Fajriyah, Nur Izzati. 2016.Kecemasan Mahasiswa EFL dalam Menulis dan Prestasinya dalam Menulis. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (II) Prof. A. Effendi Kadarisman, M. A., Ph.D

Key words: menulis, kecemasan dalam menulis, prestasi dalam menulis

Dengan melihat perkembangan minat dalam penelitian terhadap level, tipe, penyebab dan efek kecemasan dalam menulis bahasa asing atau bahasa kedua terhadap prestasi menulis mahasiswa EFL selama tiga dekade terakhir, sumbersumber potensial dari fenomena tersebut ternyata belum banyak diteliti dan diidentifikasi, khususnya dalam konteks mahasiswa EFL Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini banyak menggali dan menginvestagasi level, tipe, faktor-faktor penyebab kecemasan dalam menulis serta korelasi antara kecemasan dalam menulis dan prestasi mahasiswa dalam menulis dalam konteks mahasiswa EFL Indonesia. Sebuah pendekatan metode gabungan digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah. Metode yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan dan mengkorelasikan data yang telah dikumpulkan. oleh karena itu, data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan dan dianalisis secara berturut-turut. Sejumlah seratus sepuluh mahasiswa (46 mahasiswa laki-laki dan 64 mahasiswa perempuan) dari jurusan Bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Malang dan Universitas Kanjuruhan Malang serta dua orang dosen jurusan Bahasa Inggris untuk mata kuliah menulis terlibat dalam penelitian ini. secara kuantitatif, dua jenis kuesioner survey (Second Language Writing Anxiety Inventory dan Sources of Writing Anxiety Questionnaires) dan nilai menulis mahasiswa digunakan untuk menginvestegasi level, tipe, faktor-faktor serta korelasi kecemasan mahasiswa dalam menulis dan prestasi menulis mereka. untuk fase kualitatif, delapan mahasiswa dengan tingkat kecemasan tinggi, delapan mahasiswa dengan tingkat kecemasan rendah serta dua orang dosen mata kuliah menulis diwawancarai secara personal untuk memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang memungkinkan menyebabkan kecemasan dalam menulis yang dialami oleh mahasiswa. Selain itu, diskusi kelompok dengan tiga orang mahasiswa dari masing-masing universitas juga dilaksanakan untuk menggali pandangan mereka tentang strategi yang biasanya atau perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah kecemasan dalam menulis. Data kuantitatif dikoding dan dimasukkan ke dalam program SPSS yang digunakan untuk menghasilkan tabulasi data, statistika deskriptif dan tes Scheffe hoc untuk menguji perbedaan signifikan di antara faktor-faktor kecemasan dalam menulis yang paling sering muncul. Secara kualitatif, data deskriptif dianalisis dengan menggunakan metode analisis deduktif dan induktif.
7
Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sebagai responden penelitian ini mengalami kecemasan dalam menulis pada tingkatan yang tinggi ketika mereka menulis dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kecemasan somatis merupakan tipe kecemasan dalam menulis yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa. Hal ini berarti bahwa mereka mengalami aspek-aspek dan efekefek psikologis seperti tekanan, grogi, dan perasaan tidak nyaman ketika mereka hendak menulis atau ketika mereka sednag menulis dalam Bahasa Inggris. Lebih daripada itu, juga ditemukan bahwa tingkat kecemasan yang tinggi dalam menulis paling banyak disebabkan oleh faktor-faktor kognitif dan linguistic (kebahasaan). Untuk rumusan masalah terakhir dalam penelitian ini, ditemukan bahwasanya ada korelasi negatif yang signifikan antara nilai menulis mahasiswa dengan tingkat kecemasan mereka dalam menulis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecemasan mahasiswa dalam menulis, semkain rendah nilai yang mereka peroleh dari aktivitas menulis, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan temuan-temuan ini, implikasi dan saran-saran pedagogis juga disampaikan untuk para pendidik, pembuat kebijakan dan peneliti lainnya.

× How can I help you?