Saleh, Andi Rahmat. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Teknik Mind Mapping dan Kemampuan Akademik Terhadap Kreativitas, Hasil Belajar, dan Retensi Belajar Kognitif Biologi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Se-Kabupaten Wajo. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S., (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd.

 

Kata kunci: STAD, Mind Mapping, kreativitas, retensi

 

Secara umum, pembelajaran biologi yang terjadi di SMA di Kabupaten Wajo masih bersifat berpusat pada guru padahal paradigma pendidikan saat ini cenderung ke arah berpusat kepada siswa. Akibatnya, kreativitas siswa menjadi kurang dikembangkan padahal hal ini menjadi penting untuk pengembangan kemampuan siswa di kehidupannya di masa mendatang. Berbagai hasil penelitian di beberapa sekolah menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa masih dalam kategori rendah dan kemudian faktor kebertahanan materi tersebut dalam memori siswa (retensi belajar) juga menjadi faktor yang kurang diperhatikan Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan teknik Mind Mapping dapat menjadi sarana yang tidak hanya akan dapat mengembangkan hasil belajar siswa tetapi diharapkan dapat mengakomodasi pengembangan kreativitas dan pada akhirnya akan memperbaiki retensi siswa terhadap materi yang dipelajarinya.

Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran model kooperatif STAD dengan teknik Mind Mapping dan kemampuan akademik siswa terhadap kreativitas, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi belajar kognitif biologi siswa kelas XI se-kabupaten Wajo dan (2) mengetahui hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kognitif biologinya.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen non-randomized control group pretest-postest dengan variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif STAD dengan teknik Mind Mapping dan variabel moderator yaitu kemampuan akademik siswa, serta tiga variabel terikat yaitu kreativitas, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi belajar kognitif biologi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Se-Kabupaten Wajo dengan sampel menggunakan enam kelas dari tiga sekolah yang berbeda. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis untuk mengukur kreativitas, hasil belajar, dan retensi belajar kognitif biologi siswa. Data dianalisis menggunakan statistik anakova dengan bantuan program Statistical Program for Social Science (SPSS) 17.0 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada aspek kreativitas diperoleh hasil uji deskriptif yang menunjukkan terdapat perbedaan kreativitas siswa dari sisi model pembelajaran, kemampuan akademik, ataupun interaksinya sedangkan untuk uji statistik inferensialnya tidak diketemukan hasil yang signifikan untuk faktor model pembelajaran dan kemampuan akademik serta interaksinya terhadap kreativitas siswa, (2) hasil belajar kognitif biologi sebagai variabel terikat lain yang dikaji memperlihatkan hasil uji deskriptif yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif biologi siswa dari faktor model pembelajaran, kemampuan akademik, ataupun interaksinya sedangkan untuk uji statistik inferensialnya yaitu diperoleh hasil yang signifikan untuk faktor model pembelajaran dan kemampuan akademik serta interaksinya terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa, dan (3) aspek retensi belajar kognitif biologi memperlihatkan hasil uji deskriptif yang menunjukkan terdapat perbedaan retensi belajar kognitif biologi siswa dari faktor model pembelajaran, kemampuan akademik, ataupun interaksinya sedangkan untuk hasil uji statistik inferensialnya yaitu diperoleh hasil yang signifikan untuk faktor kemampuan akademik serta interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa terhadap retensi belajar kognitif biologi siswa

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model pembelajaran, kemampuan akademik, dan interaksi keduanya terhadap kreativitas, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi belajar kognitif biologi siswa meskipun untuk beberapa variabel terikat, pengaruh model tersebut sama antara model pembelajaran STAD dengan teknik Mind Mapping dan model pembelajaran konvensional serta (2) terdapat korelasi yang signifikan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kognitif biologi siswa.

 

× How can I help you?