MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Asni Deselia Khairunnisa, Heri Suwignyo, Titik Harsiati

Abstract


Pembelajaran membaca di Sekolah Dasar memiliki peranan penting sebagai penunjang keberhasilan memahami mata pelajaran lainnya. Kegiatan membaca yang perlu ditekankan dalam proses pembelajaran yakni membaca pemahaman. Pembelajaran membaca pemahaman dilaksanakan pada siswa kelas tinggi untuk dapat melatih kemampuan kritis dan kreatif siswa dalam memahami bacaan. Melalui proses dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa juga diharapkan dapat mengembangkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan proses dari pembelajaran yang dapat diintegrasikan dalam semua mata pelajaran termasuk dalam kegiatam membaca pemahaman. Melalui aktivitas membaca pemahaman nilai karakter siswa dapat dikembangkan dengan baik. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kegiatan membaca pemahaman dapat diciptakan melalui model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran. Model yang tepat untuk mengintegrasikan membaca pemahaman dengan pendidikan karater yakni model Cooperative integrated Reading and Composition. Model CIRC dapat menjadi perantara yang tepat karena model CIRC merupakan model pmebelajaran khusus untuk membaca pemahaman. Melalui tahapan membaca dan langkah pembelajaran dari model CIRC dapat mengajarkan kepada siswa pendidikan karakter yang sesuai dengan harapan bangsa

Keywords


membaca pemahaman; pendidikan karakter;m model CIRC

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama Anggraeni, Khaeruman, Raehanah. (2016). Pengembangan Karakter Siswa dan Kemampuan Berfikir Kreatif melalui Pembelajaran CIRC yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, Volume 2 No. 02 ISSN 2338-6480 Bangun, N. 2016. Pengembangan bahan ajar membaca berbasis kooperatif tipe CIRC dengan pengintegrasian pendidikan karakter. Jurnal Tematik (Online), 6 (3):2015-211 Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Grasindo Persada Huda, M. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ilham, J. Hasanah, M. Pratiwi, Y. 2016. Pengaruh model pembelajran kooperatif tipe CIRC bermuatan nilai karakter terhadap kemampuan menulis Cerpen siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan Humaniora, Volume 4 No 3(121-131) Lickona, T. 2015. Educating for Character. Mendidik untuk Membentuk Karakter terjemahaman: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara Rahim, F. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Saddhono, K dan Slamet, Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu Samani, M. Hariyanto. 2014. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya Slavin, R E, Madden, N A, Chambers B, Haxby B. 2014. Membaca Membuka Pintu Dunia, Program “Success for All”. Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. Tompkins, G E. 2011. Literacy in the Early Grades. Boston: Pearson Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.