Kurniawan, B. W (2012) Penerapan Model Modified Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Efikasi Diri Mahasiswa. Tesis, S2 Pendidikan Ekonomi, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si, (II) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si

Kata Kunci: modified problem based learning, berpikir kritis, efikasi diri

Kurangnya kemampuan berfikir kritis dan efikasi diri yang rendah pada mahasiswa S1 Manajemen adalah masalah pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran Modified Problem Based Learning pada mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan peningkatan efikasi diri mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah 46 mahasiswa manajemen.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif–kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem observasi,wawancara dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa selama pemberian tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa selama pemberian tindakan pada tiap siklus rata-rata kemampuan berpikir kristis mahasiswa adalah: pertama, untuk aspek merumuskan masalah rata-rata skor kelompok untuk aspek ini meningkat 34.62%. Aspek yang kedua yaitu memberikan argumen dengan rata-rata skor kelompok meningkat sebesar 21.15%. Aspek yang ketiga adalah melakukan deduksi dengan rata-rata skor kelompok meningkat sebesar 26.28. Aspek yang keempat adalah melakukan induksi dengan rata-rata skoor kelompok meningkat sebesar 29.49%. Aspek yang kelima adalah melakukan evaluasi dengan skor kelompok meningkat sebesar 19.23%. Dan aspek yang terakhir adalah memutuskan dan melaksanakan dengan perolehan skor rata-rata kelompok mengalami peningkatan sebesar 32.69%. Sedangkan untuk efikasi diri tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I skor rata-rata sebesar 75%, siklus II dengan skor rata-rata 85%, dan pada siklus III skor rata-rata 88%. Ini berarti model pembelajaran modified problem based learning dapat meningkatkan efikasi diri mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penelitian tindakan kelas dengan metode modified problem based learning, bagi guru atau pengajar yang berminat mererapkan pembelajaran dengan metode ini harap memperhatikan pengelolaan kelas, dan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mencari subyek penelitian/sekolah yang belum pernah dilakukan penelitian tindakan kelas, juga bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih banyak menggunakan waktu yang tersedia.

Â