OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KOSA KATABAHASA INDONESIA MELALUI METODETOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA ANAK USIA DINI

 

Neila Darojatul Ulya

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: neila.ulya@gmail.com

 

ABSTRAK: Indonesia mempunyai berbagai suku bangsa yang memiliki keanekaragaman bahasa daerah yang memungkinkan penduduknya lebih awal menguasai bahasa daerah selain bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa daerah biasanya lebih intensif dipakai di lingkungan luar daerah perkotaan di mana biasanya bahasa daerah dikuasai lebih awal sejak usia dini sebagai bahasa ibu atau bahasa pertama (B1) sebelum bahasa Indonesia dikuasai. Tentu saja hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik anak usia dini di luar daerah perkotaan dalam mengajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua (B2). Untuk itu, diperlukan adanya pengenalan suatu metode untuk anak usia dini yang bisa mengoptimalkan kemampuan reseptif bahasa yang paling utama yaitu berupa keterampilan menyimak, salah satunya berupa metode Total Physical Response (TPR). Metode Total Physical Response (TPR) dapat menjadi metode yang sesuai untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa PAUD sebagai pemula, dikarenakan metode ini berusaha meniru proses belajar bahasa alami pada bayi yang mengalami masa pra produksi di mana ia tidak berbicara sampai akhirnya menguasai bahasa pertamanya agar dapat menalar makna kosakata yang diajarkan berdasarkan konteksnya.

 

Kata kunci : pembelajaran kosakata, metode Total Physical Response

× How can I help you?