PERAN NEGOSIASI MAKNA DALAM PEMBELAJAAN SEBAGAI WUJUD PEMAHAMAN SISWA

 

Septi Kartika Sari

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: septikartika58@yahoo.com

 

ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan frekuensi penggunaan negosiasi makna yang dilakukan guru dalam kaitannya dengan pemahaman siswa yang dilakukan di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah deskriptif karena memaparkan fenomena frekuensi penggunaan negosiasi makna secara apa adanya. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembelajaran di SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalamg 02 negosiasi makna yanga paling sering muncul adalah negosiasi makna cek konfirmasi, yaitu muncul sebanyak 26 kali.Negosiasi makna cek konfirmasi dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pemahaman siswa meningkat setelah guru menggunakan negosiasi makna, terutama negosiasi makna cek konfirmasi.

 

Kata kunci: negosiasi makna, frekuensi, pemahaman

× How can I help you?