Pradana, Ahmad Candra. 2015. Analisis Proses dan Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa serta Scaffolding-nya. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Akbar Sutawidjaja, M.Ed, Ph.D., (II) Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D.

Kata Kunci: analisis, proses menyelesaikan masalah, kesalahan siswa, penyelesaian masalah, soal matematika PISA, scaffolding

Rendahnya skor yang dicapai siswa Indonesia pada tes PISA (Programme for International Student Assessment­) pada tahun 2009 dan 2012 khususnya pada bidang matematika mencerminkan bahwa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika PISA. Salah satu cara untuk mengetahui kesulitan siswa adalah dengan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa. Pape (2004) mengelompokkan kesalahan siswa menjadi dua, yaitu kesalahan membaca soal dan kesalahan matematis. Soal matematika PISA termasuk tipe soal penyelesaian masalah, dalam proses menyelesaikannya dapat menggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah Polya, yaitu: memahami masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi dan melihat kembali. Konsep yang diperlukan untuk menyelesaikan soal matematika PISA sudah dipelajari siswa dalam pembelajaran di sekolah yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA adalah dengan pemberian scaffolding yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses penyelesaian yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan soal matematika PISA; 2) menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA; 3) mendeskripsikan scaffolding yang diberikan kepada siswa untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA.

Dalam penelitian ini digunakan rancangan deskriptif kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini. Peneliti mengumpulkan data yang berupa proses penyelesaian siswa dalam lembar jawaban, kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam lembar jawaban dan scaffolding yang diberikan kepada siswa. Pemberian scaffolding mengacu pada tingkat dan jenis scaffolding yang dikemukakan oleh Anghileri (2006).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah berusaha menerapkan langkah-langkah penyelesaian masalah Polya dalam proses penyelesaian meskipun belum sempurna. Dalam menyelesaikan soal matematika PISA kesalahan yang dilakukan siswa antara lain 1) kesalahan membaca soal, yaitu siswa salah dalam memahami gambar ilustrasi dalam soal, siswa tidak memahami soal dengan benar. 2) kesalahan matematis, yaitu siswa ceroboh dalam melakukan perhitungan, salah dalam menerapkan prosedur perhitungan, dan siswa salah dalam memahami konsep matematis. Scaffolding yang diberikan untuk mengatasi kesalahan tersebut antara lain berupa petunjuk, kesempatan siswa untuk menjelaskan dan memberi alasan, pertanyaan pancingan, memberikan contoh yang serupa, penyederhanaan masalah, menyediakan ilustrasi untuk situasi yang abstrak bagi siswa.

× How can I help you?