Pawestri, Arum Sulistyo. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bercirikan Metode Penemuan Terbimbing dan Berbantuan MathXPert Calculus Pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri Untuk Siswa SMA Negeri 2 MalangKelas X Semester II. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D, (II) Dr. Abdul Qohar, M.T.

 

Kata kunci: lembar kerja siswa, metode penemuan terbimbing, MathXPert Calculus, grafik fungsi trigonometri

Di era globalisasi sekarang ini diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai pengetahuan di bidang teknologi. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa sumber belajar yang dimiliki oleh siswa kurang mampu menunjang siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar berisi rangkuman materi, contoh soal, dan latihan-latihan soal, dan belum memanfaatkan penggunaan teknologi dalam matematika. Hal itu menyebabkan siswa pasif dan pembelajaran kurang menyenangkan. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing dan berbantuan MathXPert Calculus.

Lembar kerja siswa bercirikan metode penemuan terbimbing adalah lembaran-lembaran yang memuat aktivitas yang harus dilakukan siswa dalam pembelajaran, berupa petunjuk, pertanyaan, dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas pembelajaran, yaitu memproses data, menganalisis data, membuat dugaan dan kesimpulan. Pengintegrasian MathXPert Calculus dalam lembar kerja siswa ini digunakan untuk mengecek kebenaran grafik yang dibuat oleh siswa secara manual dan membantu siswa menemukan karakteristik grafik fungsi trigonometri yang meliputi periode, amplitude, dan konsep pergeseran grafik fungsi.

Pengembangan lembar kerja siswa mengikuti model pengembangan Four-D yaitu Define ( pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi pembelajaran, angket respon siswa, dan tes. Pada proses validasi ahli, dipilih dua orang dosen. Pada proses uji coba lapangan, dipilih 28 siswa sebagai subjek uji coba.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa lembar kerja siswa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Lembar kerja siswa ini dapat digunakan oleh siswa dan guru sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai inspirasi atau rujukan dalam mengembangkan lembar kerja siswa yang lebih baik pada materi matematika lainnya.

× How can I help you?