PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran tematik terpadu
berbasis kearifan lokal dalam membentuk karakter siswa. Adanya penyisipan kearifan
lokal dalam pembelajaran tematik terpadu dapat mengkontekstualkan pembelajaran
sehingga dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
Kearifan lokal memiliki cakupan yang sangat luas di Kabupaten Sumenep bisa
diangkat kearifan lokal tentang cerita nonfiksi dan fiksi yaitu sejarah karaton
Sumenep, asal mula desa ujung piring, asal mula desa socah, Asal-usul Madura
(bahasa indonesia), lagu tradisional Sumenep yaitu tandu’ majang, potre Madura, dan
Pajjer laggu (SBdP), gaya dan gerak terhadap labang mesem/pintu tersenyum di
Kabupaten Sumenep (IPA), mata pencaharian penduduk di Kabupaten Sumenep yaitu,
petani palawija, petani garam, petani cabe jamu, pelaut, penambang batu kapur,
peternak dan lain-lain (IPS), perbedaan karakteristik individu masyarakat di Sumenep
(PKn). Dengan adanya nilai-nilai kearifan lokal dapat membantu siswa memahami
konsep dengan belajar dari hal kongkrit yang ada di sekitar siswa ke hal jauh yang
bersifat abstrak. Lebih dari itu, pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal
juga merupakan upaya dalam menumbuhkan rasa cinta budaya local, menumbuhkan
sikap toleransi, dan membentengi siswa dari budaya asing. Kearifan lokal
mengandung nilai-nilai luhur yang dapat membentuk karakter siswa sehingga siswa
dapat memiliki kecerdasan dan kecakapan hidup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S., dkk. 2015. Pendidikan Karakter: Best Practices. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Anggraini, P. & Kusniarti, T. (2015). The Insertion of Local Wisdom into Instructional
Materials of Bahasa Indonesia for 10th Grade Students in Senior High School,
Journal of Education and Practice, (Online), 6 (33): 89-92,
(http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083666.pdf ), diakses 5 November 2016.
Dahliani. 2015. Local Wisdom in Built Environment in Globalization Era.
International Journal of Education and Research, (Online), 3 (6): 157-166,
(http://www.ijern.com/journal/2015/June-2015/13.pdf) , diakses tanggal 5
November 2016.
Fajarini, U. 2014. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio
Didaktika, (Online), 1 (2): 123-130, (http:// journal.uinjkt.ac.id), diakses tanggal
November 2016.
Hayati, W. N. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Tematik di SD Djama’atul Ichwan
Surakarta. (Online),
(http://eprints.ums.ac.id/26358/26/12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf), diakses 6
November 2016.
Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa.
Surakarta: Yuma Presindo.
Kasmad. 2015. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui
Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Kelas I SD. Jurnal Konseling
GUSJIGANG, (Online), 2 (2), (http://jurnal.umk.ac.id), diakses 6 November
Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W. & Niftalia, I. 2016. Pengembangan Bahan
Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Citra Bakti II, (Online), 3 (1): 1- 10,
(http://www.stkipcitrabaktingada.com/wp-content/uploads/2016/07/01.-
Artikel_Laba_-bahan-ajar-kearifan-lokal.pdf), diakses 6 November 2016.
Nisa’, A., Sudarmin & Samini. 2015. Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi
Etnosains dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi
Sains Siswa, Unnes Science Education Journal, (Online), 4 (3): 1049-1056,
(http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej), diakses 6 November 2016.
Padmanugraha, A. S. 2010. Common Sense Outlook on Local Wisdom and Identity: A
Contemporary Javanese Native’s Experience. Makalah disajikan pada The
International Conference on “Local Wisdom for Character Building, Auditorium Building, YSU, 29 Mei 2010, (Online), (http://eprints.uny.ac.id), diakses 5
November 2016.
Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik.
Jakarta: Kencana.
Puspita, H. J. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kelas Vb SD
Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(Online), Edisi 9 Tahun ke-5: 884-893, (http://journal.student.uny.ac.id), diakses
November 2016 .
Rozhana, Kardiana Metha. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah
Malang Kelas IV Semester II Dengan Tema Tempat Tinggalku. Malang:
Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, W. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suhartini. 2009. Kajian Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya
Alam dan Lingkungan. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional
Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri
Yogyakarta, 16 Mei 2009. (Online),
(http://eprints.uny.ac.id/12149/1/Bio_Suhartini2%20UNY.pdf), diakses 5
November 2016.
Sukayati. 2004. Pembelajaraan Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran
Terpadu. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika
SD Jenjang Lanjut, Yogyakarta, 6-19 Agustus 2004, (Online),
(http://p4tkmatematika.org/downloads/sd/PembelajaranTematik.pdf), diakses 6
November 2016.
Sukerti, N. N., Marhaeni, A. A. I. N. & Suarni, N. K. 2014. Pengaruh Pembelajaran
Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil
Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. Jurnal Penelitian
Pascasarjana UNDIKSA, (Online), 4 (1): 1-9, (http://pasca.undiksha.ac.id/e-
journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1468/1139), diakses 6 November
Sukini. 2012. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kelas Rendah dan
Pelaksanaannya. Magistra, (Online), No. 82 Th. XXIV: 59-69,
(http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/viewFile/292/241) ,
diakses 5 November 2016.
Utari, U., Degeng, I. N. S. & Akbar, S. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan
Lokal di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean
(MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, (Online), 1 (1): 39-44,
(http://journal.um.ac.id), diakses 20 Oktober 2016.
Wagiran. 2012 Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu
Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal
Pendidikan Karakter,(Online), II (3): 329-339, (http://journal.uny.ac.id), diakses
November 2016.
Wahyuni, S. 2015. Developing Science Learning Instruments Based on Local Wisdom
to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia, (Online), 11 (2): 156-161,
(http://id.portalgaruda.org/article.php?article=443502&val=5648), diakses
tanggal 5 November 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.