KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemamapuan pemecahan
masalah matematika siswa sekolah dasar kelas V berdasarkan langkah pemecahan
masalah Polya pada materi volume kubus dan balok. Langkah pemecahan masalah
Polya dapat menggambarkan kemampuan siswa secara sistematis dalam proses
pemecahan masalah melalui empat tahap penyelesaian yaitu: (1) memahami masalah;
(2) menyusun rencana pemecahan masalah; (3) melaksanakan rencana pemecahan
masalah; dan (4) melihat kembali jawaban. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi (observasi, dokumentasi, dan
wawancara) agar data yang diperoleh akurat dan dapat menggambarkan kemampuan
pemecahan masalah matematika secara objektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gipayana, M. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks
Pembelajaran Menulis di SD, 11 (1). (Online), (https://scholar.google.co.id)
diakses 27 Oktober 2016
Hanurawan, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya:
Pusat Studi Peningkatan Kinerja Masyarakat LPPM Unair.
Joseph, Yeo Kai Kow. 2011. An Exploratory Study of Primary Two Pupils’ Approach
to Solve Word Problems. Journal of Mathematics Education. Diunduh dari
http://educationforatoz.com/images/Yeo_Kai_Kow_Joseph.pdf pada tanggal
April 2017.
Miles, M. B. & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas
Indonesia.
Musser, G..L. Burger, W.F. & Peterson, B.E. 2011. Mathematics for Elementary
Teachers A Contemporary Approach. USA:Weley Plus.
Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Polya. 1973. How to Solve It. New Jersey. Princeton.
Sa’dijah, C. 2008. Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP
Menggunakan Pembelajaran Matematika Bersetting Kooperatif, 14 739-751
(Online) (http://fmipa.um.ac.id/), diakses pada 27 Oktober 2016.
Sa’dijah, C. 2004. Pembelajaran matematika yang berbasis pendekatan problem open-
ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa SLTA, 11 (1) 39-48. (Online) (http://fmipa.um.ac.id/), diakses pada
Oktober 2016.
Sa’dijah, C. 2007. Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika
Konstruktivisme, 23 (2) 133-146 (Online) (http://fmipa.um.ac.id/),
diakses pada 27 Oktober 2016.
Wiersma, William. 1991. Research Methods in Education: An Introduction 5th
ed.
USA: A Division of Simon & Schuster, Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.