Prociding “STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)”
Nur Hanifah
Postgraduate Program, State University of Malang
Education Management Study Program
E-mail: nurhanifah_jombang41@yahoo.com
Abstract: Berkembangnya teknologi dan berlakunya pasar bebas, Masyarakat Ekonomi ASEAN akan meninkatkan daya saing dan kompetisi. persaingan antar sekolah semakin atraktif. Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. adapun teknik melaukan straetgi pemasaran adalah (1) Segmentasi pasar, (2) Penetuan pasar, (3) Positioning yang diharapkan sekolah, (4) Diferensition.Adanya nilai beda dan yang membedakan dengan kompetitor, dan (5) Branding, merupakan membangan citra sekolah yang unggul dan dapat ditrima dimasyarakat.
Keywords: pemasaran sekolah, daya saing sekolah