Jamil, Anis Farida. 2015. Peningkatan Level Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Materi Persamaan Linier Melalui Pemberian Scaffolding. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D, (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd. M.A

Kata Kunci: Level Berpikir Aljabar, Taksonomi SOLO, Scaffolding.

Pada setiap tingkatan, siswa umumnya mengalami kesulitan dalam belajar matematika dan salah satu materi yang dirasakan sulit oleh siswa sekolah menengah pertama adalah materi aljabar. Pada kurikulum 2013 kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa banyak mengenai kemampuan aljabar. Untuk mencapai kompetensi ini diperlukan kemampuan berpikir aljabar. Oleh karena itu berpikir aljabar dibutuhkan agar pemahaman aljabar siswa dapat meningkat. Salah satu teori yang membahas mengenai berpikir aljabar siswa adalah taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO mengklasifikasikan level berpikir aljabar siswa meliputi 4 tingkatan yaitu (1) unistruktural (unistructural), (2) multistruktural (multistructural), (3) relasional (relational), dan (4) abstrak yang diperluas (extended abstract). Hasil observasi awal di SMP Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa level berpikir aljabar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir aljabar siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi persamaan linier selanjutnya pemberian scaffolding kepada siswa untuk meningkatkan level berpikir aljabar siswa.

Jenis penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Malang ini adalah penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII yang sudah mempelajari materi persamaan linier dengan rincian 2 siswa dengan level berpikir aljabar unistructural (level 1), 2 siswa dengan level berpikir aljabar multistructural (level 2), dan 2 siswa dengan level berpikir aljabar relational (level 3). Siswa diberikan tes tertulis 1 yang berisi permasalahan aljabar materi persamaan linier. Tes tertulis 1 disusun berdasarkan superitem test berdasarkan taksonomi SOLO. Superitem test merupakan alat asesmen kuat yang dapat mengukur level berpikir aljabar siswa. Dari hasil pekerjaan siswa tersebut, peneliti mendeskripsikan level berpikir aljabar siswa berdasarkan taksonomi SOLO kemudian memberikan scaffolding untuk membantu siswa menyelesaikan masalah tes tertulis 1 tersebut. Setelah pemberian scaffolding, siswa diberikan tes tertulis 2 untuk melihat apakah siswa mengalami peningkatan level berpikir aljabar berdasarkan taksonomi SOLO.

Hasil penelitian ini, level berpikir aljabar siswa mengalami peningkatan setelah pemberian scaffolding pada tes tertulis 1, dari dua siswa dengan level berpikir aljabar unistructural (level 1) satu siswa dapat meningkat menjadi multistructural (level 2) dan lainnya meningkat menjadi relational (level 3). Dari dua siswa dengan level berpikir aljabar multistructural (level 2) dapat meningkat menjadi extended abstract (level 4), sedangkan dua siswa dengan level berpikir aljabar relational (level 3) dapat meningkat menjadi extended abstract (level 4).

× How can I help you?