PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING MELALUI EXPERIENCE BASED UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Lukman Nurhakim, Redy Ismanto

Abstract


Paradigma pendidikan di indonesia masih belum maksimal,masih banyak para
pendidik yang belum mampu untuk menerapkan sistem pembelajaran yang berkualitas
dan tepat bagi peserta didik dan para pendidik juga masih kurang memahami cara
dan pola pembalajaran yang di inginkan oleh pesera didik karna di sini pendidik
adalah sebagai ujung tombak pendidikan yang harus mampu menciptakan dan
mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter yaitu peserta didik.selain itu
para pendidik harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik agar peserta
didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik serta peserta didik dapat
mengabstraksi dan mengembangan berfikir kritis kreatif mereka serta dengan
pendidik memberikan stimulus yang tepat akan menghasilkan respon yang baik pula
bagi peserta didik . dengan menerapkan student center learning disini peserta didik
sebagai pusat dari proses belajar.peserta didik diharapkan aktif dan mandiri dalam
proses pembelajaran dan mengenali kebutuhan belajarnya serta dapat menemuka
sumber-sumber belajar dari topik yang di berikan oleh pendidik di kelas Dan pendidik
hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran dengan membentuk kelompok
disini peserta didik juga akan mampu untuk memecahkan masalah dengan
menerapkan prinsip-prinsip tanggung jawab,peran serta,keadilan,mandiri,berfikir
kritis,kreatif,komunikatif dan kerja sama.hal positif dalam penerapan pendekatan
student center learning ini disamping dapat mendorong peserta didik untuk mandiri
dan berfikir kritis dan kreatif disini peserta didik akan dapat menjalin kerukunan
dalam bekerja sama antar teman kelompok satu dengan kelompok lain serta akan
terjalin suatu ikatan batin dan menumbuhkan rasa nasionalisme patriotisme sesama
yang tinggi dan melatih peserta didik menghargai perbedaan pendapat dan cara
pandang seseorang satu dengan yang lain tidak hanya dalam pembelajaran di sekolah
namun dalam kehidupan di lingkungan tempat mereka tinggal dalam hal ini tentunya
para peserta didik akan mampu menjawab dan menjadi sosok insan yang berkarkter
baik dan tangguh yang mampu menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik serta
pendidik pun akan dapat berhasil membawa generasi muda yang unggul dalam segi
sikap,keterampilan dan pengetahuan serta negara indonesia akan dapat lebih maju
dan berkembang karena di isi oleh para pendidik dan peserta didik yang mampu
berkolaborasi dan melakukan serta menjawab tujuan dari pendidikan yang berkarkter
indonesia yang mengacu pada Undang-undang Dasar 1945.


Keywords


pendekatan student center learning; experience based; karakter siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Azhar, Rofa Yulia. 2012. Artikel Student Centered Learning. Tersedia

dilaman http://www.rofayuliaazhar.com/2012/09/student-centered-

pembelajaran-yang.html. Di akses pada tanggal 06 april pada pukul 10.02

Eka, Rina. 2012. Jurnal Pendekatan Dalam Pembelajaran. Tersedia

dilamanhttps://www.academia.edu/7310855/Makalah_pendekatan_dalam_p

embelajaran. Di akses pada tanggal 06 April 2015 pada pukul 09.38

Hamalik, O. 1993. Metode dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta;

Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Mujiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, D. 2005. Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung:Falah

Production.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatis-Progresif : Konsep,

Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Zaenal Mustakim. 2011. Strategi dan Metode Pembelajaran . Pekalongan: STAIN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.