KESANTUNAN TINDAK DIREKTIF GURU TK

 

Anisa Ulfah

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5 Malang

E-mail: anisaulfah.pbi@gmail.com

 

 

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan tindak direktif guru TK dalam interaksi pembelajaran, meliputi (a) wujud kesantunan, (b) strategi kesantunan, dan (c) fungsi kesantunan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya ialah studi kasus dengan kajian sosiopragmatik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesantunan tindak direktif guru TK dalam dalam interaksi pembelajaran diwujudkan melalui (a) penggunaan kata (diksi), (b) penggunaan kalimat, (c) penggunaan lagu, dan (d) penggunaan isyarat. Strategi kesantunan diungkapkan dengan (a) strategi langsung, (b) strategi langsung dengan penanda kesantunan, dan (c) strategi tidak langsung. Adapun fungsi kesantunan tindak direktif guru ialah (a) membudayakan bertutur santun, (b) menjalin hubungan harmonis dengan siswa, (c) mencapai tujuan pembelajaran, dan (d) mendisiplinkan siswa.

 

Kata kunci: kesantunan berbahasa, tindak direktif, guru TK