PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS III DI SDN LOWOKWARU I MALANG

Ratna Purwanty, Sugeng Utaya, Muhana Gipayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan pedekatan saintifik siswa kelas III, (2) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Lesson study adalah salah satu dari banyak cara di mana guru dapat meningkatkan profesionalisme dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif melalui pendekatan lesson study. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson studydi sekolah dasar dapat : 1) meningkatkan hasil belajar siswadalam mengikuti pembelajaran IPA, 2) mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan 3) meningkatkan kerjasama antar siswa dalam kerja kelompok pada mata pelajaran IPA. Kesimpulan pelaksanaan Lesson Study adalah meningkat keaktifan belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA.

Keywords


Pendekatan saintifik; hasil belajar; IPA; lesson study

Full Text:

PDF

References


Akbar,sa dun. 2010. Penelitian Tindak kelas. Malang: Cipta Media Aksara Albert Learning. 2004. Focus on Inquiry: A Theachers Guide to Implementing Inquiry-Based Learing, (on line) (http://www.lrc.gov.ab.ca). Arikunto,suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta Hamalik.2011.:36). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara Indrawati.(2007).Model-model pembelajaran Informasi. Modul PPPPPTK IPA. Bandung PPPPTK IPA Poppy. K.D. (2010). Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA. Modul Program BERMUTU. Bandung:P4TK IPA Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press Sudarwan. (2013). Pendekatan-pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. Pusbangprodik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.