Gafur, A. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial di SMPN 1 Watang Pulu. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M.S., M.Sc., (II) Dr. Hery Susanto, M.Si.

 

Kata kunci: STAD, mind mapping, pemahaman konsep

 

Pembelajaran yang tepat perlu diterapkan sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep aritmetika sosial, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran model STAD berbantuan mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep aritmetika sosial pada siswa kelas VIIA SMPN 1 Watang Pulu.

Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi , dan refleksi yang dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 1 Watang Pulu yang berjumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi guru dan siswa serta hasil tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep aritmetika sosial siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan mind mapping meliputi (1) guru melakukan tanya jawab yang terkait dengan materi aritmetika sosial, (2)membentuk kelompok yang heterogen (STAD), (3) membagikan LKS dan lembar mind mapping, (4) mendiskusikan masalah pada LKS dan lembar mind mapping, (5) mempresentasikan hasil diskusi, (6) menyimpulkan pembelajaran, dan (7) tes individu dan penghargaan kelompok. Persentase peningkatan pemahaman konsep aritmetika sosial siswa kelas VIIA SMPN 1 Watang Pulu dari siklus I ke siklus II sebesar 4,89%. Sehingga pembelajaran model STAD berbantuan mind mapping dapat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika.