Triyandana, Arga. 2015. Pengembangan Pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap dan Pengelolaan Lingkungan dalam Mendukung Program Adiwiyata di SMP Negeri 2 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati, M.S., (II) Dr. Ibrohim, M.Si.

 

Kata kunci: pembelajaran ekosistem dan lingkungan hidup, project based learning, pemahaman konsep, sikap dan pengelolaan lingkungan.

 

Tuntutan hidup pada abad 21 seseorang harus mampu ways of thingking, ways of working, tools for working and skills for living in the word. Dibutuhkan peran pendidikan yang sangat sentral dalam menfasilitasi kesiapan hidup pada abad 21. Sesuai tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan dapat diintegrasikan antara kurikulum, metode pembelajaran dan Bahan ajar yang tepat dalam menjawab beberapa tantangan pada abad 21 salah atu upaya pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu dengan implementasi program Adiwiyata, sesuai dengan salah satu komponen adiwiyata yaitu kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep, sikap dan pengelolaan lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang; 2) mengetahui tingkat keefektifan perangkat pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup berbasis project based learning.

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari (1)Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form of Product, (4) Preliminary Feld Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision, (8) Operational Field Testing, (9) Final Product Revision, dan (10) Desimination and Implementation. Pada penelitian ini, hanya dilakukan sampai tahap Main Field Testing dengan melakukan uji coba produk perangkat pembelajaran pada sekolah uji coba.

Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran dan praktisi pendidikan menunjukkan bahwa silabus, RPP, dan modul dengan klasifikasi valid dan dilakukan revisi ringan sehingga perangkat siap untuk diterapkan dalam pembelajaran. Validasi modul oleh ahli materi dan ahli media juga menunjukkan klasifikasi yang valid hanya diperlukan revisi ringan sehingga siap diterapkan dalam pembelajaran. Hasil analisis data pada didapatkan data hasil rerata pemahaman konsep sebelum diterapkannya pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup berbasis PjBL sebesar 59,91 dan setelah diterapkannya pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup berbasis PjBL sebesar 69,29 jadi terjadi peningkatan yang tidak signifikan terhadap pemahaman konsep pada siswa, begitu juga pada sikap siswa menunjukkan rerata sebesar 60,56 dan 60,57, sedangkan terjadi peningkatan cukup signifikan pada pengelolaan lingkungan yaitu sebesar 78,53 dan 83,10, sehingga pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup berbasis PjBL mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan lingkungan siswa. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran berbasis PjBL ini cukup efektif sesuai dengan data keterlaksanaan desain pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut perlu memperhatikan beberapa saran yaitu: a) penelitian pengembangan selanjutnya dapat dilaksanakan sampai tahap disseminate; b) penelitian pengembangan selanjutnya dapat diperluas KD-nya; c) penelitian selanjutnya dapat dikembangkan sampai materi lain yang lebih luas; d) hendaknya dapat diterapkan dalam penelitian tindakan kelas atau dalam penelitian eksperimen semu sehingga dapat dilakukan refleksi; e) penelitian selanjutnya dapat digunakan dengan model pembelajaran lain yang lebih variatif dan menarik bagi peserta didik.