Islami, Anggun Variasi.2014. Pengaruh Integrative Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang tahun Ajaran 2013/ 2014. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr. Siti Zulaikah, M.Si

 

Kata kunci: integrative learning, kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep

 

Guru seringkali tidak menyadari kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada materi Hukum Newton sehingga Siswa harus berjuang sendiri untuk memahami konsep. Kurangnya penguasaan siswa terhadap konsep menyebabkan siswa kesulitan untuk memecahkan masalah. Penguasan konsep yang tinggi akan membantu siswa untuk memilih solusi yang tepat ketika menyelesaikan masalah. Integrative learning akan membantu siswa untuk lebih mudah menguasai konsep dan banyak melatih kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang dibelajarkan melalui integrative learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui inkuiri terbimbing.

Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampelnya terdiri dari 68 siswa kelas X SMAN 2 Malang, Jawa Timur. Penelitian dilakukan selama 6 minggu. Kedua kelas diberikan tes berupa soal pilihan ganda untuk penguasaan konsep dan soal essay untuk kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan MANOVA satu arah dengan tingkat signifikan 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar menggunakan integrative learning dengan yang belajar dengan inkuiri terbimbing. Selanjutnya pada uji tukey menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar dengan integrative learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa integrative learning sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran yang mengharapkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika yang tinggi. Saran pada penelitian ini adalah peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis dimensi integrative learning. Saran selanjutnya peneliti menyarankan mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan ePortofolio.

× How can I help you?