S3 Pendidikan Geografi

RASIONAL PROGRAM

Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang didirikan atas dasar pemikiran dan pertimbangan:

  1. Program Studi Pendidikan Geografi S1 sudah berdiri puluhan tahun yang lalu di berbagai universitas dan telah menghasilkan sarjana pendidikan geografi yang telah menjadi guru geografi—baik tingkat SMP atau SMA yang sederajat atau bekerja di bidang lain, namun belum tersedia program magister untuk meningkatkan kualifikasi mereka dalam bidang akademik.
  2. Para dosen program sarjana pendidikan geografi di berbagai universitas mengalami kesulitan meningkatkan kualitas diri dalam bidang akademik karena belum tersedia program doktor pendidikan geografi.
  3. Demikian mendesaknya kebutuhan penyediaan layanan pendidikan geografi tersebut, maka didirikan program studi ini dan hingga saat ini (2012) masih satu-satunya di Indonesia—terutama program doktor pendidikan geografi.

 

VISI

Menjadi program studi Doktor yang unggul dan menjadi rujukan dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan Geografi di tingkat regional, nasional dan internasional.

 

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Geografi yang menghasilkan lulusan yang siap menjadi guru atau dosen pendidikan Geografi yang profesional.
  2. Mengelola penelitian bidang pendidikan Geografi yang bermanfaat bagi pengem­bangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Mengelola pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan Geografi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat;
  4. Mengelola tatapamong program studi magister pendidikan Geografi yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan doktor pendidikan Geografi yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya penelitian dan karya kreatif inovatif yang unggul dalam bidang pendidikan Geografi;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Geografi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. Menghasilkan kinerja program studi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkelanjutan bidang pendidikan

 

 

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

Profil lulusan program studi doktor pendidikan Geografi adalah menjadi pendidik/ilmuwan yang mampu mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisipliner/multidisipliner, mengelola penelitian, dan menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional/internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Geografi. Standar kompetensi lulusan program studi ini adalah:

  1. Mengembangkan konsep teoretis dan menghasilkan karya kreatif inovatif dan teruji bidang pendidikan dan pembelajaran Geografi berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Memecahkan masalah pendidikan Geografi secara inter­disipliner dan multidisipliner;
  3. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Geografi pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi secara tepat;
  4. Merancang, melaksanakan, dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran Geografi yang bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional atau internasional;
  5. Mempublikasikan hasil penelitian disertasi dan karya akademik lain, dalam jurnal ilmiah internasional yang terindeks atau menyusun dan menyajikan makalah pada seminar, konferensi, atau pertemuan ilmiah lainnya pada skala internasional dan termuat dalam prosiding.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
    6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan Geografi secara mandiri;
    11. Menginternalisasi semangat kejujuran, kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  1. Penguasaan Pengetahuan
    1. Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoretis Geografi, pembelajaran, dan metodologi penelitian pendidikan Geografi;
    2. Menguasai konsep, teoretis dan keterampilan keruangan Geografi;
    3. Menguasai konsep, pendekatan, dan pembelajaran geografi;
    4. Menguasai konsep pengembangan kurikulum pendidikan Geografi dan pembelajarannya.
  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau produk inovatif yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan dan pembelajaran Geografi.
    2. Menyusun konsep dan teori, dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam disertasi dan mempublikasikan dalam forum ilmiah nasional maupun internasional..
    3. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan Geografi dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau lingkungan yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    4. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    5. Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan, Geografi dan pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian (roadmap) yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    6. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah bidang pendidikan Geografi dan pembelajarannya yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap gejala, informasi dan data;
    7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi;
    8. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri;
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Keterampilan Khusus
    1. Terampil dalam pendidikan dan pembelajaran bidang Geografi.
    2. Terampil dalam pendekatan keruangan, ekologi dan wilayah, sistem informasi geografi dan mitigasi bencana untuk tujuan penelitian dan pendidikan Geografi.
    3. Mampu memecahkan permasalahan bidang pendidikan dan pembelajaran Geografi melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian;
    4. Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional;
    5. Terampil menuliskan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah tingkat internasional yang terindeks atau menyusun dan menyajikan makalah yang dipresentasikan dalam seminar, konferensi atau kegiatan ilmiah lainnya pada tingkat internasional dan masuk dalam prosiding;
    6. Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang pendidikan Geografi serta mengomunikasikan ide secara efektif kepada masyarakat seprofesi atau masyarakat umum;
    7. Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan profesi, seperti IGI (Ikatan Geograf Indonesia) dan P3GI (Perkumpulan Profesi Pendidik Geografi Indonesia).