dan (4) pemanfaatan analisis wacana dalam pembelajaran bahasa dan sastra.
MPB701: Penulisan Artikel Ilmiah (2 sks/2 js)
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah: (1) pembuatan klaim, evidensialitas dan pertimbangan retoris (2) interpretasi data dari berbagai sudut pandang, (3) seleksi data yang disajikan, (4) proses selektif manuskrip untuk publikasi, dan (5) issu yang berkaitan dengan editor jurnal, serta mempraktikkan penulisan artikel ilmiah yang baik.
MPB702: Praktik Pembelajaran Bahasa Inovatif (2sks/4js)
Mahasiswa merencanakan dan mengelola pembelajaran bahasa (bahasa asing maupun daerah), baik di tingkat dasar, menengah, maupun tingkat pendidikan tinggi dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif. Materi perkuliahan terdiri atas (1) penyusunan rencana pembelajaran yang inovatif, (2) implementasi rencana pembelalaran serta (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra yang sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian yang tepat. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk penugasan, konsultasi, praktik mengajar dan diskusi.
MPB703: Seminar Proposal (2 sks/2 js)
Mahasiswa mengembangkan proposal penelitian tesis sesuai dengan format yang telah ditentukan, dan mempresentasikan proposal.
MPB704: Tesis (6 sks/js)
Mahasiswa memecahkan masalah keguruan bahasa dan sastra secara ilmiah dengan cara merencanakan, melaksanakan, menganalisis, menarik kesimpulan, dan menyusun laporan penelitian dalam bentuk tesis.