S3 Pendidikan Bahasa Indonesia

VISI

Menjadi program studi doktor yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang kependidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran doktor bahasa Indonesia yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  4. Menyelenggarakan tatapamong program doktor pendidikan bahasa Indonesia yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan doktor pendidikan bahasa Indonesia yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  4. Menghasilkan kinerja yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

PROFIL LULUSAN

  1. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah pendidik, peneliti, dan wirausaha bidang bahasa Indonesia serta pembelajarannya, dengan deskrpsi profil sebagai berikut.

  1. Memiliki pengetahuan kependidikan.
  2. Memiliki pengetahuan kebahasaan.
  3. Memiliki pengetahuan kesastraan.
  4. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia.
  5. Memiliki keterampilan bersastra Indonesia.
  6. Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran
  7. Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik.
  8. Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia.
  9. Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik.
  10. Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.
  11. Memiliki kemahiran menghasilkan karya di bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya yang relevan dengan pembangunan industri kreatif.

 

 

STANDAR KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN

Standar kompetensi lulusan Program Studi S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Menemukan teori baru dan menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui penelitian
  2. Memecahkan masalah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara interdisipliner/ multidisipliner/transdisipliner
  3. Merancang, melaksanakan, dan memimpin penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional/internasional
  4. Memublikasikan hasil penelitian disertasi/bentuk lain yang setara dan sudah diterima untuk diterbitkan dalam terbitan berkala ilmiah bertaraf internasional
  5. Mengembangkan bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi secara tepat
  6. Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat, terutama masyarakat akademik
  7. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega dan sejawat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  8. Lulusan Program Studi S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki kewenangan sebagai penemu ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indone­sia di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

NO.

ASPEK

INDIKATOR

1.

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
  6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri; dan
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

2.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, serta teori-teori mutakhir tentang bahasa  dan sastra, serta pembelajarannya.
  2. Menguasai kebijakan dan pengelolaan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menguasai pembinaan dan pengembangan bidang bahasa indonesia untuk kepentingan ilmu pengetahuan, komunikasi dalam level nasional dan internasional; dan
  4. Menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.

3.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di  bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
  4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau trans disiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya;
  7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

4.

Keterampilan Khusus

  1. Mahir berbahasa Indonesia lisan dan tulis dengan baik dan benar untuk keperluan umum, akademik, dan pekerjaan/profesi serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.
  2. Mampu mengapresiasi, mengekspresi, dan mengreasi sastra Indonesia secara lisan dan tulis serta mendesiminasikan dan mempublikasikannya.
  3. Mampu menyusun peta jalan penelitian bidang kebahasaan, kesastraan, pendidikan bahasa, dan pendidikan sastra.
  4. Mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pendidikan/pembelajaran bahasa dan sastra melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan transdisiplin;
  5. Mampu menerapkan pendekatan inter-, multi-, atau transdisipliner untuk memecahkan masalah dalam bidang bahasa, sastra, pendidikan bahasa, dan pendidikan sastra Indonesia.
  6. Mampu menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; dan
  7. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi.