PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA DAN MENGEMUKAKAN IDE SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Reni Lolotandung, Ruminiati Ruminiati, A. Rosyid Al Atok

Abstract


Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan atau mempengaruhi perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi siswa. Terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan siswa dalam kegiatan pembelajaran, yang menjadi indikator evaluasi keaktifan siswa, di antaranya keaktifan dalam mengemukakan pertanyaan dan mengemukakan ide. Keduanya menunjukkan aktivitas lisan (oral) yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh kegiatan siswa mengemukakan pertanyaan dan ide tentang materi yang sedang dipelajarinya. Kedua aktivitas tersebut sangat penting dalam proses belajar siswa, sehingga guru harus mendorong agar siswa aktif bertanya dan melatih mengemukakan ide-idenya. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkannya adalah dengan menerapkan pendekatan SAVI. Pendekatan SAVI memberi kesempatan pada siswa untuk belajar melalui aktivitas fisik, mendengar dan berbicara, mengamati, serta memecahkan masalah. SAVI merupakan pendekatan belajar berdasarkan aktivitas, artinya siswa dilatih untuk bergerak aktif secara fisik dan mental ketika belajar, dengan memanfaatkan indera sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh atau pikiran terlibat dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan SAVI, maka siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, termasuk aktif dalam mengemukakan pertanyaan dan ide.

Keywords


SAVI; keaktifan bertanya; mengemukakan ide

Full Text:

PDF

References


Alfiani, D. A. (2015). Penerapan pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) terhadap hasil belajar anak usia dini. Jurnal Ilmiah PAUD, 1(1), 1-15. Andrianti, R. Y., Irawati, R., & Sudin, A. (2016). Pengaruh pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada materi pengolahan data. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 471-480.

Anggraeni, N. (2013). Peningkatan aktivitas belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran SAVI pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Anggaswangi Grobogan tahun ajaran 2012/2013. Jurnal PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 1-7. Arifin. (2010). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta, Lilin Persada Press. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Cetakan kelima. Jakarta, Rineka Cipta. Gani, P. A. (2013). Keefektifan penerapan pendekatan SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bermain alat musik melodis pianika di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang, FIP Universitas Negeri Semarang. Hamalik, O. (2013). Proses belajar mengajar. Cetakan kelima belas. Jakarta, PT. Bumi Aksara. Juniarta, I D. G. S. & N. W. Arini. (2014). Pengaruh pendekatan SAVI terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus 5 Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10. Mardana, A. T. (2009). Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI (PTK pada siswa kelas VII SMP PGRI 15 Pracimantoro). Jurnal Penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 1-9. Diakses dari http://www.eprints.ums.ac.id. Meier, D. (2002). The accelerated learning handbook: panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan. Terjemahan Rahmani Astuti. 2002. Cetakan I. Bandung, Penerbit Kaifa. Nurhayati, U., Kriswandani, & N. Ratu. (2014). Penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas VIII B SMP Islam Sudirman I Bancak Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Kriten Satya Wacana, 1(1), 1-9. Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Sleman, Ar-Ruzz Media. Subhan, A., Fatmaryanti, S. D., & Hidayati, N. (2013). Keaktifan bertanya siswa dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe card sort pada kelas X MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur. Jurnal Radiasi, 2(1), 18-20. Yamin, Moh. (2015). Teori dan metode pembelajaran: konsepsi, strategi dan praktik belajar yang membangun karakter. Malang, Madani (Kelompok Intrans Publishing) Anggota IKAPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.