S3 Pendidikan Biologi

RASIONAL PROGRAM

Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Negeri Malang dibuka atas dasar pemikiran dan pertimbangan berikut:

  1. Perkembangan ilmu alamiah dan teknologi berlangsung dengan cepat; dan pada beberapa dasa warsa terakhir, perpaduan ilmu-ilmu dasar telah menempatkan biologi dalam urutan terkemuka dari rumpun ilmu alamiah.
  2. Para ahli mengamati bahwa pendidikan ilmu alamiah dan matema-tika, termasuk biologi di sekolah-sekolah sangat perlu dibenahi dan ditangani secara profesional agar sesuai dengan perkembangan ilmu alamiah dan teknologi tersebut.
  3. Kemampuan tenaga ahli pendidikan bidang ilmu alamiah perlu segera ditingkatkan untuk membenahi dan menangani pendidikan ilmu alamiah termasuk biologi di sekolah-sekolah. Tanpa penangan-an profesional, gejala tersebut dipastikan dapat membahayakan perkembangan ilmu alamiah sendiri.
  4. Dengan tidak mengabaikan faktor-faktor lainnya, penyebab utama kemunduran pendidikan ilmu alamiah di atas cenderung disebabkan oleh masih kurangnya keahlian tenaga kependidikan bidang ilmu alamiah. Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dalam bidang ilmu alamiah seyogianya merupakan tanggungjawab utama dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependi-dikan.
  5. Tenaga kependidikan dimaksud adalah ahli pendidikan bidang studi yang selain menguasai materi bidang studinya dengan baik, juga memiliki keahlian ilmu-ilmu kependidikan dalam arti yang luas. Bertolak dari pemikiran tersebut, adalah sangat tinggi urgensinya untuk menyelenggarakan suatu program studi pendidikan biologi di atas jenjang SI, dengan tujuan menyiapkan ahli pendidikan biologi yang memiliki kemampuan dan keterampilan intelektual dalam melaksanakan dan mengembangkan bidang keahliannya sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan.

 

VISI

Menjadi program studi doktor pendidikan unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi pada bidang pembelajaran biologi.

 

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan biologi yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan biologi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata pamong program studi doktor pendidikan biologi yang akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan doktor yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam melaksanakan pembelajaran bidang pendidikan biologi dan biologi bagi jenjang S3, S2, S1, Diploma dan sekolah.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pendidikan biologi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan biologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja program studi doktor pendidikan biologi yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan S3 Pendidikan Biologi PPs UM diharapkan memiliki kom-petensi untuk melaksanakan tugas-tugas berikut.

  1. Melaksanakan pembelajaran bidang pendidikan biologi dan biologi pada Program S3 dan jenjang Program di bawahnya.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen biologi dan guru Biologi di semua jenjang pendidikan.
  3. Melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan biologi dan biologi di semua jenjang pendidikan.

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan program studi doktor pendidikan biologi adalah pendidik atau peneliti yang mampu mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, mengelola penelitian, dan menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional atau internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pendidikan biologi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

CP Sikap Penciri Prodi Doktor Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang

11. Mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas bersama dengan prinsip asah, asih, asuh

12. Menjadi pebelajar sepanjang hayat.

  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu menemukan, menciptakan, dan memberikan kontribusi baru pada pengembangan, serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan karya desain, prototipe, atau inovasi teknologi bernilai tambah atau dapat digunakan untuk penyelesaian masalah berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan arif.
    2. Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian atas hasil karyanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi atau diterima di jurnal internasional atau karya yang dipresentasikan atau dipamerkan dalam forum internasional.
    3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia dengan mengikutsertakan aspek keekonomian melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka menghasilkan penyelesaian masalah teknologi pada industri yang relevan, atau seni.
    4. Mampu mengembangkan strategi pengembangan teknologi atau seni dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.
    5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
    6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya.
    7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya.
    8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

CP Keterampilan Umum Penciri Prodi Doktor Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang

9. Mampu menguasai literasi digital dan terapannya dalam pendidikan biologi.

10. Mampu menjadi sumber belajar.

  1. Pengetahuan

Lulusan Program Doktor Pendidikan Biologi memiliki pengetahuan sebagai berikut:

  1. Memiliki penguasaan filosofi keilmuan biologi yang mantap sebagai landasan pengembangan dan penciptaan bahan ajar baru dalam pendidikan biologi.
  2. Memiliki penguasaan filosofi teori dan keterampilan didaktik.
  3. Memiliki kemampuan memahami peserta didik dan prinsip-prinsip dasar kependidikan.
  4. Mampu mengembangkan dan menemukan konsep-konsep biologi dan pendidikan biologi melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sesuai dengan permasalahan di laboratorium, kelas, sekolah dan perguruan tinggi.

CP Pengetahuan Penciri Prodi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang

5. Mampu mengembangkan dan menemukan konsep-konsep biologi, konsep-konsep pendidikan dan teknologi pembelajaran melalui riset, untuk membelajarkan pembelajaran biologi di sekolah dan universitas yang berorientasi masa depan, berbasis pada kecakapan hidup (life skill) abad 21 serta potensi dan kearifan lokal.

  1. Keterampilan Khusus
    1. Mampu memecahkan  permasalahan  biologi dan pendidikan biologi melalui  pendekatan  inter,  multi, dan transdisipliner
    2. Mampu mengelola,  memimpin,  dan  mengembangkan  riset dan pengembangan  biologi dan pendidikan biologi yang  bermanfaat  bagi  kemaslahatan  umat manusia,  serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

CP Keterampilan khusus Penciri Prodi Doktor Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang

3. Mampu mengembangkan dan menciptakan pedagogi specific untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang 

    tepat melalui pendekatan science spirituality sebagai implementasi tecnological pedagogical content knowledge (TPCK).

4. Memiliki kemampuan bertindak sebagai pendidik biologi profesional di sekolah, jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktor.

5. Mampu menciptakan model-model pembelajaran biologi di tingkat sekolah dan perguruan tinggi berbasis potensi dan kearifan lokal.