Kumolontang, Deddy Fredy. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Tutorial Analisis Data Dengan SPSS Mata Kuliah Statistika Dasar Pada Program Studi S1 PGSD UNIMA. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulthon, M.Pd, (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd

Kata Kunci : Pengambangan, Multimedia, Multimedia Interaktif, Tutorial Analisi Data

Masalah umum yang muncul dalam proses pembelajaran adalah kurangnya minat pebelajar untuk belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Kemajuan teknologi khususnya Teknologi Informasi yang bisa menggabungkan beberapa media dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi masalah tersebut. Hal ini sesuai yang dikatakan oleh Munir (2012) dimana kemampuan multimedia yang dapat menggabungkan beberapa media menjadikannya sangat efektif sebagai alat yang lengkap dalam pembelajaran.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran dalam mata kuliah statistika dasar untuk mahasiswa S1 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado (PGSD FIP UNIMA). Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia yang kembangkan oleh Lee dan Owen. Secara umum model pengembangan ini melalui tahapan-tahapan yaitu: Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dalam tahap evaluasi dilakukan validasi ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Data penelitian berupa data kuantitatif yang didapatkan dari angket tanggapan ahli dan subyek uji coba, serta hasil tes pada uji lapangan. Data kualitatif didapatkan dari saran-saran baik ahli maupun subyek uji coba.

Produk dari pengembangan ini berupa multimedia interaktif berbasis komputer yang dikemas dalam bentuk kepingan CD. Isi dari produk berupa tutorial analisis data yang disesuaikan dengan kurikulum mata kuliah Statistika Dasar untuk S1 di program studi PGSD FIP UNIMA.

Dari hasil uji terhadap produk multimedia yang dikembangkan, persentase tanggapan untuk uji ahli media pembelajaran adalah 84.21% yang kemudian dikonversi menggunakan tabel pedoman interpretasi data, dimana produk pengembangan masuk dalam kualifikasi “sangat baik”. Untuk uji ahli desain pembelajaran, didapatkan persentase tanggapan 86.11% hasil konversi menunjukan masuk dalam kualifikasi “sangat baik”. Untuk uji ahli materi didapatkan persentase tanggapan 93.33% hasil konversi menunjukan masuk dalam kualifikasi “sangat baik”. Pada uji perorangan, kelompok kecil, dan lapangan, didapatkan persentase tanggapan berturut-turut adalah: 84.5%, 83,25%, dan 87.02%. Walaupun secara keseluruhan berdasarkan tanggapan dari ahli dan subyek uji coba menunjukan bahwa produk hasil pengembangan masuk dalam kualifikasi sangat baik, namun tetap dilakukan revisi seperlunya terhadap desain produk dan kesalahan-kesalahan penulisan yang didasarkan pada saran-saran yang diberikan. Hasil evaluasi menunjukan bahwa produk multimedia interaktif hasil pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah statistika dasar. Dari analisis hasil tes pada uji lapangan didapatkan bahwa pemanfaatan produk multimedia hasil pengembangan ini dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi analisis data untuk mata kuliah statistika dasar.

Isi produk multimedia interaktif hasil pengembangan ini disesuaikan dengan kurikulum mata kuliah Statistika Dasar dan pengujian produk ini dilakukan pada mahasiswa S1 program studi PGSD FIP UNIMA. Sehingga untuk penggunaan pada program studi lain atau yang lebih luas disarankan dilakukan kajian terhadap kurikulum atau kebutuhan pengguna dan evaluasi sumatif guna pengembangan lebih lanjut.

× How can I help you?