KERANGKA IMPLEMENTASI TEKS DONGENG SI KANCIL SEBAGAI TEKS AJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

 

Wima Ariya Menggala

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: ariya.wima@gmail.com

 

ABSTRAK: Pembelajaran berbasis masalah membantu siswa untuk belajar isi akademik dan keterampilan memecahkan masalah dengan melibatkan siswa kepada situasi masalah dalam kehidupan nyata sehari-hari.Cerita si kancil berkonteks masalah yang mengajarkan bahwa kecerdasan atau otaklah yang lebih penting untuk menyelesaikan masalah, sehingga tepat digunakan sebagai teks ajar pembelajaran berbasis masalah. Terlepas dari pro-kontra cerita kancil sebagai teks ajar, dongeng merupakan cerita sastra yang bersifat anonim dan senantiasa mengalami sejumlah variasi meskipun bangunan cerita dasarnya tidak berubah, sehingga perlu adanya pemilihan dan pengubahan yang disesuaikan dengan siswa. Kerangka implementasi teks cerita kancil berbasis projek dimulai dari proses 1) perencanaan, 2) penyusunan instrumen, 3) kegiatan pembelajaran, dan 4) oservasi, evaluasi, dan refleksi.

 

Kata kunci: kerangka Implementasi, teks dongeng kancil, bahan ajar, pembelajaran berbasis masalah