Sudrajat, Hijrah. 2015. Pengembangan Bukun Ajar Materi Human Genom Project (HGP) pada Mata Kuliah Bioteknologi dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Pembimbing: (1) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd, dan, (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, human genome project (HGP), hasil belajar.

Human Genom Project (HGP) merupakan proyek yang dikoordinasikan oleh Departemen of Energy (DOE) and the National Institutes of Health USA (NIH). HGP dimulai pada tahun 1990 dan selesai pada tahun 2003. Tujuannya adalah untuk menentukan urutan lengkap dari 3 miliar subunit DNA, mengidentifikasi seluruh gen manusia, membuatnya dapat diakses lebih jauh untuk kepentingan penelitian Biologi, dan mempelajari berbagai dampak sosial, etis, bahkan dampak politis yang timbul dari pemetaan yang dilakukan. Hasil angket mahasiswa dan wawancara yang dilakukan pada dosen Universitas Negeri Malang menyatakan kekurangan sumber belajar yang memuat materi HGP. Hal tersebut diperlukan adanya pengembangan bahan ajar HGP yang mampu menunjang pekuliahan dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar Human Genom Project (HGP) pada matakuliah Bioteknologi yang layak dan efektif untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.

Buku ajar disusun dan dikembangkan dengan mengadaptasi 4 langkah model pengembanganThiagarajan (1974). Langkah pertama dengan melakukan (1) define, dengan menganalisis kebutuhan di lapangan dilihat dari SK-KD, mahasiswa, tugas dan konsep, (2) design, dengan membuat prototipe buku ajar yang dibagi menjadi 3 bagian utama meliputi bagian awal, bagian inti, dan bagian penutup, (3) develop, dengan melakukan validasi buku ajar oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, serta (4) disseminate, dengan melakukan kegiatan uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Tahapan uji coba kelompok kecil dilakukan pada 9 orang mahasiswa semester VIII dan uji lapangan dilakukan pada 25 orang mahasiswa semester VI, yang semuanya dilakukan di Universitas Negeri Malang.

Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan produk yaitu sebesar 83,7% termasuk kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan produk sebesar 71% termasuk kriteria layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji validasi ahli bahasa menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan produk sebesar 79,19% termasuk kriteria layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji coba kelompok kecil rata-rata 78,2% termasuk kriteria layak dan tidak perlu direvisi.

Hasil uji validasi digunakan sebagai dasar tindakan revisi sebelum pelaksanaan uji lapangan. Uji lapangan dilakukan dengan melakukan pembelajaran dikelas yang diakhiri dengan tes uji kompetensi. Hasil belajar dari 25 orang mahasiswa memiliki nilai rata-rata kelas sebesar 74,84 dan persentase perolehan nilai 70 sebesar 76 %. Uji coba produk dianggap berhasil jika lebih dari 75% mahasiswa memperoleh nilai minimal 70.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) Buku ajar matakuliah Bioteknologi materi HGP dapat digunakan sebagai sumber belajar selama pelaksanaan perkuliahan Bioteknologi. (2)Buku ajar matakuliah Bioteknologi materi HGP dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar berupa kognitif, afektif, dan psikomotor karena dilengkapi dengan kegiatan mahasiswa berupa praktikum. (3) Aspek kebahasaan harus diperhatikan karena merupakan salah satu elemen penting yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna buku ajar untuk memahami materi yang disampaikan.

× How can I help you?