S3 Psikologi Pendidikan

RASIONAL PROGRAM

Usaha pendidikan, terutama di bidang pengajaran, merupakan kegiatan yang mempunyai landasan keilmuan yaitu ilmu-ilmu perilaku, khususnya Psikologi. Perhatian landasan Psikologi pada usaha pendidikan dan pengajaran ini bertujuan profesionalisasi. Arti penting gagasan profesionalisasi belakangan ini memperoleh penekanan dan dorongan oleh adanya kepedulian untuk memperbaiki praktik-praktik pendidikan dalam kerangka tujuan lebih jauh, yaitu peningkatan mutu pendidikan. Sementara itu, dewasa ini diketahui belum banyak, kalaupun ada, tenaga pendidikan pengajaran yang berlatar belakang bidang spesialisasi Psikologi pendidik­ankhususnya Pascasarjana. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) tahun 2003 mengenali adanya berbagai tenaga pendidikan sebagai pelaksana sistem. Selain tenaga pendidikan di bidang pengajaran yaitu guru yang disebut secara eksplisit, ada tenaga-tenaga lain yang tidak tercantum secara khusus di dalam UUSPN yang perlu dikenali dan yang selanjutnya perlu diusahakan pengadaannya.

Untuk maksud tersebut, dirasa perlu ada satu program pendidikan jenjang S3 yang bertugas menyiapkan tenaga bidang Psikologi yang berkeahlian dalam proses-proses pendidikan yang akan bekerja di berba­gai lembaga pendidikan, terutama yang berkaitan dengan penyelenggara­an pendidikan di lembaga pendidikan formal sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Tenaga ahli dimaksud, diharapkan memiliki kemampuan level 9 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang Psikologi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Tenaga ahli Psikologi pendidikan tersebut diharapkan akan memberi­kan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan teknologi dalam pendidikan, antara lain adalah sebagai (1) peneliti mengenai aspek-aspek Psikologis perkembangan peserta didik dan pembelajaran pada lembaga-lembaga penelitian dan lembaga pendidikan formal, dan pengembangan kurikulum; (2) tenaga ahli dalam penilaian dan testing pendidikan, diagnostik kesulitan belajar, perencanaan pendidikan dan pengembangan sistem terutama dari sudut pandang teori Psikologi pendidikan; (3) tenaga ahli dalam tim kerja bersama dengan konselor sekolah dan tenaga terkait lainnya, dengan tugas membantu penanganan masalah belajar siswa di sekolah; serta (4) pendidik yang berkewenangan mengajar di bidang Psikologi pendidikan di jenjang pendidikan tinggi.

 

VISI

Visi Program studi Psikologi Pendidikan adalah menjadi program studi unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang Psikologi pendidikan di Indonesia.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran program studi yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk bidang ilmu Psikologi pendidikan
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang Psikologi pendidikan di berbagai seting lembaga pendidikan formal, dan pengembangan kurikulum
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang Psikologi pen­didikan
  4. Menyelenggarakan tatapamong program studi yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia, mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya, menghargai keanekaragaman budaya pandangan kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan iriginal orang lain, menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, serta mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam rangka mengembangkan pengetahuan teknologi dan/atau seni baru di dalam bidang ilmu dan praktik Psikologi pendidikan;
  2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif original dan teruji dalam bidang Psikologi pendidikan yang mendapat pengakuan nasional dan internasional;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Psikologi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia;
  4. menghasilkan kinerja program studi yang efektif, efisien, akuntabel, dan transfaran dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Program Doktor Psikologi Pendidikan diharapkan menjadi ilmuwan dan praktisi profesional dalam bidang Psikologi pendidikan yang menguasai seperangkat kompetensi yang setara dengan level 9 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Peraturan Presiden, no 8 th 2012 ttg KKNI), , yang telah dimodifikasi menjadi sebagai berikut.

  1. Memiliki wawasan keilmuan untuk menyusun suatu paradigma yang memiliki sumbangan kreatif sebagai kerangka kerja penelitian yang original dalam bidang Psikologi pendidikan.
  2. Memiliki wawasan pendidikan yang luas, serta mampu mengenali memahami dan mengantisipasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan pada umumnya.
  3. Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan sosial dan perilaku (Psikologi), pendidikan, khususnya Psikologi pendidikan, serta mampu menggunakan hasilhasilnya untuk melaksanakan penelitian di bidang Psikologi pendidikan.
  4. Memperlihatkan perilaku sebagai ilmuwan dan praktisi profesional dalam Psikologi pendidikan yang mencerminkan kepribadian pendidik dan peneliti yang bertanggungjawab kepada masyarakat bangsa dan Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Peka dan terpanggil pada perkembangan dan permasalahan masyarakat bangsa dan umat manusia untuk menyumbangkan kerja ilmiah dan profesional dalam bidang Psikologi pendidikan melalui pendekatan inter multi dan transdisipliner.
  6. Menguasai bidang Psikologi pendidikan baik teori, praktik, maupun pengembangannya, dan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan teknologi, khususnya di bidang Psikologi pendidikan.
  7. Mengelola, memimpin, mengembangkan dan melaksanakan penelitian yang kreatif dan original, serta pempublikasikannya di jurnal dan forum ilmiah nasional maupun internasional untuk kepentingan pengembangan ilmu dan pemecahan masalah masyarakat dalam bidang Psikologi pendidikan.

 

PROFIL LULUSAN

Sesuai dengan Kemampuan level 9 pada KKNI yakni mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di bidang Psikologi Pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional, maka dengan ini lulusan mahasiswa prodi PSP diharapkan:

  1. Memiliki wawasan keilmuan untuk menyusun suatu paradigma yang memiliki sumbangan kreatif sebagai kerangka kerja penelitian yang original dalam bidang Psikologi Pendidikan.
  2. Memiliki wawasan pendidikan yang luas, dan mampu mengenali dan memahami serta mengantisipasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan pada umumnya.
  3. Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan sosial dan perilaku (psikologi), pendidikan dan khususnya Psikologi Pendidikan, serta mampu menggunakan hasilnya untuk melaksanakan penelitian di bidang Psikologi Pendidikan.
  4. Memperlihatkan perilaku sebagai ilmuwan dan praktisi profesional dalam Psikologi Pendidikan yang mencerminkan kepribadian pendidik dan peneliti yang bertanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan Tuhan yang maha esa.
  5. Peka dan terpangil pada perkembangan dan permasalahan masyarakat bangsa dan umat manusia untuk menyumbangkan kerja ilmiah dan profesional dalam bidang Psikologi Pendidikan melalui pendekatan inter-multi dan transdisipliner.
  6. Menguasai bidang Psikologi Pendidikan baik teori, praktik, maupun pengembangannya, dan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan teknologi, khususnya di bidang Psikologi Pendidikan.
  7. Mengelola, memimpin, mengembangkan dan melaksanakan penelitian yang kreatif dan original, serta mempublikasikannya di jurnal dan forum ilmiah nasional maupun international untuk kepentingan pengembangan ilmu dan pemecahan masalah masyarakat dalam bidang Psikologi Pendidikan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
    6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri; dan
    11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  1. Penguasaan Pengetahuan
    1. Menguasai bidang Psikologi Pendidikan baik teori, praktik, maupun pengembangannya.
    2. Memiliki wawasan keilmuan untuk menyusun suatu paradigma yang memiliki sumbangan kreatif sebagai kerangka kerja penelitian yang original dalam bidang Psikologi Pendidikan.
    3. Memiliki wawasan pendidikan yang luas, dan mampu mengenali dan memahami serta mengantisipasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan pada umumnya.
    4. Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan sosial dan perilaku (psikologi), pendidikan dan khususnya Psikologi Pendidikan.
  1. Keterampilan Umum
    1. Menunjukkan kepekaan dan ke-terpanggilan pada perkembangan dan permasalahan masyarakat bangsa dan umat manusia untuk menyumbangkan kerja ilmiah dan profesional dalam bidang Psikologi Pendidikan melalui pendekatan inter-multi dan transdisipliner.
    2. Mampu mengembangkan baik teori dan praktik dalam bidang Psikologi Pendidikan
    3. Mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi, khususnya di bidang Psikologi Pendidikan
  1. Keterampilan Khusus
    1. Mampu menggunakan hasil penelitian yang terkait keilmuan sosial dan perilaku, pendidikan dan khususnya Psikologi Pendidikan, untuk melaksanakan penelitian di bidang Psikologi Pendidikan.
    2. Mampu mengelola, memimpin, mengembangkan dan melaksanakan penelitian yang kreatif dan original, serta mempublikasikannya di jurnal dan forum ilmiah nasional maupun international untuk kepentingan pengembangan ilmu dan pemecahan masalah masyarakat dalam bidang Psikologi Pendidikan
    3. Mampu memperlihatkan perilaku sebagai ilmuwan dan praktisi profesional dalam Psikologi Pendidikan yang mencerminkan kepribadian pendidik dan peneliti yang bertanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan Tuhan yang maha esa.