Weni, Eko. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Perangkat Pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel Berbasis Molekuler terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pemahaman Konsep Siswa RSBI SMA Negeri 1 Blitar. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Dr. agr. Mohamad Amin, S.Pd, M.Si., (II) Dr. Umie Lestari, M.Si

Kata kunci: strategi pembelajaran, perangkat pembelajaran, kemampuan akademik, kemampuan berpikir, pemahaman konsep.

Kenyataan yang dihadapi oleh dunia pendidikan kita di Indonesia adalah adanya krisis paradigma, berupa kesenjangan dan ketidaksesuaian antara tujuan yang ingin dicapai dengan paradigma yang dipergunakan (Ardana, 2000). Sebagai ilustrasi tentang kesenjangan ini, siswa di sekolah dijejali dengan informasi-informasi yang harus dikuasai siswa, sementara kehidupan di masa depan menuntut pemecahan masalah baru secara inovatif. Pendidikan biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitarnya, sehingga pendidikan biologi ditekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Karena itu, siswa perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah ketrampilan proses agar mereka mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar. Pemberian pengalaman belajar secara langsung sangat ditekankan melalui penggunaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah dengan tujuan untuk memahami konsep-konsep dan mampu memecahkan masalah.

Memasuki tahun pelajaran 2007 – 2008, SMA Negeri 1 Blitar mendapat kepercayaan untuk membuka program rintisan sekolah bertaraf Internasional. Oleh karena itu SMA Negeri 1 Blitar mengambil kebijakan untuk melakukan benchmarking dalam menentukan kurikulum Internasional yang diadaptasi dan melakukan pengadaptasian terhadap kedua kurikulum tersebut.

Tujuan penting dalam dunia pendidikan adalah membantu siswa belajar bagaimana untuk berpikir lebih produktif dengan pemikiran kritis mereka. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah, maka salah satu strategi pembelajaran yang sebaiknya digunakan oleh guru adalah pembelajaran pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem-Based Learning.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat pembelajaran struktur dan fungsi sel berbasis molekuler terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 1 Blitar. Langkah yang digunakan adalah membandingkan strategi pembelajaran konvensional dengan penerapan strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat pembelajaran struktur dan fungsi sel berbasis molekuler. Rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara nyata mengenai perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat pembelajaran struktur dan fungsi sel berbasis molekuler terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, 2) ada pengaruh strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat pembelajaran struktur dan fungsi sel berbasis molekuler terhadap pemahaman konsep siswa. Ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang berkemampuan akademik atas maupun siswa berkemampuan akademik bawah, 3) ada pengaruh strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat pembelajaran struktur dan fungsi sel berbasis molekuler terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemahaman konsep, 4) ada interaksi antara strategi pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat pembelajaran struktur dan fungsi sel berbasis molekuler dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemahaman konsep.

Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini, maka dapat diajukan saran yang perlu menjadi pertimbangan bagi semua pihak yang berkepentingan khususnya bagi guru biologi SMA dan peneliti yang berminat adalah sebagai berikut. 1) mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan tuntuan perkembangan jaman dan pesatnya ilmu pengetahuan, 3) menguasai berbagai strategi dan model pembelajaran inovatif antara lain pembelajaran berdasarkan masalah. Kemampuan seorang guru menggunakan berbagai macam strategi dan model pembelajaran baru, sehingga dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam menerima pembelajaran.