Asmana, Arezqi Tunggal. 2015. Pengembangan Rubrik Analitik Asesmen Komunikasi Matematika Tertulis Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Open-Ended. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nengah Parta, S.Pd, M.Si, (II) Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: pengembangan, rubrik analitik, asesmen, komunikasi matematika tertulis, pemecahan masalah open-ended

 

Hubungan asesmen dengan pendidikan matematika sangat erat. Dalam pembelajaran matematika, komunikasi dan pemecahan masalah merupakan tujuan yang sangat penting. Terutama komunikasi matematika tertulis dan pemecahan masalah open-ended. Untuk memperoleh informasi tentang hal itu, diperlukan metode asesmen yang baik berupa rubrik pada setiap tes. Menurut Danielson (1997), lebih sesuai digunakan rubrik analitik karena informasi yang diperoleh tentang kekuatan dan kelemahan siswa lebih jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh rubrik analitik yang valid, praktis, dan efektif.

Pengembangan ini bersandar pada model Plomp (2010) yang terdiri dari 3 fase, yaitu: (1) penelitian awal; (2) fase prototipe; dan (3) fase penilaian. Penyusunan rubrik analitik bersandar pada teori rubrik Danielson (1997) yang memuat 4 hal. Untuk mendukung pengembangan rubrik itu, dikembangkan instrumen yang terdiri dari: (1) lembar validasi rubrik analitik dan instrumen; (2) lembar penyekoran; (3) angket respons guru; (4) tes formatif; dan (5) tes sumatif. Subjek uji coba adalah 2 guru matematika dan 33 siswa kelas VIII. Dari validasi dan uji coba diperoleh rubrik analitik yang terdiri dari 6 aspek dan 2 sub aspek. Aspek rubrik itu, yaitu: (1) menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya; (2) membuatkan gambar/sketsa (jika diperlukan); (3) menggunakan aturan; (4) melakukan perhitungan; (5) membuatkan kesimpulan; dan (6) menampilkan alternatif penyelesaian. Bobot 1 untuk aspek pertama dan kelima serta bobot 2 untuk aspek kedua, ketiga, keempat, dan keenam. Sedangkan sub aspek rubrik itu yaitu keakuratan dan kelengkapan. Setiap aspek dan sub aspek mempunyai 4 level yaitu 0, 1, 2, dan 3.

Hasil penelitian ini adalah rubrik analitik yang valid, praktis, dan efektif. Kevalidan rubrik itu ditunjukkan oleh skor rata-rata semua validator adalah 3,1. Kemudian kepraktisan rubrik itu ditunjukkan oleh (1) koefisien korelasi antar kelas adalah 0.980, 0.990, dan 0.991 serta (2) skor rata-rata semua guru adalah 3,44. Selanjutnya keefektifan rubrik itu ditunjukkan oleh (1) rata-rata persentase total skor perkembangan adalah 7,7% dan (2) sebesar 75,8% siswa memperoleh KMT positif. Selain itu, deskripsi kinerja setiap kelengkapan aspek rubrik analitik masih memerlukan penelitian lanjutan.

× How can I help you?