Baktiyan, Akhmat. 2014. The Effectiveness of Textual and Pictorial Glosses in Reading Comprehension and Vocabulary Mastery. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (2) Dr. Suharmanto, M.Pd

 

Kata kunci: penjelasan kata dalam bentuk teks, penjelasan kata dalam bentuk teks dan gambar, kosa kata sasaran, pembelajaran kosa kata.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektifitas dari definisi kata dalam bentuk teks-gambar dibandingkan dengan definisi kata dalam bentuk teks dalam memahami bacaan dan penguasaan kosa kata bagi siswa kelas sembilan SMPN 4 Mojokerto pada tahun pelajaran 2013/2014.

Desain penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimental, dengan pretes-postes. Ada 70 peserta yang ikut serta dalam penelitian ini, dimana mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelas IX A sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IX B sebagai kelompok kontrol. Instrumen untuk mendapatkan data utama adalah pretes dan postes, data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan Levene’s Test and t-test. IBM SPSS dasar 19 digunakan untuk penghitungan statistik. Sementara itu kuesioner bagi siswa digunakan untuk mendapatkan data pendukung.

Pretes dilakukan pada kedua kelompok sebelum perlakuan untuk mengetahui keseragaman dari kedua kelompok tersebut, dan diuji dengan menggunakan Levene’s Test. Hasil dari tes tersebut menunjukkan nilai signifikasi .871 (˃ .05). Tambahan lagi, dari hasil independen t-test menunjukkan nilai dari t-observasi 0.335 lebih rendah dari nilai kritis t-tabel 2.000. Ini mengindikasikan bahwa subyek dari kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan atau kemampuannya sama pada tahap awal sebelum perlakuan.

Postes dalam bentuk tes memahami bacaan dan tes mengenali kosa kata. Komputerisasi statistik untuk tes memahami bacaan dengan menggunakan independen tes t, menunjukkan bahwa t-observasi .568 lebih rendah dari nilai kritis t-tabel 2.000. Artinya bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan definisi kata dalam bentuk teks-gambar tidak memperoleh nilai yang lebih baik dalam memahami bacaan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan definisi kata dalam bentuk teks. Sementara itu, komputerisasi statistik dari tes mengenali kosa kata, baik tes seketika dan tes tunda menunjukkan bahwa t-observasi 2.699 untuk tes seketika dan 2.696 untuk tes tunda. Kedua t-observasi tersebut lebih tinggi dari nilai kritis t-tabel 2.000. Ini mengindikasikan bahwa definisi kata dalam bentuk teks-gambar efektif dalam penguasaan kosa kata. Terlebih lagi, temuan pendukung juga menunjukkan respon positif dari penggunaan definisi teks-gambar.

 

 

Berdasarkan pada hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan penjelasan kata dalam bentuk teks-gambar sangat efektif dalam penguasaan kosa kata. Sehingga disarankan bagi guru Bahasa Inggris untuk menggunakannya, dan untuk penelitian selanjutnya, penelitian ini sebagai salah satu referensi untuk melakukan penelitian yang sama pada level atau tingkat pendidikan yang berbeda dengan menggunakan rancangan penelitian yang sama atau berbeda.

× How can I help you?