Nur Hanifah

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Program Studi Manajemen Pendidikan

E-mail: nurhanifah_jombang41@yahoo.com

Abstrak: Berkembangnya teknologi dan berlakunya pasar bebas, Masyarakat Ekonomi ASEAN akan meninkatkan daya saing dan kompetisi. persaingan antar sekolah semakin atraktif. Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. adapun teknik melaukan straetgi pemasaran adalah (1) Segmentasi pasar, (2) Penetuan pasar, (3) Positioning yang diharapkan sekolah, (4) Diferensition.Adanya nilai beda dan yang membedakan dengan kompetitor, dan (5) Branding, merupakan membangan citra sekolah yang unggul dan dapat ditrima dimasyarakat.

Kata Kunci: pemasaran sekolah, daya saing sekolah

× How can I help you?