BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF

 

Azizatuz Zahro

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: azizatuz.zahro.fs@um.ac.id

 

ABSTRAK: Dalam kurikulum 2013, pendekatan pembelajaran tematik integratif diimplementasikan dari kelas I sampai kelas VI Sekolah Dasar. Ini berarti bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sentral. BI bukan hanya sebagai mata pelajaran, tetapi juga fungsinya sebagai penghela atau penghantar mata pelajaran lain mendapat penekanan khusus. Di sisi lain, sesuai hakikatnya bahasa Indonesia juga digunakan sebagai sarana pengembangan kemampuan berpikir. Dengan kedudukan sentralnya tersebut, muncul kekhawatiran terjadi pengerdilan fungsi bahasa Indonesia karena pembelajaran terjebak pada upaya memahami pengetahuan sain semata. Sesuai dengan realitas yang berkembang, hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran bahasa Indonesia di antaranya (1) memahami karakteristik teks dan respon yang sesuai terhadap teks, (2) memvariasi empat keterampilan berbahasa, dan (3) memperhatikan keterampilan bawahan dari tiap kompetensi dasar.

 

Kata kunci: Bahasa Indonesia, pembelajaran, tematik integratif,.

× How can I help you?