picture 1

Pascasarjana Universitas Negeri Malang kembali menggelar acara Kuliah Tamu, menghadirkan pembicara Kepala Bidang Kerjasama Perpustakaan dan Otomasi Perpustakaan Nasional R.I., Dr. Joko Santoso M.Hum. Acara yang mengambil tema “Pemanfaatan E-Resourches Perpustakaan Nasional oleh Sivitas Akademika Perguruan Tinggi” diselenggarakan pada hari Jum’at, 04 September 2015 bertempat di Aula Pascasarjana Universitas Negeri Malang dan dihadiri 193 perwakilan mahasiswa Pascasarjana UM angkatan 2015.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, menyampaikan agar mahasiswa benar-benar memanfaatkan fasilitas layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional R.I. ini untuk menunjang kelancaran studinya. Sehingga diharapkan para mahasiswa Pascasarjana UM ini dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Apalagi ditunjang peningkatan jumlah titik hotspot area yang menjangkau di seluruh gedung Pascasarjana UM.

Turut memberi sambutan Kepala Perpustakaan Pascasarjana UM, Drs. Darmono, M.Si, beliau menyampaikan bahwa 5 PTN di Malang, yaitu UM, UIN, UB, Polinema, dan Poltekes mengadakan kerjasama yang disebut dengan Malang Interlibrary Loan. Silang layanan antar perguruan tinggi ini meliputi peminjaman koleksi antar perpustakaan yang tergabung di wadah tersebut. Dimana untuk UM, layanan ini dikoordinir oleh Perpustakaan Pusat.

Dr. Djoko Santoso, M. Hum. menyampaikan tentang fasilitas layanan yang dsediakan Perpustakaan Nasional R.I. Beliau lebih banyak menjelaskan tentang layanan e-resourches karena koleksi ini yang paling banyak dibutuhkan oleh mahasiswa pascasarjana. Anggota Steering Committee Indonesian Digital Library ini juga menjelaskan tentang prosedur pendaftaran keanggotaan di Perpustakaan Nasional R.I. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kepala Perpustakaan Pascasarjana UM. (Dy)

en_USEnglish