PENANAMAN NILAI KEBANGSAAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR

Nilna Iqbal Dzakiyyah, Vardaning Tyas Kusumaningrum, Susi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanaman karakter peserta didik melalui
pembelajaran PKn di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini meliputi 1).
Mendeskripsikan nilai-nilai karakter kejujuran; 2). Mendesripsikan peran guru
terhadap penanaman karakter kejujuran; 3). Mendeskripsikan implementasi nilai-
nilai kebangsaan melalui pembelajaran PKn; 4) Mendesripsikan respon peserta didik
terhadap penanaman nilai kebangsaan melalui pembelajaran PKn.
Penelitian ini adalah penlitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode
pengumpulan data yang dipergunakan meliputi observasi, wawancara pada kepala
sekolah dan guru, dokumentasi berupa RPP dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan
pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: 1). Langkah-langkah penanaman nilai-
nilai kebangsaan; 2). Deskripsi hasil penerapan nilai-nilai kebangsaan; 3)Peran
keteladanan guru pada penanaman peserta didik dalam nilai kebangsaan; 4). Respon
peserta didik terhadap nilai-nilai kebangsaan pada peserta didik di SD sebesar 48%
menyatakan sangat setuju terhadap keteladanan guru dalam mananamkan
kebangsaan dan sebesar 52% tidak setuju apabila guru tidak memberikan teladan
dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan.


Keywords


Penanaman nilai-nilai kebangsaan; Pembelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Soetarjo. Nasionalisme-Demokrasi-Civil Society. Jurnal USD. Diunduh

Tanggal: 28 November 2016

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arends, Richard I. 2012.Learning to teach ninth edition. New York:Mc Graw Hill.

Baskara, Wardaya. 2002. Nasionalisme universal: menjawab ajakan’’pasca

nasionalis’’romo mangon. dalam jurnal Sutarjo Adisusilo.

Benninga Jacques S, Berkowitz Marvin W, Kuehn Phyllis, dan Smith Karen. 2003.

The Relationship Of Character Education Implementation and Academic

Achievement In Elementary Schools. Information Age Publishing, Inc.

Diunduh pada tanggal 28 November 2016.

Bobbi De Porter. (2000). Quantum Teaching/Learning. Bandung :

Kaifa.Damayanti, Deni, 2014, Panduan Implementasi Pendidikan Karakter

di Sekolah. Yogyakarta: Araskan

Depdiknas. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman, edisi ketiga.

Jakarta: Depdiknas.

Djahiri, Kosasih. 2006. Pendidikan nilai moral dalam dimensi kewarganegaraan.

Bandung: UPI.

Djahiri, Kosasih. 1992. Menelusuri Dunia Afektif untuk Moral dan Pendidikan

Nilai Moral. Bandung: LPPMP.

Fogarty, Robin.1991. The Mind Full School How Integrated the Curricula. USA:

IRI/Skylight Publishing. Inc.Palantine Illinois.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.