Haris, Abdul, 2014. Penerapan Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI TKJ SMKN 2 Kandangan. Tesis. Program Studi Pendidi-kan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Subanji, M.Si, (II) Dr. Hery Susanto, M.Si.

Keywords: Pembelajaran Problem Posing, Berpikir Kreatif

 

Pembelajaran di SMK Negeri 2 Kandangan umumnya masih terpusat pada guru dan cenderung bersifat prosedural, yaitu guru menjelaskan, memberikan contoh dilanjutkan dengan latihan soal. Pada pembelajaran seperti ini, siswa lebih banyak menghafal dan sedikit menalar sehingga hanya dapat menstimulasi kemampuan berpikir siswa pada tingkat menghafal (recall thinking) dan berpikir tingkat dasar (basic thinking), namun kurang mampu meningkatkan kemampuan kemampuan berpikir siswa pada tingkat berpikir kritis (critical thinking) dan berpikir kreatif (creative thinking). Penelitian ini memaparkan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran problem posing berbantuan media powerpoint dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Kandangan.

Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan meliputi: (1) data utama, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan peneliti dan (2) data pendukung yang terdiri dari: (a) hasil tes awal siswa, (b) hasil observasi kegiatan guru, (c) hasil observasi kegiatan siswa, dan (d) tes akhir siklus. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang meliputi empat (4) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing berbantuan media powerpoint yang dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa meliputi: (1) melalui tanya jawab, guru membimbing siswa membangun konsep/pemahaman materi permutasi dan kombinasi dengan bantuan powerpoint yang animatif, (2) guru meminta siswa membuat soal matematika sesuai dengan konteks yang diberikan dan menyelesaikannya, (3) guru meminta siswa menukarkan soal dengan pasangannya untuk dikerjakan, dan (4) guru meminta siswa untuk saling mengoreksi jawaban pasangan dan memberikan perbaikan atau penguatan.

Kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,7% dengan kategori berpikir kreatif dari “kurang baik” menjadi “cukup baik”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing berbantuan powerpoint dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Kandangan. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

 

× How can I help you?