KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Feni Tristanti, Cholis Sa’dijah, Muhana Gipayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemamapuan pemecahan
masalah matematika siswa sekolah dasar kelas V berdasarkan langkah pemecahan
masalah Polya pada materi volume kubus dan balok. Langkah pemecahan masalah
Polya dapat menggambarkan kemampuan siswa secara sistematis dalam proses
pemecahan masalah melalui empat tahap penyelesaian yaitu: (1) memahami masalah;
(2) menyusun rencana pemecahan masalah; (3) melaksanakan rencana pemecahan
masalah; dan (4) melihat kembali jawaban. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi (observasi, dokumentasi, dan
wawancara) agar data yang diperoleh akurat dan dapat menggambarkan kemampuan
pemecahan masalah matematika secara objektif.


Keywords


masalah matematika; kemampuan pemecahan masalah; langkah Polya; kubus dan balok; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Gipayana, M. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks

Pembelajaran Menulis di SD, 11 (1). (Online), (https://scholar.google.co.id)

diakses 27 Oktober 2016

Hanurawan, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya:

Pusat Studi Peningkatan Kinerja Masyarakat LPPM Unair.

Joseph, Yeo Kai Kow. 2011. An Exploratory Study of Primary Two Pupils’ Approach

to Solve Word Problems. Journal of Mathematics Education. Diunduh dari

http://educationforatoz.com/images/Yeo_Kai_Kow_Joseph.pdf pada tanggal

April 2017.

Miles, M. B. & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Musser, G..L. Burger, W.F. & Peterson, B.E. 2011. Mathematics for Elementary

Teachers A Contemporary Approach. USA:Weley Plus.

Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Polya. 1973. How to Solve It. New Jersey. Princeton.

Sa’dijah, C. 2008. Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP

Menggunakan Pembelajaran Matematika Bersetting Kooperatif, 14 739-751

(Online) (http://fmipa.um.ac.id/), diakses pada 27 Oktober 2016.

Sa’dijah, C. 2004. Pembelajaran matematika yang berbasis pendekatan problem open-

ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika

siswa SLTA, 11 (1) 39-48. (Online) (http://fmipa.um.ac.id/), diakses pada

Oktober 2016.

Sa’dijah, C. 2007. Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika

Konstruktivisme, 23 (2) 133-146 (Online) (http://fmipa.um.ac.id/),

diakses pada 27 Oktober 2016.

Wiersma, William. 1991. Research Methods in Education: An Introduction 5th

ed.

USA: A Division of Simon & Schuster, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.